Ternyata Manfaat Ketimun Penting untuk Tubuh

Ketimun memiliki sejumlah manfaat bagi tubuh, di antaranya bisa mencegah dehidrasi dan baik untuk kulit. Selain mengandung banyak air, tumbuhan ini juga mengandung vitamin, mineral, dan antioksidan yang baik bagi tubuh.

Ketimun sudah menjadi bagian dari sebagian besar hidangan kita sehari-hari, tapi sering kali tidak dimakan, bukan? Mulai sekarang jangan lagi abaikan kehadirannya di piring kita karena ternyata manfaatnya sangat penting untuk mendukung kesehatan tubuh kita.

Ternyata Manfaat Ketimun Penting untuk Tubuh - Alodokter

Sebagai Antioksidan

Manfaat ketimun begitu banyak. Sayuran ini kaya akan beta karoten, mangan, vitamin C, serta beberapa antioksidan flavonoid yang  dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas dapat mengundang sejumlah penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, penurunan daya penglihatan, serta alzheimer. Selain itu, kandungan cucurbitacin dan lignan pada ketimun dapat membantu melindungi tubuh dari kanker. Sebuah penelitian menemukan, ketimun mungkin bisa menghambat pertumbuhan kanker prostat karena mengandung flavonoid fisetin.

Risiko terkena radikal bebas bisa meningkat bila terpapar polusi, asap rokok serta sinar matahari. Begitu juga ketika sedang berolahraga sehingga penting untuk mengonsumsi buah dan sayur yang kaya antioksidan seperti ketimun.

Mencegah Dehidrasi

Ketimun mengandung 95 persen air. Kandungan air yang cukup tinggi inilah yang membuat ketimun bisa mencegah dehidrasi.

Untuk tujuan ini, Anda juga dapat membuat infused water dari ketimun. Caranya, cuci bersih ketimun, potong dan masukkan ke dalam teko berisi air. Simpanlah di lemari es sekitar sejam sebelum disajikan. Selain menyegarkan, minuman ini dapat mencegah dehidrasi serta membantu mengeluarkan racun dalam tubuh.

Infused water ini juga bisa menjadi alternatif pengganti minuman berenergi, minuman manis bersoda, ataupun jus. Di samping itu, Anda bisa merasa kenyang bila tetap terhidrasi sehingga membantu upaya menurunkan berat badan.

Menurunkan Tekanan Darah

Meminum infused water ketimun juga berpotensi membantu menurunkan tekanan darah karena ketimun mengandung potassium yang dapat mengatur jumlah garam pada ginjal.

Merawat Kulit

Bila kulit berjerawat, Anda dapat mengonsumsi ketimun ataupun menggunakan masker ketimun. Ketimun mengandung vitamin B5 dan asam pantothenic, keduanya adalah zat-zat yang sering digunakan untuk menghilangkan jerawat. Ketimun juga berguna mengurangi iritasi, peradangan serta pembengkakan pada kulit. Anda juga bisa menggunakan irisan ketimun  pada kulit yang terbakar matahari karena ketimun memiliki efek mendinginkan serta menyejukkan ketika diaplikasikan pada kulit. Di samping itu, irisan ketimun juga membantu mengurangi kantung mata karena mengandung asam caffeic serta kaya akan air.

Menyehatkan Tulang

Kandungan vitamin K dalam ketimun dapat menyehatkan tulang karena membantu membentuk protein yang dibutuhkan tulang. Kekurangan vitamin K berkaitan dengan meningkatnya risiko patah tulang. Secangkir ketimun mampu mencukupi sekitar 11-19 persen kebutuhan vitamin K harian.

Variasi Mengonsumsi Ketimun

Anda bisa mendapatkan manfaat ketimun lebih baik dengan dikonsumsi mentah. Cobalah dengan mengirisnya untuk lalapan, atau salad, atau teh ketimun. Pernah dengar teh ketimun? Mari kita pelajari cara menyajikannya bersama-sama.

Bahan-bahan yang diperlukan:

  • Seperempat buah ketimun yang diiris-iris.
  • Dua buah jeruk limau.
  • Dua buah jeruk lemon.
  • Dua kantong teh hijau celup.
  • Sejumput daun mint.
  • Es batu secukupnya.
  • Seliter soda tawar.
  • Seliter air hangat.

Langkah pembuatan:

  • Masukkan daun mint dan teh celup ke dalam air hangat, biarkan hingga 5-10 menit.
  • Peras jeruk lemon dan jeruk limau, lalu campurkan ke dalam air teh tadi. Jangan lupa pisahkan beberapa iris jeruk lemon untuk hiasan nanti.
  • Jika campuran sudah mengendap, masukkan irisan ketimun.
  • Sajikan minuman dengan es batu serta soda tawar, dan percantik dengan irisan jeruk lemon.

Sebaiknya pilihlah ketimun yang keras, berwarna hijau, dan kedua ujungnya berbentuk bulat karena mengandung banyak air. Hindari ketimun yang berwarna kekuningan dan terlihat keriput pada ujungnya. Ketimun bisa disimpan dalam lemari es hingga seminggu. Jangan lupa untuk mencucinya dulu sebelum dikonsumsi.