Ada beragam pilihan minuman diet untuk menurunkan berat badan. Jenis minuman ini dipercaya dapat meningkatkan metabolisme, sehingga pembakaran kalori dalam tubuh pun terjadi lebih cepat. Simak artikel ini untuk mengetahui apa saja pilihan minuman diet yang bisa membantu penurunan berat badan Anda.

Selain menjaga pola makan dan berolahraga secara rutin, mengonsumsi minuman diet juga dapat membantu Anda untuk mendapatkan berat badan ideal. Hal ini karena minuman tersebut biasanya mengandung kalori yang lebih rendah dan dapat mengontrol nafsu makan Anda.6 Pilihan Minuman Diet yang Dapat Menurunkan Berat Badan - AlodokterBerbagai Pilihan Minuman Diet

Berikut ini adalah beberapa jenis pilihan minuman diet yang bisa Anda konsumsi untuk menurunkan berat badan:

1. Teh hijau

Teh hijau dapat menjadi salah satu pilihan tepat bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan. Pasalnya, teh hijau mengandung katekin dan antioksidan yang tinggi sehingga dapat meningkatkan metabolisme tubuh dan membakar lemak.

Selain bermanfaat untuk diet, konsumsi teh hijau juga dipercaya bisa mengurangi risiko terjadinya berbagai penyakit, seperti penyakit jantung, kanker, dan diabetes.

2. Kopi

Selain teh hijau, kopi juga dipercaya dapat menurunkan berat badan, sebab kandungan kafein di dalamnya bisa meningkatkan metabolisme tubuh dan mengurangi rasa lapar.

Agar manfaat kopi untuk diet dapat diperoleh secara optimal, Anda dianjurkan untuk mengonsumsinya tidak lebih dari 4 gelas sehari. Selain itu, jangan menambahkan susu, pemanis buatan, maupun krim, karena justru akan meningkatkan jumlah kalori di dalamnya.

3. Teh hitam

Penelitian menunjukkan kandungan polifenol dalam teh hitam dapat meningkatkan penurunan berat badan dengan cara mengurangi penyerapan kalori, merangsang pembakaran lemak, dan meningkatkan pertumbuhan bakteri baik dalam usus.

Tak heran bila teh hitam cukup dikenal sebagai minuman diet yang dapat menurunkan berat badan.

4. Air putih

Air putih merupakan salah satu pilihan minuman diet yang paling praktis untuk dikonsumsi, karena dapat membakar kalori lebih banyak dan menekan nafsu makan berlebih bila dikonsumsi sebelum makan.

Berdasarkan penelitian, orang yang mengonsumsi 500 ml air putih sebelum makan selama 12 minggu, bisa mengalami penurunan berat badan dibandingkan orang yang tidak mengonsumsi air putih sebelum makan. Selain itu, konsumsi air putih sebanyak 2 liter atau 8 gelas setiap harinya juga baik untuk menjaga tubuh tetap terhidrasi.

Namun, perlu diingat bahwa Anda juga harus menerapkan pola makan sehat untuk diet dan berolahraga secara rutin agar mendapatkan berat badan yang ideal.

5. Cuka apel

Pilihan minuman diet selanjutnya adalah sari cuka apel. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa kandungan asam asetat dalam cuka apel dapat merangsang penurunan berat badan dengan meningkatkan proses pembakaran lemak serta menekan nafsu makan berlebih.

Namun, masih dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk mengetahui efektivitas cuka apel untuk menurunkan berat badan.

6. Teh jahe

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe yang dilarutkan dalam air panas ketika sarapan, bisa membuat tubuh kenyang lebih lama, mengurangi nafsu makan, serta meningkatkan metabolisme tubuh. Efek ini tentu sangat membantu Anda untuk menurunkan berat badan.

Selain beragam pilihan minuman diet di atas, Anda juga bisa mengonsumsi jus buah atau sayuran. Tidak hanya menurunkan berat badan, jus segar juga mengandung beragam nutrisi yang baik untuk kesehatan tubuh.

Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal dalam menurunkan berat badan, imbangi juga dengan olahraga secara rutin, istirahat yang cukup, serta konsumsi makanan rendah kalori.

Anda juga bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui pilihan minuman diet yang sesuai dengan kondisi kesehatan tubuh Anda. Dengan begitu Anda dapat menjalankan program penurunan berat badan dengan tepat dan aman.