Ada cukup banyak manfaat buah naga untuk bayi. Salah satunya adalah untuk mencegah sembelit dan dehidrasi. Selain bermanfaat untuk kesehatan, buah ini juga mungkin akan disukai bayi karena rasa dan teksturnya enak, serta warnanya yang menarik.

Manfaat buah naga untuk bayi bisa dirasakan oleh Si Kecil ketika ia berusia 6 bulan atau telah mendapatkan makanan pendamping ASI (MPASI). Baik buah naga merah maupun buah naga putih, keduanya sama-sama baik dikonsumsi oleh Si Kecil.

8 Manfaat Buah Naga untuk Bayi - Alodokter

Sederet Manfaat Buah Naga untuk Bayi

Buah naga termasuk salah satu jenis buah yang baik untuk bayi berkat kandungan nutrisinya yang melimpah, seperti:

  • Karbohidrat
  • Protein
  • Serat
  • Lemak
  • Mineral, seperti kalsium, fosfor, natrium, magnesium, dan zat besi
  • Vitamin, seperti vitamin A, vitamin B, dan vitamin C.

Nah, dilihat dari nutrisinya yang cukup lengkap, wajar bila manfaat buah naga untuk bayi sangat banyak. Manfaat itu antara lain:

1. Meningkatkan daya tahan tubuh

Manfaat buah naga untuk bayi yang pertama adalah meningkatkan daya tahan tubuh. Khasiat ini berasal dari kandungan antioksidan, serta vitamin A dan vitamin C. Ketiga kandungan tersebut terbukti mampu meningkatkan sistem kekebalan tubuh Si Kecil untuk melawan berbagai penyakit.

2. Melancarkan sistem cerna

Buah naga mengandung serat prebiotik, yakni makanan untuk bakteri baik di usus (probiotik). Dengan asupan prebiotik yang cukup, jumlah bakteri baik dan jahat di saluran pencernaan akan seimbang, sehingga kesehatan di saluran cerna akan terjaga dengan baik.

Selain itu, buah naga juga bisa meningkatkan pertumbuhan probiotik lactobacilli dan bifidobacteria. Di dalam usus, kedua bakteri ini bermanfaat untuk membunuh virus penyebab penyakit dan membantu mencerna makanan. Mencukupi kebutuhan serat harian juga bisa membuat BAB bayi lancar dan mencegah risiko terjadinya sembelit.

3. Menurunkan risiko terkena anemia

Bayi cukup rentan mengalami anemia, terutama bila tidak mendapatkan asupan zat besi harian yang cukup. Kondisi ini tidak boleh dianggap enteng karena anemia bisa menyebabkan berat badan Si Kecil sulit untuk naik, sehingga tumbuh kembangnya bisa terganggu.

Untuk mencegahnya, Bunda perlu memberikan makanan yang mengandung zat besi, seperti buah naga, daging, ikan, kacang-kacangan, serta sereal atau biskuit bayi yang terfortifikasi zat besi. Namun, sesuaikan tekstur makanan dengan usianya ya, Bun.

4. Mencegah dehidrasi

Buah naga banyak mengandung air dan elektrolit, sehingga baik untuk dikonsumsi oleh bayi guna mencukupi kebutuhan cairannya sehari-hari. Selain itu, buah naga juga baik dikonsumsi oleh bayi untuk mencegah dehidrasi, termasuk pada bayi yang sedang picky eating.

5. Menjaga kesehatan tulang dan gigi

Kalsium, magnesium, dan fosfor dibutuhkan untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi bayi. Ketiga kandungan ini bisa dengan mudah Bunda temukan di buah naga. Dengan mendapatkan asupan zat-zat tersebut, tulang dan gigi Si Kecil akan kuat dan tidak mudah mengalami kerusakan.

6. Memelihara kesehatan kulit

Vitamin C pada buah naga bisa membantu memelihara kesehatan kulit bayi, melindungi kulit dari bahaya sinar matahari, memperbaiki sel-sel kulit yang rusak, serta meningkatkan produksi kolagen agar kulitnya tidak kering dan tetap elastis.

7. Menjaga kesehatan organ tubuh

Buah naga mengandung aneka vitamin dan mineral yang baik untuk menjaga kesehatan organ tubuh bayi, seperti otak dan jantung. Buah naga dan bijinya banyak mengandung asam lemak omega-3 dan omega 6, serta vitamin dan mineral yang baik untuk pembentukan saraf dan otak bayi.

Meski demikian, Bunda juga perlu melengkapi asupan gizi Si Kecil dengan memberikannya makanan bergizi seimbang untuk memaksimalkan manfaat buah naga untuk bayi.

8. Mendukung tumbuh kembang

Kandungan gizi pada buah naga cukup lengkap, mengonsumsi buah ini dalam jumlah yang tepat turut mendukung tumbuh kembang buah hati agar sesuai dengan usianya. Asupan protein, karbohidrat, dan lemak pada buah naga juga bisa membantu menjaga berat badan bayi tetap ideal.

Setelah mengetahui manfaat buah naga untuk bayi, mulai sekarang Bunda bisa memberikan buah ini kepada Si Kecil sebagai camilan sehat. Bunda tidak perlu khawatir dengan biji buah naga yang banyak, karena biji buah ini sehat dan aman untuk dikonsumsi Si Kecil.

Buah naga bisa diberikan kepada bayi dalam bentuk puree, jus, atau finger food. Namun, pastikan Bunda memberikan tekstur makanan sesuai usianya agar Si Kecil tidak tersedak.

Selain memberikan buah naga, Bunda juga perlu melengkapi menu harian bayi dengan sumber nutrisi lainnya, seperti daging, ikan, telur, sayur, kacang-kacangan, dan aneka buah lainnya. Jika punya pertanyaan lebih lanjut, Bunda bisa konsultasikan langsung ke dokter, ya.