Penanganan obesitas bertujuan untuk menurunkan berat badan pasien sampai mencapai berat badan ideal kemudian mempertahankannya, serta menurunkan risiko penyakit terkait obesitas. Metode penanganannya bermacam-macam, seperti dijelaskan di bawah ini:

Diet

Langkah utama dalam menurunkan berat badan adalah membatasi asupan kalori harian dengan tanpa melewati jadwal makan. Namun, perlu diingat, makanan yang dikonsumsi harus yang bergizi lengkap dan seimbang.

Cara yang dapat dilakukan adalah mengganti makanan atau minuman tinggi kalori dengan pilihan makanan yang mengandung banyak serat, seperti sayur dan buah-buahan. Pasien juga dianjurkan untuk membatasi makanan cepat saji dan makanan atau minuman yang mengandung pemanis.

Olahraga

Rutin berolahraga dengan intensitas sedang dapat membantu membakar kalori dan mencapai berat badan ideal. Jenis latihan fisik yang dapat dilakukan antara lain jalan cepat, bersepeda, atau berenang. Waktu olahraga yang direkomendasikan adalah 30 menit setiap hari.

Konseling

Metode ini bertujuan untuk membantu pasien memahami dan mencegah hal-hal yang dapat memicu peningkatan nafsu makan. Konseling, baik secara individu maupun berkelompok, juga dapat membantu pasien mengelola stres dengan baik guna menghindari stress eating.

Obat-obatan

Konsumsi obat penurun berat badan dapat dilakukan bersamaan dengan perubahan pola makan, olahraga, dan konseling. Namun, penting untuk diingat, penggunaan obat ini harus disertai dengan resep dokter.

Jenis obat penurun berat badan tersebut antara lain:

  • Bupropion-naltrexone
  • Liraglatide
  • Orlistat
  • Phentermine-toparamate

Operasi

Bila metode di atas sudah tidak efektif dalam menangani obesitas, dokter akan melakukan operasi bariatrik. Operasi ini dilakukan dengan membuat perubahan pada sistem pencernaan. Beberapa metode yang dapat dilakukan adalah:

  • Gastric bypass surgery
    Operasi gastric bypass bertujuan untuk mengurangi penyerapan kalori oleh tubuh. Prosedur ini dilakukan dengan mengecilkan ukuran lambung dan langsung menghubungkannya ke usus halus.
  • Adjustable gastric banding
    Operasi ini dilakukan dengan mengikat lambung sehingga ukuran lambung menjadi lebih kecil. Tujuannya adalah agar pasien merasa kenyang setelah makan dalam porsi kecil.
  • Gastric sleeve
    Pada operasi ini, dokter akan mengangkat sebagian lambung agar lambung menjadi lebih kecil. Dengan begitu, pasien akan cepat kenyang meski makan dalam porsi sedikit.