Mindfulness adalah salah satu jenis meditasi yang dapat melatih seseorang untuk fokus terhadap keadaan sekitar dan emosi yang dirasakan serta menerimanya secara terbuka. Manfaat meditasi mindfulness tidak hanya sebatas kesehatan fisik, tetapi juga kesehatan mental.

Bila Anda terlalu banyak menghabiskan waktu dengan melamun atau memikirkan hal-hal negatif, kebiasaan tersebut bisa menguras pikiran dan bahkan tenaga. Selain itu, pola pikir yang cenderung negatif juga bisa meningkatkan risiko Anda mengalami stres, gangguan cemas, dan depresi.

Yuk, Terapkan Mindfulness dalam Keseharianmu - Alodokter

Untuk mengurangi stres dan membuat Anda lebih tenang, ada beberapa cara yang bisa dilakukan. Salah satu cara tersebut adalah dengan meditasi mindfulness.

Cara Melakukan Meditasi Mindfulness

Meditasi mindfulness bisa dilakukan oleh siapa saja tanpa persyaratan khusus. Jenis meditasi ini juga dapat dilakukan kapan saja dan di mana pun, baik di rumah, kantor, atau kelas meditasi.

Meski demikian, teknik meditasi ini mungkin akan sulit dilakukan oleh orang yang memiliki gangguan psikologis tertentu, misalnya gangguan cemas dan depresi. Oleh karena itu, orang yang mengalami gangguan psikologis sebaiknya berkonsultasi dulu dengan psikolog atau psikiater.

Teknik meditasi mindfulness tidak jauh berbeda dengan meditasi secara umum. Anda dapat memulainya dengan mencari posisi duduk yang nyaman, mengatur napas, lalu fokus pada detak jantung atau rasakan sensasi udara yang mengalir saat menarik dan mengembuskan napas.

Selanjutnya, fokuskan diri pada keadaan yang sedang terjadi di sekitar. Anda pun bisa menggunakan pancaindra untuk mengamati dan merasakan kondisi sekitar.

Anda juga bisa memfokuskan diri pada emosi yang sedang Anda rasakan. Kenali bagaimana emosi itu muncul dan terimalah apa pun yang menyebabkan Anda emosi.

Lakukan hal tersebut selama kurang lebih 3–5 menit, lalu fokuskan kembali pikiran Anda. Jika dilakukan secara rutin dan tepat, metode mindfulness bisa membuat Anda merasa lebih tenang dan mampu berpikir lebih jernih.

Manfaat Meditasi Mindfulness dalam Kehidupan Sehari-Hari

Pada dasarnya, mindfulness berarti lebih mawas diri terhadap kondisi sekitar, emosi, perasaan, dan berbagai persoalan yang sedang dihadapi. Selain itu, mindfulness juga dapat memberikan beragam manfaat, di antaranya:

1. Melatih pikiran dan fokus

Teknik mindfulness bisa dilakukan untuk melatih Anda agar lebih fokus terhadap lingkungan sekitar dan pikiran yang muncul di benak Anda.

Bila Anda sering kali melakukan sesuatu dengan terburu-buru, cobalah untuk menjalaninya dengan lebih santai dan fokus. Meski terkadang sulit dilakukan di tengah kesibukan, luangkan sedikit waktu untuk menikmati keadaan sekitar dengan kelima indra Anda.

Misalnya, ketika Anda sedang menyantap makanan favorit, buatlah kegiatan itu lebih menyenangkan dan hanya fokus dengan makanan tersebut.

Luangkan waktu untuk mencium harumnya makanan, merasakan tekstur atau rasa dari makanan, tidak terburu-buru saat makan, serta menghindari kegiatan lain saat makan, seperti bermain game atau membalas pesan singkat.

2. Menikmati hidup

Memikirkan masa lalu hanya akan membuang-buang energi dan memicu stres. Oleh karena itu, cobalah untuk fokus menjalani hidup Anda saat ini dengan pikiran terbuka, lapang dada, dan berikan yang terbaik pada setiap kegiatan atau pekerjaan.

Dengan melatih pikiran dengan cara mindfulness, Anda akan merasa lebih tenang dan tidak mudah stres. Hal ini bisa membuat Anda lebih menikmati hidup.

3. Mencintai diri sendiri

Mencintai diri sendiri bukan berarti bersifat egois dan menunjukkan sikap tidak acuh kepada orang lain. Self-love sebetulnya berarti menghargai dan menyayangi diri sendiri apa adanya, terlepas dari kekurangan yang dimiliki.

Jika selama ini Anda masih kurang bisa mencintai diri sendiri, metode mindfulness bisa dicoba untuk lebih mengenal dan membuka diri. Tak hanya itu, teknik mindfulness juga diketahui baik untuk meningkatkan rasa percaya diri Anda.

4. Mengurangi stres

Stres berlebihan tentu tidak baik bagi kesehatan tubuh, baik secara fisik dan juga mental. Untuk mengurangi dan mengendalikan stres dengan lebih baik, Anda bisa mencoba teknik mindfulness.

Berbeda dengan teknik meditasi lain yang berfokus untuk mengalihkan perhatian Anda, teknik mindfulness justru mendorong Anda untuk lebih fokus pada stres yang dirasakan dan membuka pikiran Anda untuk menghadapi stres dengan lebih positif.

Jika dilakukan dengan benar dan rutin, meditasi mindfulness bahkan dapat mencegah dan meringankan gejala gangguan mental, seperti depresi dan gangguan cemas. Meditasi mindfulness bahkan baik dilakukan untuk mengatasi rasa cemas dan stres selama pandemi COVID-19.

Jika masih memiliki pertanyaan seputar mindfulness atau bingung dengan cara menerapkannya, Anda bisa berkonsultasi dengan psikolog atau dokter. Selain itu, Anda juga bisa membaca buku atau menonton video tutorial mengenai cara melakukan meditasi mindfulness yang benar.