Catat, Ini Posisi Tidur Ibu Hamil Muda yang Aman dan Alasannya

Kehamilan trimester pertama atau sering disebut hamil muda, seringkali membawa perubahan tubuh yang memicu rasa tidak nyaman, termasuk pada saat tidur. Penting mengetahui posisi tidur ibu hamil muda yang aman dan nyaman untuk mendukung kehamilan sehat.

Tidur nyenyak bisa menjadi tantangan bagi ibu hamil. Posisi tidur yang biasanya nyaman, kini tidak lagi dirasakan. Jangan khawatir, ada beberapa posisi tidur yang dapat membantu ibu hamil memperoleh waktu tidur berkualitas.

catat ini posisit tidur ibu hamil muda yang aman dan alasannya - alodokter

Posisi Tidur Miring

Posisi tidur ibu hamil yang disarankan adalah miring ke arah kiri. Posisi ini dapat meningkatkan jumlah darah dan nutrisi menuju plasenta dan janin. Untuk posisi yang lebih nyaman, tekuk kaki dan lutut kemudian tempatkan sebuah bantal di antara kaki. Anda juga dapat menempatkan bantal di bagian punggung.

Posisi tidur ibu hamil muda yang mengarah ke samping ini juga sangat tepat jika ibu hamil mengalami nyeri punggung. Bagi Anda yang mengalami sesak napas saat hamil muda, dapat memilih tidur dengan posisi miring atau pun tidur dengan punggung disangga bantal.

Posisi Setengah Duduk

Selain itu, posisi tidur dengan kepala dan punggung atas disangga bantal akan sangat membantu ibu hamil yang mengalami nyeri ulu hati yang mengganggu. Nyeri ulu hati yang dialami ibu hamil umumnya dipicu oleh hormon progesteron yang merelaksasi otot antara lambung dan kerongkongan (esophagus) sehingga asam lambung dan makanan bisa berbalik ke esophagus kembali. Selain itu, ibu hamil juga dianjurkan untuk makan malam lebih dini, dan makan perlahan.

Jika rasa tidak nyaman saat tidur disebabkan oleh perubahan payudara, maka ibu hamil bisa menyiasatinya menggunakan bra khusus masa kehamilan atau sport bra yang pas di dada. Ibu hamil dapat memeluk bantal besar untuk membantu melindungi payudara yang sensitif.

Jika rasa tidak nyaman pada payudara mengganggu waktu tidur hingga berlarut-larut, konsultasikan dengan dokter mengenai obat acetaminofen yang dapat membantu meringankan rasa nyeri.

Posisi Tidur yang Sebaiknya Dihindari

Tidur terlentang merupakan salah satu posisi tidur yang tidak disarankan pada ibu hamil. Posisi tersebut hanya akan membuat pembuluh darah utama terbebani, sehingga membuat jantung bekerja lebih berat. Meski demikian, jika Anda terbangun dalam kondisi tidur terlentang tidak perlu khawatir. Berganti posisi selama tidur merupakan hal alami dan sulit dihindari.

Selain itu, tidur terlentang pada ibu hamil juga dapat memicu nyeri otot, ambeien, dan pembengkakan pada tubuh. Tidur terlentang juga dapat membuat ibu hamil muda pusing saat mencoba duduk atau berdiri. Yang tidak kalah mengganggu adalah posisi tidur ini dapat memicu ibu hamil mendengkur.

Ibu hamil muda juga disarankan menghindari tidur tengkurap selama kehamilan. Sebab, bagian perut mengalami beragam perubahan dan tentu akan lebih sulit untuk tidur dalam posisi tersebut.

Penting untuk memerhatikan posisi tidur ibu hamil muda agar memperoleh tidur yang berkualitas. Jika perlu, konsultasikan dengan dokter untuk saran yang terbaik.