Cara Menghilangkan Kulit Ketiak Hitam Berdasarkan Penyebabnya

Ketiak hitam bisa disebabkan oleh beberapa hal, cara menghilangkannya pun berbeda-beda. Simak ulasan berbagai cara mengatasi ketiak hitam berdasar penyebabnya.

Punya kulit ketiak hitam bisa membuat siapa pun menjadi tidak percaya diri, terutama jika ingin memakai pakaian tanpa lengan. Kulit ketiak hitam ini dapat disebabkan oleh banyak hal, bisa karena sering mencukur rambut ketiak, gesekan antara ketiak dengan pakaian, iritasi deodorant, kondisi hormonal, kehamilan, diabetes, bakteri, penyakit, atau kelebihan berat badan.

Cara Menghilangkan Kulit Ketiak Hitam Berdasarkan Penyebabnya - alodokter

Cukur ketiak

Jika kulit ketiak hitam disebabkan oleh terlalu sering mencukur bulu ketiak, hal tersebut bisa diatasi dengan memilih deodorant yang lembut dan mengandung bahan pelembap yang membantu mempercepat proses pengelupasan alami kulit dan menghilangkan kulit ketiak hitam. Selain itu, kamu juga bisa mengganti metode penghilang bulu ketiak dari mencukur ke waxing.

Bakteri

Jika kulit ketiak hitam disebabkan oleh infeksi bakteri, lain lagi cara penanggulangannya. Bakteri Corynebacterium minutissimum dikenal dapat menghasilkan bercak cokelat gelap di ketiak. Bakteri yang biasanya ditemukan pada kulit ketiak dan selangkangan ini tumbuh subur ketika tubuh mengalami perubahan kimia, misalnya ketika kita berkeringat. Cara menghilangkannya pun cukup mudah, yaitu dengan mengoleskan salep antibiotik atau minum obat antibiotik, tentunya setelah berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter ahli kulit.

Hamil

Kulit ketiak hitam juga bisa dialami oleh ibu yang sedang mengandung. Hal ini kemungkinan dipicu oleh perubahan hormon selama kehamilan yang merangsang peningkatan produksi melanin (zat yang memberi warna pada kulit, rambut, dan mata) untuk sementara. Warna kulit yang menghitam kemungkinan akan memudar dalam beberapa bulan setelah melahirkan. Namun jika kulit ketiak masih menghitam setelah beberapa bulan melahirkan dan Anda merasa terganggu, hubungi dokter untuk mendapatkan pengobatan yang tepat.

Penyakit

Kulit ketiak hitam juga bisa disebabkan karena kelainan yang disebut acanthosis nigricans. Pada acanthosis nigricans, kulit akan menebal dan berubah warna jadi gelap. Munculnya pun tidak hanya di ketiak, tapi juga bisa di leher dan sekitar pangkal paha. Dan ternyata, acanthosis nigricans ini merupakan tanda atau gejala jika kita mengidap penyakit tertentu seperti:

  • Obesitas.
  • Hipotiroid, kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon.
  • Acromegaly, tubuh menghasilkan terlalu banyak hormon pertumbuhan.
  • Sindrom Cushing, hormon kortisol dalam tubuh sangat atau terlalu tinggi.
  • Sindrom ovarium polikistik, suatu kondisi yang memengaruhi kerja ovarium hingga menyebabkan rambut tubuh tumbuh secara berlebihan, menstruasi tidak teratur, infertilitas, jerawat, dan kenaikan berat badan.
  • Mengonsumsi obat tertentu.
  • Gen turunan dalam keluarga.
  • Penyakit kanker, biasanya kanker perut.
  • Penyakit Addison, tubuh kekurangan hormon dari kelenjar adrenal.
  • Gangguan kelenjar hipofisis di dalam otak.
  • Terapi hormon pertumbuhan.

Kulit ketiak hitam karena acanthosis nigricans bisa dihilangkan dengan mengobati penyebab atau akar masalahnya, yaitu menurunkan berat badan jika obesitas; minum obat untuk memperbaiki kadar hormon; operasi, kemoterapi, atau radioterapi untuk kanker, atau mengganti obat yang dikonsumsi. Di samping itu, dokter kemungkinan juga merekomendasikan krim atau tablet yang dapat membantu mencerahkan kulit.

Secara umum, cara memutihkan kulit ketiak sama dengan cara memutihkan kulit lain. Anda dapat memilih menggunakan deodoran maupun krim pemutih, hingga melakukan tindakan pemutihan kulit di dokter ahli kulit. Jika ketiak hitam membuat Anda merasa terganggu, penting bagi Anda untuk mengenali cara efektif memutihkan kulit dan risiko yang menyertai.