Tenggorokan gatal dan kering akibat batuk berdahak memang sangat mengganggu. Namun, jangan khawatir, sebab ada cara mengeluarkan dahak di tenggorokan yang dapat dengan mudah Anda lakukan, mulai dari mandi air hangat hingga menggunakan aromaterapi.

Dahak merupakan lendir yang berfungsi untuk melindungi dan membersihkan saluran pernapasan dari benda asing, seperti debu, asap rokok, serta kuman dan virus penyebab infeksi.

6 Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan - Alodokter

Ketika saluran pernapasan terganggu, misalnya karena peradangan atau infeksi, tubuh akan menghasilkan lebih banyak dahak. Hal ini bisa membuat dahak menumpuk dan menjadi lebih kental, sehingga lebih sulit dikeluarkan.

Akibatnya, Anda akan berusaha untuk mengeluarkan dahak dengan cara batuk terus-menerus, sehingga menimbulkan rasa nyeri, gatal, atau kering di tenggorokan. Nah, agar tenggorokan dapat terasa lega kembali, ada berbagai cara mengeluarkan dahak yang dapat dilakukan dengan mudah.

Cara Mengeluarkan Dahak di Tenggorokan

Ketika merasakan adanya dahak yang menumpuk dan mengganjal di tenggorokan, Anda bisa mencoba beberapa cara berikut untuk mengeluarkan dahak:

1. Minum air putih

Saat mengalami batuk berdahak, Anda bisa minum air putih hangat untuk mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan sekaligus meredakan rasa sakit pada tenggorokan.

Selain air putih, Anda juga bisa minum teh hangat dengan madu untuk meringankan gejala sakit tenggorokan. Namun, hindari pemberian madu pada anak di bawah usia 1 tahun karena hal ini bisa meningkatkan risiko anak terkena botulisme.

2. Kumur dengan air garam

Cara mengeluarkan dahak selanjutnya adalah berkumur dengan air garam. Berkumur dengan air garam baik untuk mengatasi sakit tenggorokan dan mengencerkan dahak agar mudah dikeluarkan.

Untuk membuatnya, Anda hanya perlu menambahkan 1 sendok teh garam ke dalam segelas air hangat. Setelah itu, aduk hingga rata lalu berkumurlah selama 30–60 detik dan lakukan sebanyak 3 atau 4 kali sehari sesuai kebutuhan.

3. Konsumsi makanan dan minuman yang baik untuk sistem pernapasan

Beberapa studi menyatakan bahwa makanan tertentu, seperti buah-buahan, bawang putih, lemon, dan jahe, dapat mengencerkan dahak serta membersihkan saluran pernapasan dari kuman dan virus.

Selain itu, berbagai jenis teh seperti teh jahe, teh kamomil, teh peppermint, atau teh herbal lainnya, juga dapat dikonsumsi untuk mengencerkan dahak.

Ini karena makanan dan minuman tersebut mengandung zat antioksidan, antiradang, dan antibakteri, yang dapat mengatasi infeksi dan peradangan di saluran pernapasan.

Makanan pedas, seperti cabai, lada, dan paprika, juga bisa meredakan batuk berdahak. Manfaat ini berasal dari kandungan capsaicin yang bisa mengencerkan dahak dan mengatasi batuk.

4. Mandi air hangat

Menghirup uap hangat atau mandi air hangat bisa memudahkan pengeluaran dahak di tenggorokan. Ini karena uap hangat dan lembap yang masuk ke hidung bisa melembapkan saluran pernapasan, sehingga dapat mengencerkan dahak serta melebarkan jalan napas agar lendir lebih mudah keluar.

5.Gunakan pelembap udara atau humidifier 

Selain mandi air hangat, Anda juga bisa menggunakan humidifier atau alat pelembap ruangan untuk meningkatkan kelembapan ruangan. Udara yang lembap bisa mengurangi iritasi pada saluran pernapasan dan mengencerkan dahak sehingga lebih mudah dikeluarkan dari tubuh.

6. Gunakan minyak esensial eukaliptus

Cara mengeluarkan dahak yang terakhir adalah menghirup minyak esensial eukaliptus. Anda bisa menambahkan minyak esensial ini saat mandi air hangat atau ke dalam diffuser. Uap panas yang mengandung eukaliptus diduga dapat mengencerkan dahak, mengurangi radang, dan membunuh kuman.

Meski demikian, kemampuan minyak esensial eucalyptus untuk menekan pertumbuhan kuman dalam saluran napas masih membutuhkan penelitian lebih lanjut. Namun, setidaknya efek pengencer dahaknya bisa dimanfaatkan.

Itulah beragam cara untuk mengeluarkan dahak. Selain cara di atas, Anda juga bisa mengeluarkan dahak dengan teknik tepukan. Pertama, duduklah dengan posisi badan tegak, lalu tepuk dinding dada secara perlahan menggunakan tangan selama 3–5 menit.

Berbagai cara di atas juga bisa dilakukan untuk mengeluarkan dahak pada penderita penyakit saluran pernapasan, seperti asma, bronkiektasis, pneumonia, dan PPOK.

Saat sedang mengalami batuk berdahak, Anda juga dianjurkan untuk berhenti merokok dan menjauhi asap rokok, menjaga kebersihan udara di dalam rumah, serta mengurangi konsumsi minuman yang mengandung alkohol dan kafein.

Jika beberapa cara mengeluarkan dahak di atas tidak efektif atau bila Anda merasakan keluhan lain, seperti demam tinggi, sesak napas, lemas, nyeri dada, dan sulit menelan, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk memperoleh pengobatan yang tepat.