Verile adalah rangkaian produk skin care untuk kulit berjerawat. Produk ini bermanfaat untuk membantu mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam bekas jerawat, serta mengurangi minyak dan kotoran di wajah.

Rangkaian produk Verile terdiri dari obat jerawat berbentuk gel, sabun cuci muka, dan krim wajah. Verile memiliki kandungan bahan aktif yang bervariasi di tiap produknya.

VERILE - Alodokter

Jenis dan Kandungan Bahan Aktif Produk Verile

Berikut adalah 3 varian produk Verile beserta bahan aktif yang terkandung di dalamnya:

Verile Acne Gel

Verile Acne Gel mengandung bahan aktif asam salisilat, allantonin, dan vitamin B3. Kombinasi tiga bahan aktif ini bekerja meredakan peradangan (bengkak dan merah) pada kulit yang berjerawat, membersihkan pori-pori yang tersumbat, serta melembapkan kulit. Dengan begitu, jerawat lebih cepat kempis.

Verile Acne Gel berbentuk gel transparan sehingga tidak meninggalkan bekas. Gel ini juga dapat memberikan rasa sejuk untuk jerawat yang terasa panas dan perih.

Verile Acne Care Facial Wash

Verile Acne Care Face Wash merupakan sabun cuci muka berbentuk foaming gel yang mengandung ekstrak tea tree oil, triclosan, dan vitamin E. Bahan aktif ini memiliki efek antioksidan dan antiseptik yang membantu membersihkan kotoran dan bakteri di wajah.

Verile Acne Care Face Wash juga memiliki pH yang sama dengan pH wajah, sehingga dapat menjaga kelembapan alami kulit wajah.

Verile Acne Blesmish Cream

Verile Acne Blemish Cream mengandung ekstrak Centella asiatica (daun pegagan), ekstrak licorice, ekstrak aloe vera, vitamin E, dan vitamin B3. Perpaduan bahan alami dalam krim wajah ini diyakini dapat mengurangi peradangan pada kulit berjerawat, menyamarkan noda hitam bekas jerawat, serta melembutkan kulit kasar di area bekas jerawat.

Apa Itu Verile

Bahan Aktif Salicylic acid, allantoin, vitamin B3, vitamin E, triclosan, ekstrak tea tree oil, ekstrak Centella asiatica (daun pegagan), ekstrak licorice, ekstrak Aloe vera
Golongan Obat bebas – Consumer product
Kategori Obat jerawat golongan keratolitik
 

Manfaat

Membantu merawat kulit berjerawat, menyamarkan noda hitam bekas jerawat, serta mengurangi minyak dan kotoran di wajah.
Digunakan oleh Dewasa dan anak-anak >2 tahun
Verile untuk ibu hamil dan menyusui Kategori C: Asam salisilat dalam studi pada binatang percobaan memperlihatkan adanya efek samping terhadap janin, tetapi belum ada studi terkontrol pada wanita hamil.

Obat hanya boleh digunakan jika besarnya manfaat yang diharapkan melebihi besarnya risiko terhadap janin.

Belum diketahui apakah asam salisilat dan bahan aktif lain dalam produk Verile dapat terserap ke dalam ASI atau tidak. Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan produk ini jika Anda sedang menyusui.

Bentuk obat Gel, krim, dan foaming gel.

Peringatan Sebelum Menggunakan Verile

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum menggunakan rangkaian produk Verile, yaitu:

  • Jangan menggunakan Verile jika Anda alergi terhadap bahan aktif yang terkandung dalam produk ini.
  • Produk Verile hanya untuk pemakaian pada wajah. Hindari menggunakannya pada mata dan kulit yang mengalami luka. Segera bilas dengan air bersih jika produk ini mengenai bagian tersebut.
  • Hindari penggunaan produk yang mengandung asam salisilat pada anak-anak berusia di bawah 2 tahun.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan produk yang mengandung asam salisilat pada anak-anak di atas 2 tahun. Hindari memberikan asam salisilat dalam jumlah banyak, dalam jangka waktu panjang, atau dengan pembalut yang menutup.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan produk Verile yang mengandung asam salisilat jika Anda menderita masalah kulit tertentu, seperti eksim dan psoriasis, diabetes, penyakit liver, penyakit ginjal, atau gangguan sirkulasi darah.
  • Verile Acne Gel mengandung asam salisilat yang mudah terbakar. Oleh karena itu, jauhkan produk ini dari panas atau api.
  • Hindari penggunaan Verile Acne Gel bersama dengan produk perawatan kulit yang mengandung alkohol, obat jerawat lain atau kosmetik yang mengandung benzoyl peroxide, sulfur, resorcinol, atau tretinoin, karena dapat menyebabkan kulit iritasi.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan produk yang mengandung asam salisilat atau triclosan jika Anda sedang hamil, menyusui, atau merencanakan kehamilan.
  • Konsultasikan dengan dokter perihal penggunaan produk Verile jika Anda sedang menggunakan obat atau produk herbal yang dioleskan ke kulit.
  • Kurangi pemakaian jika timbul iritasi pada kulit dan hentikan pemakaian jika iritasi terus berlanjut atau semakin parah.
  • Segera ke dokter jika Anda mengalami reaksi alergi setelah menggunakan produk Verile.

Dosis dan Aturan Pakai Verile

Untuk mengeringkan jerawat, oleskan Verile Acne Gel 3 kali sehari, pada pagi, siang, dan malam hari. Untuk membersihkan muka, gunakan Verile Facial Wash 2 kali sehari, pada pagi dan malam hari. Untuk membantu menyamarkan noda bekas jerawat, oleskan Verile Acne Blemish Cream 3 kali sehari pada pagi, siang, dan malam hari.

Cara Menggunakan Verile dengan Benar

Pastikan untuk membaca petunjuk penggunaan dan aturan pakai yang tercantum pada kemasan sebelum menggunakan produk Verile. Jangan menggunakan produk Verile lebih banyak atau lebih sering dari yang dianjurkan.

Sebelum menggunakan Verile Acne Gel atau Verile Acne Blemish Cream, bersihkan wajah dengan Verile Acne Care Facial Wash, lalu keringkan. Setelah itu, oleskan Verile Acne Gel pada bagian wajah yang berjerawat, atau bagian wajah yang memiliki noda hitam bekas jerawat dengan Verile Acne Blemish Cream.

Cara menggunakan Verile Acne Care Facial Wash adalah dengan membentuk busa dengan air terlebih dahulu. Setelah itu, usapkan busa ke wajah dan pijat dengan lembut, kecuali pada area mata. Bilas dengan air hingga semua busa hilang.

Dianjurkan untuk menggunakan tabir surya apabila ingin melakukan aktivitas di bawah terik matahari, karena kandungan yang ada pada Verile dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap cahaya matahari.

Interaksi Verile dengan Obat Lain

Penggunaan asam salisiat bersamaan dengan obat jerawat oles yang mengandung benzoyl peroxide dapat meningkatkan risiko terjadinya iritasi dan kekeringan pada kulit. Selain itu, asam salisilat yang terkandung di dalam Verile Acne Gel dapat menurunkan efektivitas obat calcipotriol jika keduanya digunakan secara bersamaan.

Agar aman, sebaiknya konsultasi ke dokter jika Anda ingin menggunakan produk Verile bersama produk perawatan kulit lain atau obat-obatan tertentu.

Efek Samping dan Bahaya Verile

Verile umumnya aman jika digunakan secukupnya sesuai anjuran yang terdapat pada kemasan. Meski demikian, kandungan salicylic acid dan allantonin yang terkandung di dalam produk Verile dapat menimbulkan efek samping berupa:

  • Kulit kering dan mengelupas
  • Rasa panas menyengat di kulit
  • Iritasi kulit

Efek samping ini biasanya bersifat ringan dan akan hilang dalam beberapa hari pemakaian atau dengan menghentikan pemakaian produk. Namun, periksakan diri ke dokter kulit jika jerawat atau efek samping di atas tidak kunjung hilang atau justru semakin parah.

Segera cari pertolongan medis ke rumah sakit terdekat, jika muncul reaksi alergi berat, seperti pembengkakan pada mata, wajah, bibir, atau lidah, dan sesak napas, setelah menggunakan produk Verile.