Clopidogrel

Pengertian Clopidogrel

Clopidogrel digunakan untuk mengurangi kekentalan darah dan membantu mencegah terjadinya pembekuan darah di arteri. Penggunaan obat ini bertujuan mengurangi risiko terkena serangan jantung atau stroke.

clopidogrel - Alodokter

Clopidogrel akan diberikan kepada orang berisiko tinggi dan yang baru terkena serangan jantung atau stroke. Contoh orang yang berisiko tinggi adalah penderita gangguan sirkulasi darah, sindrom koroner akut, atau fibrilasi atrium.

Obat ini bisa dikonsumsi sendiri atau dengan aspirin dosis rendah, yang juga berfungsi untuk mencegah pembekuan darah. Meski sangat efektif jika dikonsumsi secara bersamaan, namun memiliki risiko pendarahan lebih tinggi dan biasanya terjadi di usus.

Tentang Clopidogrel

Golongan Obat antiplatelet
Kategori Obat resep
Manfaat Mencegah pembekuan darah pada orang yang pernah mengalami:
  • Serangan jantung
  • Stroke, baik besar maupun kecil
  • Operasi pada jantung
  • Operasi pada pembuluh darahnya
  • Penderita penyakit arteri perifer
  • Penderita sindrom koroner akut
Dikonsumsi oleh Dewasa
Bentuk Tablet

Peringatan:

  • Bagi wanita hamil, menyusui atau yang mencoba memiliki anak disarankan untuk tidak mengonsumsi clopidogrel.
  • Harap berhati-hati bagi penderita gangguan organ hati, gangguan ginjal, ulkus peptikum dan gangguan pendarahan.
  • Tidak boleh diberikan kepada orang yang berusia di bawah 16 tahun, kecuali atas anjuran dokter.
  • Jika terluka, pendarahan akan berhenti lebih lama dari biasanya. Jika pendarahan yang terjadi sulit berhenti, segera temui dokter.
  • Jika akan menjalani operasi atau perawatan gigi, pastikan dokter Anda tahu bahwa Anda mengonsumsi clopidogrel.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Clopidogrel

Dokter umumnya meresepkan pasien dengan dosis 75 mg per hari. Namun dosis bisa saja disesuaikan dengan kondisi kesehatan pasien.

Mengonsumsi Clopidogrel dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan clopidogrel sebelum menggunakannya.

Penggunaan clopidogrel secara bersamaan dengan aspirin dosis rendah hanya diresepkan untuk jangka waktu terbatas, biasanya maksimal hingga 12 bulan.

Clopidogrel dapat dikonsumsi kapan pun, tapi usahakan mengonsumsinya di waktu yang sama tiap harinya. Obat ini dapat dikonsumsi sebelum, saat atau sesudah makan.

Bagi yang tidak sengaja melewatkan jadwal meminum clopidogrel, disarankan untuk segera meminumnya begitu teringat. Tetapi jangan mengganti dosis yang terlewat dengan menggandakan dosis clopidogrel yang diminum berikutnya.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Clopidogrel

Semua obat berpotensi menyebabkan efek samping, termasuk clopidogrel. Tetapi gejala akibat efek samping umumnya membaik setelah tubuh menyesuaikan diri.  Yang terpenting, beri tahu dokter jika Anda bermasalah dengan obat yang dikonsumsi. Beberapa efek samping yang dapat terjadi antara lain:

Jika terjadi efek samping yang tergolong serius, seperti demam, memar di bawah kulit atau bintik-bintik merah, merasa linglung, sangat lelah, penyakit kuning, segera temui dokter.