Pengobatan psoriasis tergantung pada tingkat keparahan psoriasis dan efektivitas perawatan sebelumnya. Metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk mengatasi psoriasis antara lain:

1. Emolien

Emolien merupakan pelembab yang dapat digunakan untuk mengobati psoriasis ringan. Manfaat emolien untuk psoriasis antara lain untuk mengurangi pengelupasan kulit dan iritasi, meredakan gatal, dan mencegah perdarahan akibat goresan pada kulit.

2. Obat oles

Pemberian obat oles bertujuan untuk meredakan gatal dan peradangan, mengurangi gejala kulit bersisik, dan menghambat pembentukan sel kulit baru. Obat oles berupa krim atau salep yang dapat diresepkan oleh dokter untuk mengobati psoriasis yaitu kortikosteroid, seperti clobetasol atau betamethasone, tacrolimus, dan dithranol.

3. Fototerapi

Fototerapi atau terapi cahaya dilakukan jika psoriasis tidak dapat ditangani dengan obat oles. Prosedur ini dilakukan oleh dokter kulit menggunakan sinar ultraviolet (UV) UVA atau UVB.

Jika menggunakan UVA, terapi cahaya akan dikombinasikan dengan obat jenis psoralen. Tujuannya adalah agar kulit lebih sensitif terhadap efek sinar UV.

4. Obat minum

Pengobatan lain untuk psoriasis yang bisa diberikan oleh dokter adalah obat minum. Beberapa jenis obat yang digunakan adalah methotrexate dan ciclosporin.

5. Obat suntikan

Obat suntik bisa diberikan untuk menangani psoriasis parah yang tidak efektif diobati dengan metode di atas. Jenis obat suntik yang dapat diberikan untuk menangani psoriasis adalah etanercept, adalimumab, dan infliximab.