Asam traneksamat adalah obat untuk menghentikan perdarahan pada beberapa kondisi, seperti mimisan yang tidak kunjung berhenti, menorrhagia, cedera, prosedur cabut gigi, atau perdarahan pascaoperasi. Obat ini tidak boleh digunakan sembarangan dan harus sesuai dengan resep dokter.

Ketika mengalami perdarahan, tubuh akan berusaha membekukan darah untuk menghentikan perdarahan. Namun, pada beberapa kondisi, bekuan darah yang sudah terbentuk ini mudah hancur sehingga perdarahan terus terjadi.

asam-traneksamat-alodokter

Asam traneksamat bekerja dengan cara menghambat hancurnya bekuan darah yang sudah terbentuk. Dengan demikian, perdarahan bisa berhenti.

Selain digunakan untuk menghentikan perdarahan pada kondisi yang telah disebutkan di atas, asam traneksamat juga bisa digunakan pada hemofilia atau hereditary angiodema.

Merek dagang asam traneksamat: Asam Traneksamat, Asamnex, Clonex, Ethinex, Haemostop, Intermic, Kalnex, Lexatrans, Plasminex, Pytramic 500, Quanex, Tranec, Tranexamic Acid, Tranexid, Transamin, Tranxa

Apa Itu Asam Traneksamat

Golongan Obat resep
Kategori Antifibrinolitik
Digunakan oleh Dewasa
Manfaat Mengurangi atau menghentikan perdarahan pada kondisi menorrhagia, perdarahan pascaoperasi, mimisan, atau cedera, mencegah perdarahan pada pasien hemofilia, dan untuk menangani hereditary angiodema
Asam traneksamat untuk ibu hamil dan Menyusui Kategori B: Studi pada binatang percobaan tidak memperlihatkan adanya risiko terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Asam traneksamat dapat terserap ke dalam ASI, obat ini tidak boleh digunakan selama menyusui.

Bentuk Obat Tablet, kapsul, suntik

Peringatan Sebelum Menggunakan Asam Traneksamat

Asam traneksamat tidak boleh digunakan sembarangan dan harus sesuai dengan resep dokter. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum menggunakan obat ini, antara lain:

  • Jangan menggunakan asam traneksamat bila Anda alergi terhadap obat ini.
  • Jangan mengonsumsi asam traneksamat jika Anda tidak sedang menstruasi, walaupun obat ini bisa digunakan untuk mengatasi perdarahan berat pada menorrhagia.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki riwayat perdarahan subarachnoid, kejang, penyakit ginjal, stroke, gangguan penglihatan, emboli paru, atau deep vein thrombosis.
  • Beri tahu dokter jika Anda memiliki siklus menstruasi yang tidak teratur atau gangguan menstruasi lain.
  • Beri tahu dokter bahwa Anda sedang menggunakan asam traneksamat jika Anda berencana menjalani perawatan gigi atau operasi.
  • Beri tahu ke dokter mengenai obat, suplemen, atau produk herbal yang sedang Anda konsumsi.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang menggunakan kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, suntik KB, implan, atau spiral.
  • Beri tahu dokter jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Segera temui dokter jika muncul reaksi alergi obat atau overdosis setelah menggunakan asam traneksamat.

Dosis dan Aturan Pakai Asam Traneksamat

Berikut ini adalah dosis umum penggunaan asam traneksamat pada orang dewasa berdasarkan bentuk obat dan kondisi yang ditangani:

Bentuk obat: tablet dan kapsul

  • Kondisi: Menorrhagia
    1 gram, 3 kali sehari saat haid, penggunaan tidak boleh lebih dari 5 hari. Dosis dapat ditingkatkan jika terjadi perdarahan yang berat. Dosis maksimal 4 gram sehari.
  • Kondisi: Hereditary angiodema
    1–1,5 gram, 2–3 kali sehari, tergantung kondisi pasien.
  • Kondisi: Perdarahan akut
    1–1,5 gram, 2–3 kali sehari.
  • Kondisi: Perdarahan setelah tindakan cabut gigi pada pasien hemofilia
    1,5 gram, 3 kali sehari.

Bentuk obat: suntik

  • Kondisi: Perdarahan akut
    0,5–1 gram, 2–3 kali sehari, suntikan melalui pembuluh darah vena (intravena/IV), setiap 6–8 jam.

Cara Menggunakan Asam Traneksamat dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan bacalah informasi yang tertera pada label kemasan obat sebelum menggunakan asam traneksamat. Jangan menambah atau mengurangi dosis tanpa berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter.

Asam traneksamat suntik hanya diberikan oleh dokter atau petugas medis di bawah pengawasan dokter.

Asam traneksamat dalam bentuk tablet atau kapsul dapat dikonsumsi sebelum atau sesudah makan. Telan obat ini secara utuh bersama segelas air. Jangan mengunyah atau menghancurkan tablet karena dapat meningkatkan efek samping obat.

Konsumsi asam traneksamat pada jam yang sama setiap harinya. Bila lupa mengonsumsi obat ini, segera konsumsi jika jeda dengan jadwal konsumsi berikutnya belum terlalu dekat. Jika sudah dekat, abaikan dan jangan menggandakan dosis.

Untuk mengatasi perdarahan pada masa menstruasi, asam traneksamat dikonsumsi saat masa menstruasi dimulai.

Asam traneksamat digunakan untuk mengurangi darah yang ke luar selama masa menstruasi, bukan untuk menghentikan keluarnya darah. Lakukan pemeriksaan ke dokter jika perdarahan tidak membaik atau semakin memburuk.

Simpan asam traneksamat pada ruangan dengan suhu kamar dan di dalam wadah tertutup. Hindarkan dari paparan sinar matahari secara langsung dan jauhkan dari jangkauan anak-anak.

Interaksi Asam Traneksamat dengan Obat Lain

Berikut ini adalah sejumlah interaksi yang dapat terjadi jika menggunakan asam traneksamat bersamaan dengan obat-obatan lain:

  • Peningkatan risiko pembentukan gumpalan darah yang dapat menyumbat pembuluh darah, jika digunakan bersama alat kontrasepsi hormonal, seperti pil KB, implan, atau suntik KB
  • Peningkatan risiko pembentukan gumpalan darah pada penderita leukemia, jika digunakan bersama tretinoin
  • Peningkatan efektivitas dari prothrombin complex concentrate atau faktor IX
  • Penurunan efektivitas dari obat defibrotide
  • Penurunan efek obat jika digunakan bersama alteplase atau streptokinase

Efek Samping Asam Traneksamat

Sejumlah efek samping yang mungkin timbul dari penggunaan asam traneksamat tablet atau kapsul adalah: