Kerang abalone merupakan salah satu bahan makanan yang telah dikenal dalam dunia kuliner sejak ribuan tahun lalu. Daging kerang abalone dipercaya dapat memberikan banyak manfaat bagi kesehatan karena mengandung berbagai nutrisi yang baik bagi tubuh.

Di Indonesia, kerang abalone (Haliotis discus hannai) mungkin masih jarang dikonsumsi dan tidak sepopuler jenis kerang lainnya. Namun, hewan yang sering dikonsumsi sebagai makanan laut ini memiliki segudang nutrisi yang baik bagi kesehatan tubuh. Apa saja nutrisi-nutrisi yang terkandung dalam kerang abalone?

Kerang Abalone, Menilik Manfaat Beserta Kandungan Nutrisi di Dalamnya - Alodokter

Berbagai Nutrisi dalam Kerang Abalone dan Manfaatnya

Berikut ini adalah berbagai jenis nutrisi yang terkandung dalam 100 gram kerang abalone dan manfaatnya bagi tubuh:

1. Protein

Dalam seporsi kerang abalone, terkandung sekitar 34 gram protein. Nutrisi ini merupakan salah satu nutrisi penting yang perlu dipenuhi oleh tubuh setiap harinya. Hal ini dikarenakan protein memiliki beragam manfaat berikut ini:

  • Menjadi salah satu sumber energi
  • Membangun sel dan jaringan tubuh, termasuk sel tubuh yang rusak
  • Menghasilkan antibodi untuk melawan kuman penyebab penyakit
  • Mendukung tumbuh kembang anak
  • Meningkatkan massa dan kekuatan otot serta tulang
  • Meningkatkan metabolisme dan pembakaran lemak
  • Menurunkan tekanan darah
  • Mengontrol berat badan

2. Kalium

Kerang abalone dalam takaran saji 100 gram mengandung sekitar 450 miligram kalium. Hal ini menjadikan abalone sebagai salah satu sumber kalium yang baik bagi kesehatan tubuh. Jumlah kalium dalam abalone tersebut sudah mencukupi 10% kebutuhan kalium harian Anda.

Asupan kalium penting untuk dipenuhi setiap hari karena dapat memberikan beberapa manfaat, seperti:

  • Memelihara fungsi dan kesehatan saraf
  • Menunjang gerak tubuh
  • Mengatur irama detak jantung
  • Menjaga keseimbangan cairan tubuh
  • Menurunkan tekanan darah dan menjaganya tetap stabil
  • Menurunkan risiko terjadinya penyakit tertentu, seperti hipertensi, stroke, osteoporosis, dan batu ginjal

3. Fosfor

Fosfor berperan penting dalam pembentukan tulang dan gigi. Mineral ini juga berperan dalam proses metabolisme lemak, karbohidrat, dan protein menjadi energi. Semua manfaat tersebut bisa dirasakan dengan mengonsumsi kerang abalone yang mengandung sekitar 280 miligram fosfor.

Jumlah fosfor dalam seporsi kerang abalone tersebut sudah mencukupi kebutuhan fosfor harian sebesar 40%.

4. Magnesium

Kerang abalone mengandung sekitar 90–95 miligram magnesium yang berfungsi untuk menunjang pertumbuhan dan pembentukan tulang, mengontrol tekanan darah, mengurangi risiko terjadinya penyakit kardiovaskular dan diabetes tipe 2, serta mencegah migrain.

Tak hanya itu, magnesium yang banyak terkandung pada abalone juga bermanfaat untuk menjaga suasanan hati tetap baik, serta mengurangi risiko terjadinya depresi.

5. Kalsium

Kalsium merupakan mineral penting yang berfungsi untuk membentuk jaringan dan gigi yang kuat, mengatur kontraksi otot dan detak jantung, serta menunjang proses pembekuan darah saat terjadi luka.

Kalsium memang banyak terkandung pada susu dan olahannya, misalnya keju dan yoghurt. Namun, asupan nutrisi ini juga banyak terdapat pada kerang abalone. Di dalam sekitar 100 gram kerang abalone, terkandung setidaknya 60 miligram kalsium.

6. Kolin

Kerang abalone juga dikenal sebagai sumber asupan kolin. Asupan kolin yang dibutuhkan oleh pria dewasa adalah sekitar 550 miligram per hari, sedangkan wanita dewasa membutuhkan sekitar 450 miligram kolin per hari. Sementara dalam seporsi abalone, terkandung sekitar 130 miligram kolin.

Kolin merupakan nutrisi yang memainkan banyak peran penting dalam tubuh, seperti membantu proses perbaikan sel dan jaringan tubuh, mendukung kinerja saraf dan jantung, meningkatkan memori dan daya konsentrasi, serta menurunkan risiko terjadinya penyakit tertentu, seperti stroke dan penyakit jantung.

Kolin juga berperan penting untuk mendukung pertumbuhan dan perkembangan otak janin.

7. Vitamin E

Abalone juga mengandung sekitar 8 miligram vitamin E. Vitamin ini baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mata, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh dalam melawan penyakit dan infeksi.

Tak hanya berbagai nutrisi di atas, kerang abalone juga mengandung berbagai nutrisi lain yang tak kalah pentingnya bagi kesehatan tubuh, seperti:

  • Karbohidrat
  • Vitamin A
  • Vitamin B
  • Vitamin K
  • Zinc
  • Selenium
  • Zat besi

Walau bernutrisi tinggi, Anda tidak disarankan untuk terlalu banyak mengonsumsi kerang abalone. Hal ini dikarenakan abalone mengandung kolesterol dan garam (natrium) yang cukup tinggi.

Dalam seporsi abalone, terkandung sekitar 170 miligram kolesterol dan 900 miligram natrium. Jika kedua asupan tersebut dikonsumsi secara berlebihan, hal ini juga tidak baik bagi kesehatan tubuh Anda.

Oleh karena itu, Anda juga perlu mencukupi kebutuhan nutrisi sehari-hari dengan mengonsumsi makanan bergizi lainnya, seperti sayur dan buah-buahan.

Selain itu, Anda juga mungkin perlu membatasi konsumsi abalone apabila memiliki penyakit tertentu, seperti hipertensi dan kolesterol tinggi. Apabila masih memiliki pertanyaan seputar manfaat kerang abalone beserta kandungan nutrisi di dalamnya, Anda dapat berkonsultasi ke dokter.