Ragam Olahraga Untuk Diet yang Maksimal

Bagi Anda yang ingin memiliki berat badan impian, hanya berkhayal atau mengurangi porsi makan saja tidaklah cukup. Ingat, diet yang sehat adalah dengan menyeimbangkan antara konsumsi makanan sehat dan melakukan olahraga untuk diet. Tubuh Anda harus membakar lebih banyak kalori dibandingkan apa yang Anda konsumsi.

Olahraga atau aktivitas fisik pada dasarnya membantu Anda membakar kalori. Selain mengonsumsi makanan sehat, Anda memerlukan aktivitas fisik jika Anda ingin menurunkan berat badan. Ada beberapa jenis olahraga yang tidak hanya membakar kalori dalam tubuh, tapi juga membakar lemak di bagian-bagian seperti perut, lengan, paha, daerah di mana lemak banyak menumpuk. Dengan melakukan olahraga untuk diet diharapkan dapat membentuk otot tubuh, sehingga bagian tubuh tersebut menjadi lebih kencang dan tidak bergelambir.

ragam olahraga untuk diet yang maksimal - alodokter

Apa Saja Jenis Olahraga Untuk Diet? Cek Di Sini!

Kini, Anda sudah tahu bahwa Anda memerlukan olahraga yang tidak hanya membakar kalori tapi juga dapat membentuk atau mengencangkan otot. Berikut ini adalah beberapa jenis olahraga untuk diet yang perlu Anda ketahui.
  • Lari Studi menunjukkan bahwa wanita yang melakukan olahraga lari setidaknya 3 jam dalam seminggu dapat menurunkan berat badan hingga 8 kg dalam setahun. Olahraga ini termasuk mudah dan dapat dilakukan di mana saja. Anda tidak perlu datang repot-repot meluangkan waktu pergi ke pusat kebugaran. Tidak sekedar olahraga untuk diet, lari juga dapat memberikan efek yang baik untuk kesehatan jantung.
  • Latihan kekuatan Latihan kekuatan seperti mengangkat beban atau melakukan gerakan yang memanfaatkan beban atau berat badan sendiri tidak hanya dapat membakar kalori, tapi juga dapat membantu Anda membentuk massa otot. Massa otot ini yang nantinya akan membantu Anda membakar lebih banyak kalori. Anda bisa memfokuskan pada bagian-bagian tubuh seperti perut, paha depan dan belakang, bahu, punggung, bokong, otot bisep, dan trisep.
  • Pilates Pilates tidak termasuk ke dalam olahraga aerobik. Namun, pilates bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda yang mencari olahraga untuk diet yang lebih fokus kepada bagian tengah tubuh Anda, seperti panggul, perut, paha (tungkai atas),dan punggung bagian bawah. Gerakan pilates mungkin nampak lembut, tapi sebenarnya sangat memanfaatkan otot. Gerakan ini yang nantinya dapat membentuk otot, dan juga meningkatkan pergerakan sendi serta fleksibilitas tubuh Anda.
  • Yoga Selain dapat meredakan stres, yoga juga dapat membantu Anda menurunkan berat badan. Sekalipun kalori yang dibakar saat melakukan yoga tidak sebanyak saat Anda melakukan jenis olahraga aerobik, yoga tetap dapat membantu Anda membentuk otot dengan gerakannya yang terlihat lembut namun tetap melibatkan otot tubuh. Selain itu, dengan teratur melakukan yoga juga dipercaya dapat memengaruhi perubahan gaya hidup Anda, termasuk dalam hal memilih makanan.  Jika Anda ingin meningkatkan kalori yang dibakar, Anda bisa mengombinasikan yoga dengan olahraga lain seperti lari, bersepeda, atau bahkan berenang
Beberapa jenis olahraga untuk diet ini dapat Anda lakukan secara bergantian sebanyak 2-3 kali dalam seminggu dengan durasi 1 jam dalam setiap sesinya. Selain melakukan beberapa jenis olahraga untuk diet di atas, tentu Anda juga perlu mengonsumsi makanan sehat agar mencapai berat badan yang diinginkan.

Dengan mengonsumsi makanan yang mengandung serat, protein, lemak sehat, serta vitamin dan mineral lainnya juga membantu dalam menurunkan berat badan. Perbanyak makan buah dan sayur, hindari mengonsumsi makanan yang berlemak tidak sehat seperti daging ayam dengan kulit atau daging sapi dengan lemak, dan tentunya menjaga porsi makan Anda.

Kini Anda sudah tahu olahraga  untuk diet dan jenis makanan yang diperlukan untuk menurunkan berat secara maksimal. Yuk, mulai disiplin dalam olahraga, dietmenerapkannya.