Meski tidak berbahaya, munculnya komedo putih kerap mengganggu penampilan. Namun, Anda tidak perlu khawatir, karena ada beragam cara mengatasi komedo putih yang bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Dengan demikian, kulit wajah bersih dan mulus pun dapat terwujud.  

Komedo putih (whiteheads) biasanya muncul di wajah, dada, dan punggung. Jenis komedo ini disebut juga sebagai komedo tertutup, karena ujungnya tertutup oleh kulit sehingga terlihat menyerupai bintik putih kecil.

4 Cara Mengatasi Komedo Putih agar Kulit Wajah Bersih dan Berseri - Alodokter

Komedo putih terbentuk ketika minyak, kotoran, dan sel kulit mati menumpuk di pori-pori kulit. Kondisi ini akan menimbulkan benjolan pada permukaan kulit, tetapi tidak disertai radang dan juga rasa sakit.

Beragam Cara Mengatasi Komedo Putih

Karena tertutup oleh kulit, cara mengeluarkan komedo putih tidak semudah mengeluarkan komedo hitam. Namun, ada beragam cara untuk menghilangkan komedo putih yang dapat Anda lakukan, mulai dari perawatan rumahan dengan bahan alami hingga perawatan oleh dokter. Berikut ini adalah beberapa caranya:

1. Pastikan untuk membersihkan wajah secara rutin

Bersihkan wajah secara teratur setidaknya dua kali sehari menggunakan sabun wajah berbahan lembut. Hindari menggosok wajah terlalu keras dan jangan gunakan sabun yang mengandung alkohol, detergen, atau scrub. Bahan-bahan ini dapat menyebabkan iritasi kulit dan justru akan membuat komedo semakin parah.

Selain itu, gunakan air hangat saat membilas wajah atau tubuh saat muncul komedo putih. Anda juga disarankan untuk melakukan eksfoliasi setiap minggunya untuk menghilangkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori.

2. Gunakan obat jerawat

Untuk menghilangkan komedo putih, pilihlah obat jerawat yang mengandung asam salisilat, benzoil peroksida, atau retinoid.

Kandungan asam salisilat berfungsi untuk mengurangi produksi minyak berlebih dan membersihkan sel-sel kulit mati agar tidak menyumbat pori-pori. Asam salisilat tersedia dalam bentuk toner dan obat oles berbentuk krim atau gel.

Sementara itu, benzoil peroksida berfungsi untuk membasmi bakteri dan minyak berlebih. Anda dapat menggunakan produk yang mengandung benzoil peroksida setidaknya 1 kali sehari dan bisa 2 kali sehari jika wajah sudah beradaptasi. Pilihlah produk obat jerawat dengan kadar benzoil peroksida setidaknya 2%.

Krim dengan bahan dasar retinoid juga dapat digunakan sebagai perawatan komedo putih. Retinoid sendiri merupakan turunan vitamin A yang berfungsi untuk membersihkan pori-pori tersumbat dan sebagai antipenuaan. Jika Anda memiliki kulit kering atau sensitif, cobalah menggunakan produk berbahan retinoid 2 hari sekali.

Sebelum menggunakan obat jerawat, pastikan untuk membersihkan wajah terlebih dahulu. Hindari menggunakan obat jerawat secara berlebihan dan periksakan diri ke dokter apabila terjadi keluhan setelah pemakaian, seperti timbul ruam kulit, bengkak, gatal, atau lecet.

3. Gunakan bahan-bahan alami

Ada beberapa bahan alami yang bisa Anda gunakan untuk mengatasi masalah komedo putih, seperti tea tree oil, lidah buaya, dan witch hazel. Ketiga bahan ini dapat Anda temukan dalam produk perawatan kulit wajah, seperti masker atau pembersih wajah.

Tea tree oil dipercaya dapat membersihkan komedo putih karena memiliki sifat antiradang dan antibakteri alami. Sementara itu, lidah buaya banyak ditemukan dalam produk perawatan kulit untuk wajah berjerawat.

Dalam mengatasi komedo putih, witch hazel bekerja dengan cara membuka pori-pori kulit. Anda bisa menemukan kandungan witch hazel dalam bentuk astringent, yang cukup diusapkan ke wajah menggunakan kapas sebanyak 2 kali sehari.

4. Hindari paparan sinar matahari

Untuk mencegah komedo putih semakin berkembang, hindari paparan sinar matahari secara langsung. Jika akan beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa untuk selalu menggunakan tabir surya. Pastikan tabir surya yang Anda gunakan bebas minyak atau berlabel noncomedogenic.

Komedo putih memang terasa mengganggu. Namun, jangan memencetnya tanpa pengawasan dokter, karena justru akan memperburuk dan membuat komedo menjadi lebih sulit dihilangkan. Di samping itu, memencet komedo putih juga dapat membuat kulit iritasi dan infeksi, serta meninggalkan bekas.

Bila komedo putih tak kunjung hilang atau justru berkembang menjadi jerawat yang parah setelah melakukan beragam perawatan kulit seperti yang telah disebutkan di atas, segera berobat ke dokter. Komedo putih dapat berkembang menjadi nodul atau kista yang berisiko menimbulkan jaringan parut.