Pengobatan sakit tenggorokan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Untuk sakit tenggorokan yang disebabkan oleh infeksi virus, pengobatan secara khusus tidak diperlukan, karena gejala biasanya akan mereda dalam 5–7 hari.

Meski dapat sembuh dengan sendirinya, sebaiknya Anda tetap memeriksakan diri ke dokter, untuk menyingkirkan kemungkinan sakit tenggorokan disebabkan oleh COVID-19.

Beberapa metode pengobatan yang bisa dilakukan untuk meredakan sakit tenggorokan adalah:

Penanganan Mandiri

Untuk membantu meredakan gejala, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut ini di rumah:

  • Beristirahat yang cukup
  • Berkumur dengan air hangat dicampur garam, tetapi tidak untuk sakit tenggorokan pada anak
  • Banyak minum air putih, tetapi hindari minuman panas
  • Mengonsumsi makanan yang dingin dan lembut
  • Mengulum es batu, tetapi tidak disarankan untuk bayi dan anak
  • Berhenti merokok dan hindari asap rokok

Obat-obatan

Penanganan sakit tenggorokan akan disesuaikan dengan penyebabnya. Jika sakit tenggorokan disebabkan oleh infeksi bakteri, dokter akan meresepkan antibiotik. Dosis dan lama pengobatan akan disesuaikan dengan hasil pemeriksaan.

Perlu diingat bahwa antibiotik harus dikonsumsi sampai habis meski gejala sudah membaik. Hal ini perlu dilakukan agar infeksi tidak bertambah buruk, kambuh, atau berkembang menjadi kondisi yang lebih berat, seperti demam rematik atau radang ginjal.

Pada sakit tenggorokan yang disebabkan oleh penyakit asam lambung atau GERD, dokter dapat meresepkan antasida, obat penghambat H2, atau penghambat pompa proton.

Dokter juga bisa memberikan obat pelega tenggorokan, seperti obat kumur atau obat semprot yang mengandung antiseptik khusus untuk tenggorokan.

Selain itu, obat analgetik dan antipiretik, seperti paracetamol atau ibuprofen, juga dapat diberikan untuk meredakan sakit tenggorokan dan demam. Namun, hindari penggunaan aspirin, karena dapat memicu penyakit sindrom Reye.

Untuk pasien dewasa yang mengalami sakit tenggorokan parah, dokter dapat meresepkan obat kortikosteroid untuk meringankan gejala radang di tenggorokan. Namun, penggunaan obat ini tidak dianjurkan bagi pasien anak.