Memiliki tubuh yang terlalu kurus sering kali berdampak pada menurunnya rasa percaya diri. Nah, ada beberapa cara menggemukkan badan secara alami yang dapat dilakukan, terutama bagi Anda yang ingin meningkatkan berat badan dan memiliki berat badan ideal.

Tahukah Anda bahwa kekurangan berat badan sama bahayanya dengan kelebihan berat badan? Jika Anda memiliki tubuh yang terlalu kurus hingga tergolong kurang gizi, ada beberapa gangguan kesehatan yang bisa Anda alami, di antaranya anemia, tulang rapuh, daya tahan tubuh lemah, hingga masalah kesuburan.

Cara Menggemukkan Badan secara Alami - Alodokter

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk meningkatkan berat badan agar kondisi kesehatan Anda tetap terjaga. Hal tersebut bisa dilakukan dengan berbagai cara menggemukkan badan secara alami.

Tips Menggemukkan Badan yang Tepat

Jika Anda hendak menambah berat badan, lakukan dengan cara yang aman dan sehat. Berikut ini adalah beberapa cara menggemukkan badan secara alami yang dapat Anda terapkan:

1. Mengonsumsi makanan lebih sering

Apabila berat badan Anda kurang sehingga tampak terlalu kurus, Anda disarankan untuk makan lebih sering. Hal ini bertujuan untuk menambah asupan kalori dan nutrisi yang diperlukan tubuh guna meningkatkan berat badan.

Jika tidak dapat menghabiskan makanan dalam porsi banyak, cobalah untuk makan dalam porsi sedikit namun lebih sering. Misalnya, dengan meningkatkan frekuensi makan hingga 5 atau 6 kali sehari, tapi dalam porsi yang lebih sedikit.

2. Memilih makanan dengan lebih cermat

Jika ingin menambah berat badan, Anda harus lebih cermat dalam memilih makanan. Pastikan makanan yang Anda konsumsi banyak mengandung nutrisi yang dapat mendukung peningkatan berat badan, misalnya protein, lemak, karbohidrat kompleks, serta beragam vitamin dan mineral.

Makanan tinggi protein dapat meningkatkan massa otot dan menambah berat badan. Sementara itu, karbohidrat dan lemak pada makanan berfungsi untuk menambah jaringan lemak dan mencukupi kebutuhan energi.

Anda bisa mendapatkan protein dan lemak dengan mengonsumsi daging, ikan, kacang-kacangan, telur, serta tahu dan tempe. Untuk mencukupi kebutuhan vitamin dan mineral, Anda bisa mengonsumsi roti gandum, gandum utuh atau sereal gandum, nasi merah, serta aneka buah dan sayuran.

3. Mengonsumsi makanan berlemak baik

Salah satu asupan nutrisi yang perlu dipenuhi untuk menggemukkan badan adalah lemak sehat atau lemak tak jenuh, seperti omega-3 dan omega-6.

Jenis lemak ini kaya akan kalori dan baik untuk memelihara kesehatan tubuh karena tidak menyebabkan penimbunan lemak di pembuluh darah atau aterosklerosis. Contoh makanan yang banyak mengandung lemak sehat adalah ikan, alpukat, telur, dan kacang-kacangan.

4. Memperbanyak minum susu

Susu dan produk olahannya, misalnya keju dan yoghurt, merupakan sumber lemak, kalori, dan protein yang baik. Tak hanya itu, susu juga banyak mengandung kalsium yang berperan penting dalam menjaga kesehatan dan kekuatan tulang serta gigi.

Dengan rutin minum susu atau mengonsumsi produk olahan susu, berat badan Anda bisa bertambah. Untuk menggemukkan badan, Anda dapat minum susu, baik susu sapi murni atau susu penggemuk badan, sebanyak 1 atau 2 gelas per hari.

5. Berolahraga secara rutin

Olahraga dan aktivitas fisik rutin juga berperan penting dalam menggemukkan badan. Dengan berolahraga secara rutin, terutama latihan kekuatan, berat badan akan meningkat. Tak hanya itu, olahraga juga diketahui dapat meningkatkan nafsu makan, sehingga asupan kalori dan nutrisi Anda bisa lebih tercukupi.

6. Tidak merokok

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa orang yang sering merokok lebih berisiko mengalami berat badan berlebih atau justru kurang. Kebiasaan kurang sehat ini juga diketahui dapat meningkatkan risiko penyakit jantung dan diabetes. Oleh karena itu, jika Anda ingin menggemukkan badan, segera hentikan kebiasaan merokok, ya.

7. Beristirahat yang cukup

Untuk meningkatkan berat badan dan menjaganya tetap ideal, Anda disarankan untuk istirahat atau tidur yang cukup setiap malamnya. Tidur yang cukup diketahui berperan dalam mendukung proses pembentukan jaringan tubuh. Waktu tidur ideal bagi orang dewasa adalah 7–9 jam setiap malam.

Selain dengan berbagai cara menggemukkan badan secara alami di atas, Anda juga disarankan untuk membatasi atau menghindari konsumsi makanan cepat saji. Hal ini dikarenakan makanan tersebut tidak sehat dan rendah akan kandungan nutrisi yang diperlukan tubuh.

Perlu diingat pula bahwa proses menggemukkan badan tidak ada yang instan. Anda membutuhkan waktu dan usaha yang konsisten untuk mendapatkan berat badan yang Anda inginkan.

Jika Anda sudah menerapkan berbagai cara menggemukkan badan secara alami, tetapi berat badan belum juga bertambah, sebaiknya konsultasikan masalah tersebut ke dokter. Dokter akan melakukan pemeriksaan fisik dan mengevaluasi status gizi Anda.

Setelah itu, dokter dapat memberikan penanganan, misalnya dengan menyarankan pola makan sehat atau meresepkan obat dan suplemen untuk membantu Anda menggemukkan badan.