Scott’s Emulsion bermanfaat untuk memenuhi kebutuhan vitamin A dan vitamin D. Scott’s Emulsion terdiri dari dua varian, yaitu Scott’s Emulsion Original Cod Liver Oil dan Scott’s Emulsion Vita Orange.

Scott’s Emulsion mengandung minyak hati ikan kod yang merupakan sumber vitamin A, vitamin D, dan asam lemak omega-3, termasuk EPA dan DHA. Suplemen ini membantu memenuhi kebutuhan vitamin A dan D untuk memelihara kesehatan tubuh serta mendukung pertumbuhan dan perkembangan.

 

Scott's Emulsion - Alodokter

Produk Scott’s Emulsion

Ada 2 jenis produk Scott’s Emulsion yang tersedia di pasaran, yaitu:

1. Scott’s Emulsion Original Cod Liver Oil

Tiap 15 ml Scott’s Emulsion Original Cod Liver Oil mengandung minyak hati ikan kod 1500 mg, minyak ikan Capelin 1500 mg, vitamin A 850 IU, vitamin D 85 IU, calcium hypophosphite 148 mg, dan sodium hypophosphite 74 mg.

Suplemen ini bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan tubuh terhadap infeksi, serta menjaga kesehatan mata, tulang, dan gigi.

2. Scott’s Emulsion Vita Orange

Tiap 15 ml Scott’s Emulsion Vita Orange mengandung minyak hati ikan kod 17 mg, vitamin A 850 IU, vitamin D 85 IU, calcium hypophosphite 414 mg. Suplemen ini bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, gigi, dan tulang.

Apa Itu Scott’s Emulsion

Golongan Obat bebas
Kategori Suplemen vitamin dan mineral
Bahan aktif Minyak ikan Kod, vitamin A, vitamin D, dan calcium hypophosphite
Manfaat Memenuhi kebutuhan vitamin A dan vitamin D
Digunakan oleh Anak-anak usia 1–12 tahun dan remaja
Scott’s Emulsion untuk ibu hamil dan menyusui  Kategori N: Belum dikategorikan.

Scott's Emulsion ditujukan untuk anak-anak. Jika Anda sedang hamil atau menyusui, konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu mengenai manfaat dan risikonya sebelum mengonsumsi suplemen ini.

Bentuk obat Sirop

Peringatan Sebelum Mengonsumsi Scott’s Emulsion

Berikut adalah hal-hal yang perlu diperhatikan sebelum mengonsumsi Scott's Emulsion:

  • Jangan mengonsumsi Scott’s Emulsion jika anak Anda memiliki alergi terhadap bahan yang terkandung dalam suplemen ini, terutama alergi ikan.
  • Konsultasikan dengan dokter jika anak Anda pernah atau sedang menderita penyakit hati, penyakit ginjal, diabetes, batu ginjal, sarkoidosis, hiperfosfatemia, hiperkalsemia, atau memiliki kadar vitamin D yang tinggi dalam darah.
  • Jangan berikan Scott’s Emulsion pada anak-anak di bawah usia 1 tahun.
  • Konsultasikan dengan dokter jika Anda ingin mengonsumsi Scott’s Emulsion saat sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Konsultasikan dengan dokter jika anak Anda akan mengonsumsi Scott’s Emulsion bersama obat, suplemen, atau produk herbal lainnya.
  • Segera temui dokter jika terjadi reaksi alergi setelah mengonsumsi Scott’s Emulsion.

Dosis dan Aturan Pakai Scott’s Emulsion

Berikut adalah dosis Scott’s Emulsion berdasarkan usia anak:

  • Anak-anak usia 1–6 tahun: 1 (15 ml) sendok takar, 1 kali sehari.
  • Anak-anak usia 7–12 tahun: 1 (15 ml) sendok takar, 2 kali sehari.
  • Anak-anak usia 12 tahun ke atas: 1 (15 ml) sendok takar, 3 kali sehari.

Cara Mengonsumsi Scott's Emulsion dengan Benar

Pastikan untuk membaca dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan Scott’s Emulsion atau ikuti anjuran dokter.

Suplemen vitamin dan mineral dikonsumsi untuk melengkapi kebutuhan asupan vitamin dan mineral, terutama jika seseorang mengalami kondisi yang mengakibatkan asupan vitamin dan mineral dari makanan tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh.

Kondisi tersebut mencakup adanya suatu penyakit, sedang hamil, atau sedang mengonsumsi obat yang dapat mengganggu metabolisme vitamin dan mineral.

Gunakan sendok takar yang tersedia dalam kotak kemasan Scott's Emulsion. Jangan gunakan sendok makan atau sendok teh biasa karena dosis bisa berbeda.

Simpan Scott’s Emulsion di tempat kering yang terhindar dari paparan sinar matahari langsung. Jauhkan obat ini dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Scott’s Emulsion dengan Obat Lain

Mengingat Scott’s Emulsion mengandung minyak hati ikan Kod, efek interaksi yang bisa terjadi jika suplemen ini dikonsumsi bersama obat-obatan tertentu adalah:

  • Peningkatan risiko terjadinya hipotensi jika dikonsumsi bersama obat golongan antihipertensi, seperti captopril atau valsartan
  • Peningkatan risiko terjadinya perdarahan dan memar jika dikonsumsi bersama obat golongan antikoagulan, seperti warfarin, heparin, atau aspirin
  • Peningkatan risiko terjadinya hipoglikemia jika dikonsumsi bersama obat antidiabetes, seperti insulin

Minyak hati ikan kod juga dapat berinteraksi dengan produk herbal dan suplemen yang mengandung sambiloto, lidah buaya, niacin, kasein, L-arginin, jelatang, pare, kayu manis cassia, bawang putih, jahe, ginkgo biloba, panax ginseng, kromium, dan nattokinase.

Efek Samping dan Bahaya Scott’s Emulsion

Scott’s Emulsion cenderung aman bila dikonsumsi sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera di kemasan atau anjuran dokter. Namun, pada beberapa kasus, kandungan minyak hati ikan kod dalam Scott’s Emulsion dapat menyebabkan efek samping berupa:

  • Sakit perut
  • Mulas
  • Mual
  • Muntah
  • Diare

Lakukan pemeriksaan ke dokter jika efek samping tersebut timbul. Segera temui dokter jika anak Anda mengalami reaksi alergi obat, yang ditandai dengan ruam, gatal, pembengkakan pada mata dan bibir, atau kesulitan bernapas, setelah mengonsumsi Scott’s Emulsion.