Jangan salahkan Metabolisme Tidak Lancar Jika Kamu Gemuk

Lemak yang menumpuk dan berat badan yang sulit untuk diturunkan seringkali membuatmu menyalahkan metabolisme yang tidak lancar. Padahal, bukan itu satu-satunya penyebab tubuhmu gemuk.

Metabolisme sendiri sebenarnya adalah proses tubuh dalam mengubah makanan dan minuman menjadi energi. Jadi, tidak seperti yang kamu bayangkan bahwa metabolisme hanya berkisaran dengan pencernaan atau perut. Sebut saja bernapas, berjalannya sirkulasi darah, dan proses tubuh memperbaiki sel, itu termasuk ke dalam proses metabolisme. Proses metabolisme ini tidak hanya sekedar soal pencernaan saja.

jangan salahkan metabolisme tidak lancar jika kamu gemuk - alodokter

Metabolisme Tidak Lancar Membuat Tubuh Gemuk, Benarkah?

Hal ini yang tidak jarang menjadi salah sangka sebagian orang. Padahal tubuh yang gemuk itu sendiri bukan semata-mata karena metabolisme yang tidak lancar. Tapi karena apa yang kamu konsumsi tidak sebanyak kalori yang kamu bakar setiap harinya. Akhirnya lemak di tubuhmu menumpuk dan tubuh menjadi gemuk.

Sementara itu, apa yang memengaruhi tingkat metabolisme justru sesuatu yang tidak bisa kamu kontrol, yaitu usia, jenis kelamin, genetik. Misalnya saja, pria memiliki tingkat metabolisme lebih tinggi dibandingkan dengan wanita. Kenapa? Karena pria memiliki massa otot lebih banyak dari yang dimiliki wanita. Sedangkan massa otot atau sel otot ini membutuhkan lebih banyak energi atau kalori yang dibakar untuk berfungsi.

Selain jenis kelamin, usia juga memengaruhi tingkat metabolisme karena semakin bertambahnya usia, maka massa otot juga akan semakin berkurang. Akibatnya, lemak dapat lebih mudah menumpuk. Jadi dengan kata lain, jika kamu ingin memiliki berat badan yang kamu inginkan, kamu perlu meningkatkan massa otot di dalam tubuhmu.

Begini Cara yang Benar Mendapatkan Berat Badan Sehat dan Metabolisme Lancar

Tentu kamu ingin mendapatkan berat badan sehat dengan cara yang tepat, bukan? Kalau begitu, perhatikan baik-baik beberapa cara di bawah ini.
  • Olahraga Seperti yang sudah kamu baca di atas, metabolisme merupakan proses di mana tubuh mengubah semua asupan yang masuk menjadi energi. Sementara itu, massa otot perlu membakar cukup banyak kalori untuk menjalani fungsinya dengan baik. Cara meningkatkan massa otot yang tepat adalah dengan melakukan olahraga. Sebut saja lari, zumba, aerobik, merupakan cara yang tepat untuk membakar kalori dan meningkatkan metabolisme tubuh. Jadi, siapkan waktumu setidaknya untuk melakukan 3 kali sesi olahraga dalam seminggu.
  • Sarapan Jangan hanya karena ingin cepat mendapatkan berat badan impian dan tidak ingin kalori yang kamu makan lebih banyak dari yang kamu bakar, kamu jadi mengurangi asupan harianmu dan melupakan sarapan. Sarapan justru penting jika kamu ingin meningkatkan metabolisme. Pasalnya, ketika kamu melewati sarapan dan membiarkan perut lapar, otak justru akan mengirim sinyal ke sel-sel tubuh untuk menghemat energi dan bukannya membakar lemak yang tersimpan. Jadi, masih ingin melewatkan sarapanmu?
  • Tidur cukup Mungkin tidak terpikirkan sebelumnya, tapi studi menunjukkan bahwa tidur juga memengaruhi metabolisme seseorang. Ketika kamu kurang tidur, atau tidur kurang dari 8 jam, hormon di dalam tubuhmu menjadi tidak seimbang. Akibatnya, kamu meningkatkan risiko mengonsumsi lebih banyak kalori, sementara kemampuan tubuh membakar kalori menurun.
  • Sedikit tapi sering Bagi kamu yang menderita penyakit maag, mungkin sudah pernah mendengar bahwa setiap 3 jam sekali kamu perlu makan sedikit atau ‘ngemil’, agar perut tidak terlalu kosong. Ternyata, hal ini juga bagus diterapkan jika kamu ingin metabolismemu lancar. Karena dengan begitu, kamu akan merangsang sel yang berfungsi dalam pembakaran kalori di dalam tubuh. Tapi dengan catatan bahwa makanan yang kamu konsumsi itu merupakan makanan yang mengandung protein. Seperti produk olahan susu rendah lemak atau pun kacang-kacangan. Dan bukanlah makanan yang mengandung tinggi gula.  
Selain beberapa hal di atas, guna memiliki metabolisme yang baik, kamu juga perlu mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Misalnya saja, mengonsumsi makanan yang mengandung omega-3, antioksidan, dan protein. Serta jangan lupa untuk makan buah, sayur dan perbanyak minum air mineral.

Kini, sebaiknya kamu berhenti menyalahkan metabolisme yang tidak lancar dan mulailah gaya hidup sehat. Gaya hidup sehat penting untuk memiliki metabolisme yang baik dan membantu tubuhmu membakar kalori berlebih.