Jangan Bingung Lagi, Ini Pilihan Olahraga untuk Mengecilkan Perut

Perut buncit dapat mengganggu penampilan, termasuk membuat tidak leluasa mengenakan beragam jenis pakaian kegemaran. Tak perlu bingung. Beberapa jenis olahraga untuk mengecilkan perut, dapat membantu memperbaiki kondisi tersebut.

Umumnya bagi kaum wanita, kemungkinan lemak menimbun di perut terutama terjadi setelah wanita tersebut melahirkan atau mengalami menopause. Selain itu, makan terlalu banyak dan sedikit berolahraga juga dapat membuat perut semakin membuncit. Risiko kesehatan perut buncit tidaklah ringan, termasuk  penyakit jantung, diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi, gangguan kolesterol dan masalah pernapasan.

exercise to shrink the stomach

Basmi Lemak di Perut dengan Olahraga Ini

Ukuran pinggang dapat menjadi patokan apakah Anda perlu mengecilkan perut atau tidak. Lingkar pinggang seharusnya tidak lebih dari 100 cm untuk pria dan 90 cm untuk kaum wanita.

Jika Anda memiliki perut yang buncit dan kerap risih dengannya, coba beberapa olahraga untuk mengecilkan perut berikut ini:

  • Sit-up Untuk mengecilkan perut buncit, Anda bisa melakukan olahraga sit-up. Olahraga ini sebagai latihan otot inti, yang dapat memperkuat dan mengencangkan otot-otot perut. Tidak hanya menghilangkan lemak di perut, sekaligus dapat memperindah bentuk perut Anda. Selain sit-up, olahraga crunches juga dapat membantu mengecilkan perut dengan membakar lapisan lemak yang menumpuk di perut Anda.
  • Zumba Sebuah penelitian menunjukkan, olahraga Zumba dapat membakar kalori rata-rata 9,5 kalori per menit. Selain mengecilkan perut Anda, Zumba juga bermanfaat untuk peningkatan daya tahan tubuh, peningkatan tekanan darah, memperkuat tubuh dan meningkatkan kualitas hidup Anda.
  • Yoga Selain dapat mengencangkan otot utama tubuh seperti otot perut dan otot punggung, yoga juga baik untuk Anda yang menderita diabetes, tekanan darah tinggi, kolesterol tinggi, atau penyakit jantung. Selain itu, yoga juga dapat meningkatkan konsentrasi, menguatkan otot, menekan stres, dan bisa memberi Anda postur tubuh yang lebih baik.
  • Berjalan dan jogging Lakukan aktivitas aerobik moderat, seperti jalan cepat sekitar 150 menit  per minggu, atau jogging setidaknya 75 menit per minggu sebagai olahraga untuk mengecilkan perut Anda. Ingatlah bahwa dibutuhkan rata-rata 10.000 langkah per hari. Sementara untuk mencegah penambahan berat badan dibutuhkan 15.000 langkah. Penurunan berat badan sebaiknya dilakukan secara perlahan, sekitar 1-2 kilogram per minggu).
Selain olahraga untuk mengecilkan perut, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengusir perut buncit Anda, di antaranya minum jus yang kaya akan manfaat seperti jus jeruk, makan sereal atau oatmeal, tidak merokok, tidak kurang tidur, dan makan camilan yang mengandung protein di antara jam 3-4 sore.

Jika olahraga untuk mengecilkan perut sudah Anda lakukan namun hasilnya belum maksimal, disarankan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan solusi yang terbaik.