Ada beberapa cara mudah menjaga fungsi otak tetap optimal yang bisa Anda terapkan sehari-hari. Selain mengonsumsi makanan sehat, beberapa aktivitas tertentu juga baik untuk mengasah dan meningkatkan kemampuan otak.

Otak merupakan salah satu organ yang memiliki fungsi penting bagi manusia, yaitu sebagai pusat kendali tubuh. Dalam menjalankan fungsinya sebagai pusat kendali tubuh, otak perlu bekerja sama dengan bagian sistem saraf lainnya, yaitu sumsum tulang belakang dan sel saraf.

5 Tips Menjaga Fungsi Otak agar Tetap Optimal - Alodokter

Kerja sama sistem saraf inilah yang membuat manusia mampu melakukan berbagai aktivitas, mulai dari bernapas, melihat, mendengar, berjalan, berpikir, merasakan emosi, hingga mengingat berbagai hal yang telah dipelajari.

Tips Menjaga Fungsi Otak

Seiring bertambahnya usia, kemampuan otak sebagai pusat kendali tubuh dapat menurun. Kondisi ini bisa meningkatkan risiko terjadinya berbagai masalah kesehatan pada otak, seperti demensia dan penyakit Alzheimer, di kemudian hari.

Guna mencegah penurunan fungsi otak dan menjaganya tetap sehat, ada beberapa tips sederhana yang bisa Anda lakukan, di antaranya:

1. Memainkan permainan asah otak

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menjaga fungsi otak adalah mendorong otak tetap aktif berpikir, salah satunya dengan memainkan permainan asah otak.

Meski terkesan sederhana dan mudah dilakukan, beberapa jenis permainan asah otak, seperti puzzle, teka-teki silang, dan catur, mampu meningkatkan konsentrasi dan daya ingat, sehingga kesehatan otak akan tetap terjaga.

2. Mempelajari bahasa asing

Tak hanya permainan asah otak, belajar bahasa asing juga merupakan salah satu cara menjaga fungsi otak yang bisa Anda lakukan sehari-hari.

Selain meningkatkan kemampuan berbahasa dan berbicara, beberapa penelitian juga membuktikan bahwa belajar bahasa asing bermanfaat untuk meningkatkan kreativitas, daya ingat, kemampuan memecahkan masalah, hingga bahkan dipercaya mampu menghambat perkembangan penyakit Alzheimer.

Belajar bahasa asing terkadang memang terasa sulit untuk dilakukan. Namun, Anda bisa mencobanya secara perlahan, misalnya dengan belajar bahasa asing 10–15  menit setiap hari. Anda juga bisa mengajak orang terdekat untuk belajar bahasa asing agar terasa lebih menyenangkan.

3. Bersosialisasi dengan orang sekitar

Tak hanya meningkatkan suasana hati, bersosialisasi dengan orang sekitar, seperti anggota keluarga dan teman terdekat, atau bahkan orang yang baru saja Anda temui di suatu tempat, juga dapat memberikan manfaat yang baik untuk kesehatan otak.

Hal ini karena interaksi sosial mampu mengurangi risiko Anda terkena stres dan depresi, yang merupakan pemicu terjadinya penurunan daya ingat.

4. Melakukan aktivitas fisik

Salah satu cara menjaga fungsi otak yang tidak kalah penting untuk Anda lakukan adalah berolahraga. Hal ini karena olahraga dapat meningkatkan kinerja pembuluh darah untuk mengalirkan darah yang kaya oksigen ke dalam otak.

Guna memperoleh manfaat tersebut, Anda dapat melakukan berbagai jenis olahraga, seperti jalan santai, bersepeda, berenang, dan yoga, setidaknya 30 menit setiap hari atau 150 menit setiap minggu.

5. Mengonsumsi makanan bergizi

Makanan sehat, terutama yang mengandung ragam nutrisi, seperti asam lemak omega 3, vitamin A, vitamin B, vitamin E, antioksidan, zinc, dan kalium, baik dikonsumsi untuk meningkatkan fungsi otak.

Bahkan, berbagai nutrisi di atas juga bisa menangkal efek radikal bebas pemicu terjadinya penyakit degeneratif pada otak, seperti penyakit Alzheimer dan penyakit Parkinson.

Berbagai nutrisi yang baik untuk otak tersebut dapat diperoleh dari beberapa jenis makanan, seperti stroberi, sayuran hijau, kacang-kacangan, telur, daging ayam, dan ikan.

Selain tips di atas, beberapa aktivitas menyenangkan lain, seperti mendengarkan dan memainkan alat musik, mengikuti kelas melukis, atau bahkan belajar memasak, dapat Anda lakukan untuk menjaga fungsi otak.

Bila perlu, Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk mengetahui lebih lanjut cara menjaga fungsi otak agar tetap optimal yang dapat dilakukan secara rutin sesuai kondisi dan kebutuhan Anda.