Kamu Pasti Belum Tahu Perawatan Wajah Berjerawat yang Ini

Perawatan wajah berjerawat dapat membutuhkan waktu selama beberapa bulan hingga bekasnya betul-betul hilang. Pada kondisi jerawatmu parah, penanganan diperlukan sedini mungkin agar tidak terbentuk jaringan parut. Bila tidak dilakukan, jerawat bisa betah bertengger di wajahmu hingga 4-5 tahun, bahkan lebih lama dari itu pada sebagian kasus.

Langkah penanganan terhadap jerawat juga dapat membantu mengatasi efek emosional dan psikologis. Penelitian menunjukkan bahwa orang berjerawat lebih cenderung mengalami depresi.

Kamu Pasti Belum Tahu Perawatan Wajah Berjerawat yang Ini - Alodokter

Jerawat umumnya dialami seseorang yang berusia di antara 12-25 tahun. Bukan hanya di wajah, jerawat juga bisa timbul di dada, punggung, ataupun leher. Pada umumnya dalam mengatasi jerawat kecil, kamu bisa melakukan langkah perawatan sendiri, namun pada kasus jerawat yang relatif parah dibutuhkan penanganan oleh dokter kulit.

Berikut adalah beberapa langkah perawatan wajah berjerawat yang bisa kamu lakukan.

Cuci Muka Dua Kali Sehari

Tidak perlu berlebihan, mencuci wajahmu dua kali sehari menggunakan air hangat dan sabun yang ringan sudah cukup. Jangan lebih dari itu. Selain itu, tidak perlu menggosok-gosok kulitmu, cukup membasuhnya dengan hati-hati menggunakan mild soap atau sabun lembut.

Diet

Terapkan pola makan sehat yang mencakup padi-padian utuh (seperti gandum utuh, oat, quinoa, beras merah), polong-polongan, dan sayuran serta membatasi makanan produk susu. Para peneliti melaporkan bahwa kesukaan mengonsumsi produk olahan susu dan makanan dengan indeks glikemik yang tinggi dapat meningkatkan risiko timbulnya jerawat.

Jangan Sentuh Wajahmu

Tahan dirimu untuk menyentuh wajah dengan tangan sebelum mencuci tangan ataupun menempelkan permukaan telepon genggam yang kotor.

Jangan Memencet atau Memecahkan Jerawat

Ada risiko terjadinya infeksi lebih jauh yang menyebabkan penyumbatan lebih serius dan pembengkakan parah serta kemerahan bila kamu memencet jerawatmu. Memecahkan jerawat juga dapat meningkatkan risiko terjadinya jaringan parut.

Bercukur Dengan Baik

Bila Anda laki-laki, berhati-hatilah saat mencukur rambut di area wajah. Sebelum mencukur, lembutkan kulit terlebih dahulu dengan air sabun yang hangat sebelum memakai krim cukur. Anda juga bisa mencukur langsung setelah mandi air hangat karena kulit berada pada kondisi yang lebih lembut.

Berlindung Dari Sinar Matahari

Terpapar sinar matahari secara berlebihan kadang-kadang menyebabkan produksi sebum atau minyak berlebih. Selain itu, perhatikan juga apakah obat wajahmu bereaksi sensitif terhadap sinar matahari karena beberapa obat perawatan wajah berjerawat dapat membuat kulitmu lebih rentan terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, bila kamu sedang menggunakan krim obat di wajahmu, ada baiknya untuk berlindung dari sinar matahari.

Jagalah Kebersihan Diri

Pastikan tanganmu bersih dan kukumu terpotong pendek. Selain itu, bila kamu pengguna kacamata, bersihkanlah kacamata secara rutin karena kacamata bisa menjadi tempat terkumpulnya sebum dan residu kulit. Rambut juga harus bersih dan usahakan untuk tidak mengenai wajahmu. Jangan lupa, bersihkan terlebih dahulu wajahmu dari make up sebelum tidur. Untuk penggunaan make up sendiri dianjurkan untuk memilih produk dengan label noncomedogenic atau nonacnegenic.

Pakai Pakaian Longgar

Bila jerawatmu terdapat pada bagian-bagian tubuh yang tertutupi oleh pakaian, seperti punggung, bahu atau dada, upayakan untuk mengenakan pakaian longgar agar kulitmu bisa bernapas.

Konsultasikan kepada dokter jika jerawatmu menyebar pada area yang lebih luas dan atau dengan obat bebas tidak juga mereda. Mungkin kamu butuh diberikan obat-obatan sejenis retinoid topikal, antibiotik topikal, asam azelaik, tablet antibiotik, ataupun tablet isotretinoin.