Di usia 1 tahun, anak umumnya akan memperlihatkan kemampuan yang pesat, mulai dari kemampuan gerak hingga bicaranya. Agar tumbuh kembangnya optimal, penting bagi orang tua untuk memberikan makanan anak 1 tahun secara tepat.

Menginjak usia 1 tahun, sudah waktunya anak diberi makan tiga kali sehari yang diselingi dengan pemberian camilan di antara waktu-waktu makan tersebut. Yang penting untuk diperhatikan di sini adalah berikan anak makanan yang bervariasi. Makin banyak variasinya, makin banyak pula nutrisi yang diperoleh.

Makanan Anak 1 Tahun, Ini Ragam Pilihannya - Alodokter

Rekomendasi Makanan Anak 1 Tahun

Meski tidak ada ketentuan mengenai makanan anak 1 tahun, Anda tetap harus memperhatikan kandungan nutrisinya. Berikut adalah beberapa makanan yang bisa menjadi pilihan bagi anak usia 1 tahun:

1. Nasi cokelat

Nasi cokelat atau brown rice bisa menjadi pilihan makanan sumber energi yang baik bagi anak 1 tahun. Hal ini karena nasi cokelat mengandung lebih banyak nutrisi dibandingkan dengan nasi putih. mulai dari karbohidrat, serat, vitamin B, protein, hingga mineral yang meliputi zat besi, zinc, mangan, dan magnesiu

2. Oatmeal

Oatmeal adalah salah satu makanan sumber serat terbaik bagi anak usia 1 tahun. Selain mudah dikunyah dan ditelan, makanan ini mengandung beragam nutrisi penting untuk kesehatan tubuh anak, terutama dalam menjaga kesehatan pencernaannya.

3. Daging ayam

Pilihan makanan anak 1 tahun yang berikutnya adalah daging ayam. Kandungan protein dan vitamin B6 di dalamnya sangat membantu untuk mempercepat pertumbuhan anak.

Dalam menyajikan daging ayam untuk SI Kecil, Anda perlu memotongnya kecil-kecil atau dihaluskan dengan blender agar mudah dikunyah dan mencegah tersedak.

4. Daging merah

Kebaikan daging merah terletak pada kandungan zat besi di dalamnya. Zat besi mudah diserap oleh tubuh dan berpotensi dalam membantu perkembangan otak anak 1 tahun.

Berikan daging merah pada Si Kecil sebanyak 2āˆ’3 saja dalam seminggu. Penyajiannya sama dengan daging ayam.

5. Ikan

Ikan termasuk makanan tinggi asam lemak esensial yang baik dikonsumsi oleh anak usia 1 tahun. Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan kesehatan serta perkembangan otak anak.

Dari beragam jenis ikan, ikan salmon merupakan salah satu pilihan yang sangat baik karena kaya akan nutrisi dengan jenis yang beragam, seperti kalium, selenium, dan vitamin B12.

6. Wortel

Wortel sangat kaya akan beta-karoten. Senyawa antioksidan yang memberi warna oranye pada wortel ini dapat diubah tubuh Si Kecil menjadi vitamin A, sehingga berpotensi dalam menjaga kesehatan matanya.

7. Tomat

Tomat sangat penting dimasukkan ke dalam daftar makanan anak 1 tahun. Selain menjadi sumber vitamin C yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh, tomat juga kaya akan senyawa likopen yang mampu mencegah kanker dan penyakit jantung.

8. Alpukat

Bila ingin memberikan camilan sehat pada Si Kecil, alpukat adalah pilihan yang sangat tepat. Selain dikenal kaya akan protein, alpukat juga mengandung asam lemak tak jenuh tunggal yang juga dapat membantu mencegah penyakit jantung.

9. Brokoli

Dari beragam jenis sayuran, brokoli menjadi pilihan yang sangat baik untuk diberikan pada anak 1 tahun. Hal ini karena brokoli memiliki nutrisi yang cukup banyak, mulai dari serat, vitamin C, beta-karoten, hingga mineral berupa zat besi dan kalium.

10. Susu

Meski makanan anak 1 tahun sudah banyak jenisnya, Anda tetap dianjurkan untuk memberikan susu pada Si Kecil. Hal ini karena susu mengandung kalsium dan vitamin D yang sangat baik untuk pertumbuhan tulang dan giginya.

Memberi makanan pada anak usia 1 tahun bisa dibilang gampang-gampang susah. Gampang karena sudah banyak jenis makanan yang bisa diberikan, namun bisa menjadi sulit jika anak susah makan dan cenderung memilih-milih makanan.

Agar asupan gizi seimbangnya tetap terjaga, berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan:

  • Berikan Si Kecil makanan di waktu yang sama dan hindari memberikan camilan berlebihan di sela waktu makannya.
  • Variasikan bentuk makanan, agar ia lebih tertarik mencicipi makanan tersebut, terutama pada makanan baru.
  • Jauhkan televisi, gadget, atau hal-hal yang dapat mengalihkan perhatiannya saat makan.
  • Ajak Si Kecil ikut terlibat dalam menyiapkan makanan, agar hal ini bisa memicu atau membangkitkan selera makannya

Untuk memastikan kecukupan gizi anak 1 tahun, dianjurkan untuk membuat daftar menu makanan secara harian atau mingguan. Selain itu, jangan ragu untuk mengenalkan beragam makanan baru kepada Si Kecil secara bertahap.

Itulah beragam jenis makanan anak 1 tahun yang bisa Anda berikan kepada Si Kecil di usia tersebut agar tumbuh kembangnya menjadi optimal. Namun, bila Si Kecil tetap susah makan meski berbagai upaya telah Anda lakukan, konsultasikanlah ke dokter anak untuk mendapatkan solusi dan pilihan makanan yang perlu diberikan.