Tampil Cantik dengan Resep Perawatan Rambut Alami Berikut Ini

Menjadikan rambut cantik dan berkilau alami tidak perlu selalu merogoh kocek dalam-dalam. Cukup manfaatkan apa yang ada di sekitarmu untuk membuat resep perawatan rambut alami, dan dapatkan manfaat yang luar biasa.

Pada dasarnya, setiap bahan alami memiliki vitamin dan kandungan lainnya yang dibutuhkan rambut untuk dapat tumbuh sehat. Sebut saja, lidah buaya. Pasti Kamu sudah sering mendengar bahwa tanaman ini bagus untuk rambut. Tapi kabar gembiranya, tidak hanya lidah buaya. Masih banyak bahan alami perawatan rambut lainnya yang bisa kamu gunakan.

tampil cantik dengan resep perawatan rambut alami berikut ini - alodokter

Simak resep perawatan rambut alami di bawah ini, dan jadikan rambutmu lebih cantik berkilau.

  • Kondisioner minyak zaitun: melembapkan dan melembutkan rambut Minyak ini ternyata tidak hanya bagus untuk kesehatan, tapi bisa juga untuk mengatasi rambut bercabang, serta rambut yang tebal dan kering. Serta untuk rambut yang telah mengalami proses penataan gaya seperti dikeriting, diwarnai, atau diluruskan. Hal ini karena minyak zaitun mengandung emolien yang dapat melembapkan dan melembutkan rambut. Emolien ini dipercaya mampu meresap ke dalam batang rambut dan membuat rambut menjadi lebih kuat serta lembut. Kamu bisa menjadikan minyak zaitun ini sebagai kondisioner rambut dengan memijitkan sekitar 2 sendok makan minyak zaitun selama beberapa menit. Kemudian tutup rambutmu selama 15 menit dengan menggunakan plastik atau handuk. Kemudian cuci rambut hingga bersih.
  • Masker lidah buaya: melembapkan, membuat rambut lebih berkilau, dan tidak rontok Kandungan yang terdapat di dalam lidah buaya dapat mencegah beberapa masalah rambut. Seperti ketombe dan rambut rontok. Tidak hanya itu, menggunakan lidah buaya sebagai perawatan rambut juga dapat melembapkan dan membuat rambut terlihat lebih berkilau. Cara membuat masker lidah buaya cukup mudah. Ambil lembar daun lidah buaya, kemudian kupas bagian kulit yang keras untuk mendapatkan bahan seperti jeli di dalamnya. Kemudian haluskan dengan menggunakan blender, tanpa tambahan air. Lalu, masukkan jeli lidah buaya tersebut ke dalam satu mangkok kecil. Kamu bisa langsung menggunakannya setelah mencuci rambutmu, lalu biarkan selama kurang lebih 5 menit dengan dibalut handuk hangat. Terakhir, bilas rambutmu hingga bersih.
  • Masker pisang: mengembalikan kilau rambut Pisang tidak hanya enak untuk dimakan. Dengan kandungan vitamin A dan potasium di dalamnya, ternyata pisang juga bagus untuk kesehatan rambut dan dapat mengembalikan kilau rambutmu. Cukup campurkan pisang yang sudah dihancurkan dengan 1 ½ sendok makan minyak zaitun, dan 3 sendok makan mayones. Kemudian, gunakan masker pisang setelah mencuci rambutmu sebelumnya. Diamkan selama sekitar 15 menit, lalu cuci bersih rambutmu.
  • Minyak kelapa: menyehatkan kembali rambut yang rusak Setelah melalui banyak proses penataan rambut, biasanya rambut dapat menjadi kering, rentan, dan terlihat rusak. Kamu membutuhkan perawatan rambut sebelum tidur untuk mengembalikannya. Dan minyak kelapa bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Pasalnya, minyak kelapa memiliki asam lemak yang membuatnya mampu menembus ke dalam batang rambut. Caranya, siapkan minyak kelapa kemudian oleskan minyak kelapa ke batang rambut hingga bagian ujungnya. Lalu, balut kepalamu dengan pastik, sehingga minyak tidak menempel di bantal. Kamu bisa membiarkannya hingga esok pagi, kemudian cuci hingga bersih dengan menggunakan sampo dan pelembut rambut. Selain menggunakannya tanpa campuran, kamu juga bisa menjadikan minyak kelapa sebagai campuran masker rambut untuk hasil yang maksimal.
Sayangi rambutmu dengan memberikan perawatan rambut alami, agar rambut kembali sehat tanpa terlalu banyak terpapar bahan kimia. Selain mempraktikkan beberapa resep perawatan rambut di atas, ingat juga untuk melindungi rambutmu dari paparan sinar matahari yang bisa merusak rambut. Selamat mencoba!