Cara cepat menurunkan kolesterol secara alami bukanlah suatu hal yang mustahil. Anda bahkan bisa melakukannya tanpa dengan mudah. Untuk lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini terkait cara menurunkan kolesterol dengan cepat dan alami.

 

Kolesterol memiliki peranan yang penting dalam tubuh. Akan tetapi, jika kadarnya di dalam darah terlalu tinggi, kolesterol dapat menimbulkan berbagai dampak buruk bagi kesehatan, misalnya penyakit jantung.

Ketahui Cara Cepat Menurunkan Kolesterol di Sini - Alodokter

Begini Cara Cepat Menurunkan Kolesterol secara Alami

Pada dasarnya, cara cepat menurunkan kolesterol yang paling efektif adalah dengan menggunakan obat-obatan penurun kolesterol. Namun, ada juga beberapa cara alami yang dinilai dapat menurunkan kolesterol dengan cepat, yaitu:

1. Konsumsi makanan penurun kolesterol

Jika memiliki kadar kolesterol tinggi, sudah seharusnya Anda mengubah pola makan menjadi lebih sehat dan bergizi seimbang. Selain itu, perbanyaklah konsumsi makanan penurun kolesterol, seperti biji-bijian utuh, kacang-kacangan, buah-buahan, minyak zaitun, serta beragam jenis ikan seperti ikan tuna, ikan salmon, dan ikan tenggiri.

2. Batasi asupan lemak

Lemak adalah nutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Namun jika Anda memiliki kolesterol tinggi, hindari konsumsi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans. Makanan-makanan tersebut bisa meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam darah.

Oleh sebab itu, mulailah membatasi asupan tinggi lemak jenuh dan trans, seperti makanan cepat saji, mentega, gorengan, dan aneka bolu dan kue.

3. Berhenti merokok

Berhenti merokok adalah cara cepat menurunkan kolesterol yang tidak boleh dilewatkan. Merokok ataupun sekadar menghirup asap rokok dari orang lain mampu meningkatkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menurunkan kadar kolesterol baik (HDL) dalam darah Anda.

Selain itu, merokok juga dapat membuat masalah pada dinding pembuluh darah, termasuk pembuluh darah jantung dan otak. Kondisi ini akan sangat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner dan stroke jika disertai dengan kolesterol tinggi.

4. Batasi konsumsi minuman beralkohol

Sebuah penelitian menunjukkan bahwa minuman beralkohol yang dikonsumsi dalam jumlah sedang bisa meningkatkan kadar HDL. Namun, minum alkohol untuk mengurangi kadar kolesterol sangat tidak dianjurkan, karena risiko alkohol untuk menyebabkan penyakit cenderung lebih besar daripada manfaatnya.

Konsumsi alkohol berlebihan dapat meningkatkan jumlah LDL yang teroksidasi. Jika ini terjadi, pembuluh darah akan lebih rentan terhadap aterosklerosis. Artinya, risiko terjadinya penyakit kardiovaskular menjadi lebih tinggi.

5. Rutin berolahraga

Olahraga dipercaya mampu meningkatkan HDL. Kadar HDL yag optimal sangat penting untuk menurunkan kolesterol secara cepat, karena kolesterol baik ini berperan sebagai pengangkut kolesterol jahat di darah untuk kembali ke hati.

Tidak hanya itu, olahraga juga bermanfaat untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah, serta dapat menurunkan berat badan Anda. Maka dari itu, setidaknya lakukan olahraga selama 30 menit setiap hari, seperti bersepeda, berenang, jogging, dan senam aerobik.

6. Mengonsumsi suplemen

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa suplemen minyak ikan yang kaya akan asam lemak omega-3 dipercaya mampu menurunkan kolesterol dan meningkatkan kesehatan jantung Anda. Pastikan Anda mengikuti aturan pakai yang tertera pada label kemasan.

Kolesterol memiliki fungsi penting dalam tubuh, namun kolesterol juga bisa menyebabkan tersumbatnya pembuluh darah dan penyakit jantung saat kadarnya tidak terkontrol. Oleh karena itu, kadar kolesterol darah perlu dikendalikan dengan gaya hidup sehat supaya tetap dalam batas yang normal.

Terapkanlah cara cepat menurunkan kolesterol di atas dalam kehidupan sehari-hari Anda. Selain itu, Anda juga tetap disarankan untuk berkonsultasi ke dokter secara berkala untuk memeriksa kadar kolesterol dan kondisi kesehatan Anda.