Bila Anda sedang menjalani program penurunan berat badan, ada beberapa jenis makanan yang harus dihindari saat diet. Selain untuk mencapai berat badan ideal, makanan yang sehat dan bergizi seimbang juga dapat menjaga kesehatan tubuh Anda

Kunci utama agar berhasil menurunkan berat badan adalah dengan membatasi jenis makanan yang dikonsumsi. Beragam makanan tinggi kalori, gula, karbohidrat, dan lemak jenuh adalah makanan yang harus Anda hindari selama diet

Inilah Daftar Makanan yang Harus Dihindari saat Diet - Alodokter

Daftar Makanan yang Harus Dihindari Saat Diet

Berikut ini adalah beberapa jenis makanan yang dapat menghambat program diet Anda:

1. Kentang goreng dan keripik kentang

Kentang adalah salah satu pilihan makanan sehat, asalkan pengolahannya bukan dengan cara digoreng. Proses penggorengan membuat kandungan kalori dan minyak di dalam kentang menjadi lebih tinggi. Selain itu, konsumsi makanan tinggi lemak, termasuk kentang goreng, juga dapat meningkatkan risiko kanker.

Sebagai gantinya, Anda bisa memasak kentang dengan cara yang lebih sehat, seperti direbus, dikukus, atau dipanggang. Beberapa metode pengolahan kentang tersebut juga baik untuk menjaga nilai nutrisi di dalam kentang.

2. Kue

Kue umumnya dibuat dari tepung, gula, dan mentega. Campuran bahan ini menyebabkan banyak jenis kue mengandung tinggi kalori, tetapi rendah nutrisi. Selain itu, konsumsi kue saat diet justru bisa membuat Anda mudah lapar dan ingin makan lebih banyak.

Jika Anda tetap ingin mengonsumsi makanan manis selama diet, cokelat hitam bisa dijadikan pilihan. Jenis cokelat ini tak hanya kaya akan antioksidan, tetapi juga bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

3. Es krim

Es krim sering kali menjadi pilihan makanan yang dikonsumsi saat cuaca panas, karena rasanya yang nikmat dan menyegarkan. Padahal, es krim memliki kadar gula dan kalori yang sangat tinggi.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk menghindari es krim kemasan dan menggantinya dengan membuat es krim sendiri di rumah menggunakan bahan-bahan yang lebih sehat dan alami.

Tak hanya lebih rendah kalori, es krim yang dibuat dengan bahan yoghurt dan buah-buahan juga dapat memberikan manfaat yang baik bagi kesehatan tubuh.

4. Roti putih

Mengonsumsi roti putih dengan selai memang bisa menjadi pilihan sarapan yang praktis dan mengenyangkan. Namun, selama diet, Anda sebaiknya mengganti roti putih dengan oats atau roti gandum utuh yang lebih tinggi serat sehingga membuat Anda kenyang lebih lama.

Sebuah penelitian juga menunjukkan bahwa diet rendah kalori dengan menu roti gandum utuh dapat menghilangkan lebih banyak lemak perut daripada diet dengan menu roti putih dan nasi putih.

5. Makanan siap saji

Makanan siap saji umumnya tinggi kalori, kolesterol dan garam, serta rendah nutrisi. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, jenis makanan ini dapat menyebabkan peningkatan berat badan.

Selain itu, konsumsi makanan siap saji secara berlebihan juga dapat meningkatkan risiko terjadinya diabetes, penyakit jantung, dan kolesterol tinggi.

Oleh karena itu, agar program diet berhasil dan kesehatan tubuh tetap terjaga, sebaiknya hindari konsumsi makanan siap saji dan perbanyak konsumsi makanan sehat yang mengandung nutrisi seimbang.

6. Makanan dengan gula tambahan

Produk makanan berlabel rendah lemak atau bebas lemak tidak selamanya sehat. Hal ini karena gula tambahan, seperti sukrosa, fruktosa, dan maltosa, sering kali ditambahkan untuk memperkuat rasa makanan tersebut.

Konsumsi gula yang berlebihan juga bisa meningkatkan risiko terjadinya diabetes, obesitas, dan penyakit jantung.

7. Minuman kemasan

Minuman manis kemasan, seperti soda, kopi kalengan, dan jus buah kemasan, memiliki kadar gula dan kalori yang tinggi. Apabila dikonsumsi secara berlebihan, jenis minuman ini dapat memberikan dampak buruk bagi kesehatan dan meningkatkan berat badan.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda mengonsumsi jus buah murni yang tidak diberikan gula tambahan. Selain lebih sehat, kebutuhan serat harian pun dapat tercukupi.

Selain membatasi berbagai jenis makanan dan minuman di atas, Anda juga disarankan berolahraga secara rutin setidaknya 30 menit sehari untuk meningkatkan metabolisme tubuh dan membuat tubuh membakar lebih banyak kalori. Dengan demikian, hasil diet pun dapat diperoleh secara maksimal.

Mencapai berat badan ideal tidak dapat diperoleh secara singkat dan instan. Diperlukan konsistensi, disiplin, dan tentunya kesabaran dalam menjalaninya.

Namun, bila Anda belum berhasil mencapai berat badan ideal walau telah menjauhi berbagai jenis makanan yang harus dihindari saat diet seperti yang telah disebutkan di atas, sebaiknya konsultasikan ke dokter untuk menentukan rencana diet yang sesuai dengan kondisi Anda.