Langkah penyembuhan psoriasis belum tersedia hingga saat ini. Penanganan psoriasis umumnya bertujuan untuk:

  • Menghambat pertumbuhan sel-sel kulit.
  • Mengurangi gejala.
  • Memperbaiki tekstur kulit yang terserang.

Metode pengobatan psoriasis sangat beragam dan ditentukan berdasarkan jenis serta tingkat keparahannya. Beberapa langkah yang umumnya dianjurkan adalah sebagai berikut:

Emolien Sebagai Pelembap dan Pelindung Kulit

Emolien merupakan obat untuk melembutkan dan melembapkan kulit. Obat-obatan yang biasanya berupa salep atau krim ini bekerja dengan mengurangi inflamasi dan kecepatan produksi sel kulit.

Emolien digunakan untuk mengatasi psoriasis tingkat ringan sampai menengah. Penggunaan obat oles ini juga dapat dikombinasikan dengan sampo untuk menangani psoriasis di kulit kepala.

Kortikosteroid

Obat ini bekerja dengan cara mengurangi inflamasi kulit. Penggunaannya yang berlebihan dapat mengakibatkan penipisan kulit. Karena itu, kortikosteroid hanya boleh digunakan dengan resep dokter. Khusus untuk bagian yang sensitif seperti wajah atau lipatan kulit, dokter akan memberikan kortikosteroid oles dengan dosis lebih rendah.

Calcineurin Inhibitor

Obat ini diduga dapat menghambat kinerja sistem kekebalan tubuh sehingga mengurangi inflamasi kulit. Jenis calcineurin inhibitor (penghambat calcineurin) yang biasa digunakan adalah tacrolimus and pimecrolimus.
Namun, calcineurin inhibitor tidak dianjurkan pemakaiannya jangka panjang karena berpotensi meningkatkan risiko kanker kulit dan limfoma.

Analog Vitamin D

Calcipotriol dan calcitriol merupakan 2 jenis analog vitamin D yang biasanya digunakan. Krim ini dapat dipakai bersamaan atau menggantikan kortikosteroid oles. Fungsinya adalah untuk menghambat regenerasi kulit dan mengurangi inflamasi.

Coal Tar

Obat ini telah digunakan sejak dulu untuk menangani psoriasis karena dapat mengurangi sisik tebal serta gatal-gatal pada ruam akibat psoriasis. Namun, coal tar tidak direkomendasikan untuk wanita hamil dan menyusui. Penggunaannya juga harus dengan resep dokter.

Dithranol

Dithranol umumnya digunakan untuk jangka pendek dalam menangani ruam akibat psoriasis pada kaki, tangan, serta tubuh bagian atas. Pemakaian obat ini harus hati-hati (tidak boleh terlalu kental atau tinggi konsentrasinya) karena kulit bisa terbakar.

Terapi Cahaya (Fototerapi)

Terapi cahaya dipilih sebagai alternatif untuk beberapa jenis psoriasis yang tidak bisa ditangani dengan obat-obatan oles. Proses fototerapi umumnya ditangani oleh dokter spesialis kulit dan menggunakan sinar ultraviolet A dan B.

Durasi tiap sesi terapi ultraviolet B (UVB) memakan waktu beberapa menit dan dijalani pasien beberapa kali dalam seminggu. Fungsinya adalah untuk mengurangi kecepatan produksi sel-sel kulit. Coal tar dan dithranol juga dapat dikombinasikan dengan terapi UVB untuk meningkatkan keefektifannya.

Jenis foto terapi lainnya adalah terapi sinar ultraviolet A (UVA) yang dikenal dengan terapi kombinasi psoralen dan ultraviolet A (PUVA). Sinar UVA dapat menembus kulit lebih dalam dari UVB.

Pada tiap sesi, psoralen akan dioleskan pada kulit atau dikonsumsi dalam bentuk tablet sehingga kulit pasien akan lebih sensitif terhadap cahaya. Pasien juga biasanya akan diminta untuk mengenakan kacamata khusus selama 24 jam setelah mengonsumsi psoralen untuk mencegah katarak. Tetapi, terapi ini tidak dianjurkan untuk jangka panjang karena memiliki risiko kanker kulit.

Obat Minum

Penggunaan obat-obatan ini hanya dianjurkan apabila metode pengobatan lain tidak efektif untuk menangani psoriasis dengan tingkat keparahan yang tinggi. Beberapa jenis obat-obatan yang bisa dikonsumsi meliputi:

Methotrexate

Methotrexate berfungsi menurunkan produksi sel-sel kulit dan mengurangi inflamasi. Namun, penggunaan jangka panjang sebaiknya dihindari karena dapat merusak organ hati, berbahaya untuk janin, dan berpotensi memengaruhi perkembangan sel sperma.
Apabila menggunakan methotrexate, pengidap psoriasis wanita yang berencana untuk hamil dianjurkan berhenti mengonsumsiya selama setidaknya 3 bulan terlebih dulu.

Ciclosporin

Selama mengonsumsi ciclosporin, tekanan darah serta kondisi ginjal pasien umumnya perlu dipantau. Obat ini bekerja dengan menekan kinerja sistem kekebalan tubuh.

Acitretin

Acitretin membantu menurunkan produksi sel-sel kulit. Obat ini berbahaya untuk perkembangan janin,. karena itu, wanita yang menggunakannya dianjurkan untuk menunggu 2 tahun setelah berhenti memakai acitretin sebelum hamil. Obat ini tidak memiliki efek samping terhadap pria.

Obat Melalui Suntikan dan Infus

Jenis penanganan ini digunakan untuk mengobati psoriasis parah yang tidak responsif terhadap pengobatan lain atau penderita yang tidak bisa menjalani pengobatan lain. Cara kerjanya adalah dengan menurunkan reaksi peradangan dengan mengontrol sistem kekebalan tubuh yang berlebihan. Contoh obat ini meliputi etanercept, adalimumab, infliximab, serta ustekinumab.