3 Jenis Buah yang Mengandung Vitamin C Selain Jeruk

 

 

Vitamin C menjadi salah satu nutrisi yang penting dipenuhi oleh tubuh karena fungsinya yang tidak hanya dipercaya bagus untuk mengatasi flu, tapi juga ragam kondisi lain. Seperti kesehatan kulit, depresi, dan masih banyak lagi. Salah satu cara untuk memenuhi kebutuhan vitamin C ini adalah dengan mengonsumsi buah yang mengandung vitamin C.

Selama ini, untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, mungkin Anda akrab dengan buah jeruk. Dalam 100 gram buah jeruk mengandung sekitar 53 mg vitamin C . Tapi ternyata, masih banyak ragam jenis buah lainnya yang bagus Anda konsumsi untuk memenuhi kebutuhan vitamin C, karena kandungannya yang tidak kalah berlimpah.

fruits with vitamin c

Berikut ini adalah beberapa jenis buah yang mengandung vitamin yang perlu Anda ketahui.

  • Pepaya Buah yang mengandung vitamin C selain jeruk yang pertama adalah pepaya. Di dalam 100 gram pepaya, setidaknya mengandung sekitar 60 mg vitamin C. Bahkan, dipercaya juga bahwa mengonsumsi pepaya dapat membantu dalam membersihkan sinus dan memperkuat tulang.
  • Nanas Buah selanjutnya adalah nanas. Buah yang kadang dihindari oleh ibu hamil ini, ternyata mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu sekitar 47 mg dalam 100 gram buah nanas. Selain itu, nanas juga mengandung bromelain. Bromelain merupakan enzim pencernaan yang dapat berkerja sebagai antiinflamasi alami yang dapat membantu tubuh cepat memulihkan diri setelah melakukan aktifitas yang berat. Bromelain yang terdapat di dalam nanas juga dapat membantu dalam mengurangi perut kembung dan membantu mencerna makanan.
  • Stroberi Tidak sekadar memiliki warna yang cantik, kandungan vitamin C yang terdapat di dalam stoberi juga dapat membuat Anda tersenyum. Setidaknya terdapat 37 mg vitamin C di dalam 100 gram stroberi. Bahkan, di dalam buah stroberi juga terdapat folat yang bagus untuk kesehatan jantung Anda. Tidak hanya itu, buah ini juga dipercaya dapat membantu memutihkan gigi.
Berapa Banyak Vitamin C yang Dibutuhkan Tubuh?

Tingginya jumlah vitamin C yang dibutuhkan oleh tubuh dalam sehari berbeda berdasarkan usia. Berikut ini angka kebutuhan vitamin C yang dianjurkan untuk orang Indonesia, hingga usia setengah tahun, bayi memerlukan setidaknya 40 mg vitamin C setiap harinya; sedangkan anak usia 1 hingga 9 tahun, memerlukan vitamin C 40–45 mg per hari; dan pada usia 16 tahun ke atas, wanita akan memerlukan 75 mg per hari, pria memerlukan 90 mg per hari.

Sedangkan bagi Anda yang merokok, tambahkan kebutuhan vitamin C harian Anda setidaknya sebanyak 35%. Pasalnya, merokok dapat meningkatkan radikal bebas di dalam tubuh, dan kandungan antioksidan yang ada di dalam vitamin C dipercaya dapat mengurangi radikal bebas dalam tubuh.

Kini, Anda sudah tahu ragam buah yang mengandung vitamin C selain jeruk dan berapa banyak yang Anda butuhkan, bukan? Mulailah masukkan ragam buah tersebut ke dalam menu harian Anda. Agar tidak bosan, Anda bisa memvariasikan jenis buah yang Anda konsumsi setiap harinya.