Seperti ini Manfaat dan Cara Latihan Kekuatan

Tak hanya binaragawan saja, latihan kekuatan juga penting untuk dilakukan setiap orang dari berbagai usia. Ada berbagai manfaat kesehatan bisa dirasakan, termasuk untuk penderita artritis dan jantung.

Untuk memulai latihan kekuatan, dianjurkan untuk melakukannya secara bertahap agar tubuh dapat beradaptasi. Untuk mengurangi risiko cedera, dianjurkan pula untuk mempelajari terlebih dahulu teknik latihan kekuatan yang sesuai dan cocok dengan kondisi tubuh Anda dan tidak lupa untuk melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum memulai latihan. Jika perlu, konsultasi dengan instruktur berpengalaman sebelum melakukan latihan kekuatan.

seperti ini manfaat dan cara latihan kekuatan - alodokter

Manfaat yang Dapat Diperoleh

Latihan kekuatan akan meningkatkan kesehatan dan vitalitas tubuh secara keseluruhan untuk mendukung aktivitas sehari-hari. Termasuk memperlancar peredaran darah, meningkatkan metabolisme dan fungsi organ, mengurangi risiko cedera, meningkatkan kepadatan tulang, membentuk sendi dan otot menjadi lebih kuat.

Selain itu, manfaat lain dari latihan kekuatan bagi kesehatan fisik dan mental meliputi:

  • Menjaga fleksibilitas tubuh dan keseimbangan.
  • Memperbaiki postur tubuh, mengontrol berat badan dan meningkatkan massa otot.
  • Membantu mencegah dan mengurangi penurunan kognitif pada usia lanjut.
  • Mencegah dan mengurangi risiko terkena penyakit kronis seperti penyakit jantung, artritis, diabetes, depresi, sakit pinggang, dan obesitas.
  • Tidur menjadi lebih nyenyak sehingga terhindar dari insomnia.
  • Meningkatkan percaya diri dan memperbaiki mood.

Lakukan secara Rutin

Latihan kekuatan sebaiknya dilakukan sekitar dua kali per minggu. Namun, jangan lakukan secara berturut-turut. Beri jeda waktu minimal dua hari, sebelum melakukan latihan kekuatan lagi.

Latihan ini dapat dilakukan di tempat kebugaran atau di rumah dengan peralatan yang sederhana. Hanya saja perlu diingat, sebelum melakukan latihan kekuatan, Anda harus terlebih dahulu melakukan pemanasan berupa jalan cepat atau gerakan pemanasan lainnya selama 5-10 menit agar terhindar dari cedera.

Berikut beberapa latihan kekuatan yang dapat dilakukan :

  • Latihan kekuatan tanpa bantuan alat yang bisa dilakukan di rumah meliputi sit-up, push-up, pull-up, crunch dan squat. Pada latihan sit-up misalnya, meski sesungguhnya tidak secara spesifik meluruhkan lemak di perut, namun manfaat sit up bukan hanya mampu melatih kekuatan otot bagian perut, bahkan dada, pinggul, dan leher
  • Latihan angkat beban bisa menjadi pilihan. Sebab, selain mampu meningkatkan kekuatan otot, latihan angkat beban juga bisa meningkatkan kepadatan tulang dan mengusir lemak di tubuh jika diimbangi dengan latihan aerobik. Adapun latihan angkat beban yang bisa menjadi pilihan meliputi angkat barbel, dan dumbbell.
  • Lengkapi latihan dengan pola hidup yang sehat, yakni asupan nutrisi yang sehat dan seimbang, mencukupi kebutuhan cairan, dan beristirahat yang cukup. Lakukan olahraga secara rutin, dengan kombinasi variasi tipe latihan di setiap sesinya.
Jika saat melakukan latihan kekuatan tubuh terasa sakit atau terdengar bunyi pada bagian tubuh tertentu, berhentilah berlatih dan segera periksa ke dokter guna menghindari kemungkinan terjadinya cedera.