Ada beragam tips awet muda untuk pria yang dapat dilakukan sendiri di rumah dengan mudah. Menjaga tubuh agar tetap awet muda memiliki banyak manfaat bagi pria, mulai dari menjaga kepercayaan diri hingga membantu menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh.

Pria kerap kali mengabaikan berbagai hal yang berkaitan dengan perawatan tubuh. Padahal, perawatan tubuh dapat membantu mereka tetap awet muda, dan sebenarnya merupakan aktivitas yang bisa dilakukan sendiri di rumah dengan mudah.

Tips Awet Muda untuk Pria Ini Mudah dan Efektif - Alodokter

Beragam Tips Awet Muda untuk Pria

Berikut ini adalah beberapa tips awet muda untuk pria yang dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Merawat wajah

Ketika menilai seseorang awet muda atau tidak, hal pertama yang diperhatikan biasanya adalah kulit, terutama pada bagian wajah. Maka dari itu, penting bagi pria untuk merawat wajah dengan menggunakan pembersih serta pelembap kulit wajah setiap harinya.

Selain itu, batasi paparan langsung sinar matahari yang terlalu lama dan gunakan tabir surya karena paparan sinar ultraviolet berlebih dari matahari bisa memicu keriput. Anda bisa menyesuaikan produk perawatan dengan jenis kulit wajah Anda.

2. Mengonsumsi makanan bernutrisi seimbang

Mengonsumsi makanan yang mengandung nutrisi lengkap dan bervariasi, seperti buah, sayuran, daging ayam, daging sapi, telur, maupun ikan, disertai dengan karbohidrat seperti nasi atau kentang dalam porsi yang seimbang, dapat membantu Anda tetap sehat dan bugar.

Mengonsumsi makanan yang kaya akan antioksidan juga dapat membantu memperlambat penuaan. Anda bisa mengonsumsi teh hijau, cokelat atau kakao tanpa bahan tambahan, brokoli, buah delima, alpukat, dan tomat.

Selain itu, minum air sebanyak 6–8 gelas per hari juga dapat menaikkan metabolisme serta membantu kulit tetap lembap dan lebih cerah, sehingga Anda tampak lebih sehat dan awet muda.

3. Menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol

Merokok dapat mempercepat proses penuaan kulit Anda karena nikotin dalam rokok dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah pada lapisan terluar kulit. Hal tersebut akan menyebabkan aliran darah ke kulit menjadi terhambat, sehingga kulit Anda tidak mendapat oksigen dan nutrisi yang cukup.

Sama halnya dengan merokok, alkohol juga dapat membuat kulit Anda dehidrasi, kering, dan menua lebih cepat. Selain itu, alkohol juga dapat menyebabkan tubuh melepaskan hormon stres lebih banyak, dan hal ini dapat mempercepat proses penuaan.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk menghentikan kebiasaan merokok dan mengonsumsi alkohol agar kulit Anda tetap awet muda. Walau berhenti merokok dan mengonsumsi alkohol tidak dapat mengurangi kerutan yang sudah ada, hal tersebut bisa mencegah timbulnya kerutan-kerutan baru.

4. Mencukupi waktu tidur

Tidur sangat penting dalam menjaga kesehatan dan penampilan Anda. Umumnya, orang dewasa membutuhkan 6–8 jam tidur setiap malamnya. Kurang tidur bisa mengakibatkan terbentuknya kantung gelap di bawah mata yang dapat membuat Anda tampak lebih tua.

5. Berolahraga secara teratur

Olahraga. seperti latihan aerobik, sangat bagus untuk jantung, otak, dan peredaran darah Anda. Melakukan olahraga secara teratur juga akan membantu pria awet muda karena dapat membantu menjaga berat badan, meningkatkan stamina dan ketahanan tubuh, serta membentuk tubuh lebih atletis.

6. Menjaga kesehatan gigi

Tampilan gigi yang bersih dapat membuat seseorang terlihat awet muda. Biasakan menyikat gigi secara teratur. Jika perlu, konsultasi ke dokter gigi untuk perawatan khusus guna memperbaiki tampilan gigi yang rusak atau membersihkan karang gigi dan memutihkan gigi agar tampak lebih bersih dan segar.

7. Merawat rambut

Meskipun usia bertambah, Anda tetap harus peduli dengan gaya dan kesehatan rambut. Jika Anda ingin menutupi uban pada rambut Anda, pilihlah warna yang alami. Selain itu, perhatikan pula rambut-rambut yang tumbuh berlebihan seperti pada telinga atau punggung. Demikian pula dengan rambut pada hidung atau alis yang tidak teratur, sebaiknya dirapikan secara rutin.

8. Ubah penampilan

Gaya berpakaian juga dapat membuat seseorang terlihat awet muda. Pilihlah pakaian sesuai tren, namun sesuaikan dengan gaya pribadi Anda. Jangan ikuti tren secara berlebihan.

Pelihara juga janggut dan kumis agar Anda terlihat lebih awet muda. Terlebih jika Anda memiliki garis leher yang kendur, memelihara janggut yang rapi dan pendek dapat menjadi cara yang baik untuk menyembunyikan garis leher tersebut.

Tidak perlu menjalani operasi plastik untuk mengubah wajah jadi tampil lebih muda. Menjalani pola hidup sehat, yakni dengan cara menjaga kualitas tidur, olahraga, perawatan kulit, serta pola makan dapat menjadi langkah sederhana sebagai tips awet muda untuk pria.

Selain menunjang penampilan dan kepercayaan diri, pola hidup sehat yang Anda lakukan untuk menjaga diri tetap awet muda juga dapat membantu Anda menjaga kesehatan secara menyeluruh. Jadi dengan bertambahnya usia, bukan berarti kondisi fisik dan produktivitas Anda pasti menurun.

Meski sebenarnya sederhana, tips awet mudah untuk pria bisa terlihat rumit bagi sebagian orang. Jika Anda masih bingung dan memiliki pertanyaan terkait perawatan diri untuk awet muda, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter, ya.