Ada berbagai cara agar cepat haid yang aman dan mudah dilakukan. Anda bisa memulainya dengan mengubah gaya hidup dan berolahraga secara rutin. Dengan begitu, jadwal haid setiap bulan pun kembali teratur sehingga Anda tidak perlu cemas lagi.

Siklus haid umumnya terjadi antara 21–35 hari dan berlangsung selama 3–7 hari. Meski begitu, setiap wanita memiliki siklus haid yang berbeda-beda, baik lebih cepat maupun lebih lama. Hal ini biasanya ditentukan oleh berbagai faktor, terutama gaya hidup.

6 Cara agar Cepat Haid yang Aman dan Efektif - Alodokter

Terkadang, beberapa wanita ingin jadwal haidnya datang lebih cepat dari biasanya karena alasan tertentu, misalnya beribadah, pergi berlibur, atau honeymoon, sehingga nantinya menstruasi tidak mengganggu aktivitas.

Namun, sebagian lainnya juga ingin cepat haid karena sudah melewati siklus menstruasi biasanya, tetapi tidak kunjung datang bulan. Nah, ada beberapa cara agar cepat haid yang bisa dilakukan dengan mudah.

Berbagai Cara agar Cepat Haid

Berikut ini adalah beberapa pilihan cara agar cepat haid yang aman:

1. Mengelola stres

Stres berat yang berkepanjangan dapat menyebabkan haid tertunda, tidak bisa terprediksi kapan datangnya, atau bahkan haid tidak datang sama sekali. Saat sedang stres, tubuh memproduksi hormon kortisol yang dapat mengganggu kadar hormon reproduksi. Akibatnya, siklus haid menjadi tidak teratur.

Oleh karena itu, jika Anda ingin haid datang lebih cepat, sebaiknya kelola stres dengan baik, misalnya dengan melakukan meditasi, mencari hiburan, atau meluangkan waktu untuk menjalani hobi.

2. Berolahraga secara rutin

Olahraga secara rutin bisa menjadi cara agar cepat haid. Olahraga juga dapat mengurangi kram perut yang biasanya muncul karena haid. Namun, Anda perlu hati-hati, sebab olahraga berlebihan yang intens juga dapat menyebabkan haid terlambat.

Tekanan fisik akibat olahraga yang intens dapat mengganggu keseimbangan hormon dan memengaruhi siklus haid. Olahraga rutin yang ringan hingga sedang, seperti berjalan, bersepeda santai, dan berenang, bisa dilakukan agar bisa cepat haid.

3. Mencukupi waktu tidur

Cara agar cepat haid selanjutnya adalah dengan mencukupi waktu tidur minimal 8 jam setiap harinya. Pasalnya, kuantitas maupun kualitas tidur yang kurang dapat memengaruhi hormon reproduksi dan menyebabkan haid datang terlambat.

Jika Anda bekerja di malam hari, Anda bisa tetap menyesuaikan jadwal tidur Anda di pagi atau siang hari. Agar Anda mudah tertidur, cobalah untuk tidur di ruangan yang gelap dan sepi.

4. Mengonsumsi makanan sehat

Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi seimbang juga penting agar bisa cepat haid. Terpenuhinya kebutuhan nutrisi tubuh setiap hari dapat mengatur keseimbangan hormon, sehingga siklus haid menjadi lebih teratur. Ada beberapa tips untuk mencukupi kebutuhan nutrisi setiap hari, yaitu:

  • Hindari diet rendah karbohidrat, kecuali jika dianjurkan oleh dokter karena kondisi medis tertentu, seperti diabetes atau sindrom metabolik.
  • Konsumsi makanan berserat, seperti buah dan sayur.
  • Cukupi kebutuhan omega-3, misalnya dari ikan sarden, minyak zaitun, atau kacang kenari.
  • Konsumsi makanan tinggi vitamin B dan folat, seperti brokoli, kangkung, buncis, pisang, susu, telur, yoghurt, daging, dan ikan.

5. Menjaga berat badan tetap ideal

Berat badan juga dapat memengaruhi siklus haid. Wanita yang memiliki kelebihan berat badan atau kekurangan berat badan biasanya memiliki siklus haid tidak teratur akibat perubahan kadar hormon.

Jika Anda harus menurunkan atau menambah berat badan, sebaiknya lakukan secara bertahap. Hindari diet ketat yang membatasi asupan kalori dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

6. Menggunakan pil KB

Pil KB sering digunakan untuk mengatur siklus haid, termasuk untuk mempercepat jadwal haid. Beberapa jenis obat ini akan meningkatkan kadar hormon reproduksi, sehingga bisa memicu menstruasi. Namun, sebagian lainnya juga dapat memperlambat haid atau bahkan menghilangkan jadwal haid.

Sebelum konsumsi pil KB, Anda perlu berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu untuk menentukan kandungan pil KB atau jenis kontrasepsi lainnya yang paling cocok dan sesuai kondisi Anda.

Penggunaan pil KB juga dapat menjadi pilihan praktis untuk Anda yang ingin cepat haid atau menunda haid karena alasan khusus, seperti umrah atau honeymoon. Obat ini diminum paling lambat 14 hari sebelum haid berikutnya datang, lalu konsumsinya perlu dihentikan 3 hari sebelum tanggal haid yang diinginkan.

Berbagai cara agar cepat haid di atas bisa Anda terapkan sehari-hari. Cara-cara tersebut juga bisa membuat siklus haid menjadi teratur setiap bulannya. Haid yang telat datang tetapi muncul pada 21–35 hari dari menstruasi sebelumnya, masih dapat dianggap wajar.

Namun, bila cara agar cepat haid di atas tidak efektif atau Anda tidak haid selama 3 bulan, mengalami haid lebih dari sekali setiap bulan, durasi haid berlangsung lebih dari 7 hari, bahkan selalu ganti pembalut setiap 1 jam, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mengetahui penyebabnya dan mendapatkan penanganan yang tepat.