Mengonsumsi cemilan saat diet tidak selalu menjadi pantangan. Memilih jenis cemilan untuk diet yang bernutrisi justru bisa membuat tubuh kenyang lebih lama, sehingga mencegah makan berlebihan dan membantu menurunkan berat badan.

Cemilan untuk diet yang sehat tidak hanya harus rendah kalori, tetapi juga kaya akan nutrisi, seperti protein, vitamin dan mineral. Mengonsumsi cemilan yang kaya akan nutrisi dapat membantu menurunkan berat badan dengan cara menekan rasa lapar, mencegah makan berlebihan, sekaligus mencukupi asupan nutrisi yang dibutuhkan tubuh.

10 Cemilan untuk Diet yang Bantu Turunkan Berat Badan - Alodokter

Namun, jenis dan porsi cemilan untuk diet tetap harus diperhatikan agar tujuan menurunkan berat badan tetap tercapai.

Beragam Cemilan untuk Diet

Dalam memilih cemilan untuk diet, sebaiknya hindari makanan olahan atau yang dimasak dengan cara digoreng. Berikut ini adalah beragam cemilan untuk diet guna menurunkan berat badan:

1. Kacang-kacangan

Kacang-kacangan adalah cemilan untuk diet yang ideal karena mengandung lemak sehat, protein, dan serat. Selain bernutrisi, kacang-kacangan juga mengenyangkan.

Terlepas dari kalorinya yang cukup tinggi, penelitian menunjukkan bahwa makan kacang dalam jumlah sedang dapat membantu menurunkan berat badan.

Ada banyak jenis kacang yang bisa menjadi cemilan untuk diet, seperti kacang tanah, kacang bogor, kacang mete, almond, dan pistachio.

2. Biji-bijian

Biji-bijian merupakan sumber serat, lemak sehat, dan antioksidan. Selain itu, biji-bijian juga kaya akan mineral, seperti zat besi, kalsium, magnesium, dan fosfor. Jenis biji-bijian yang bisa menjadi cemilan untuk diet adalah biji wijen, flaxseed, biji bunga matahari, biji labu, dan biji chia.

3. Buah-buahan

Buah-buahan pun dapat menjadi cemilan untuk diet yang sehat dan mengenyangkan. Buah-buahan juga menyediakan vitamin, mineral, dan serat untuk mencegah sembelit.

Untuk mendukung program penurunan berat badan, pilihlan buah-buahan rendah akan karbohidrat, seperti semangka, melon, nanas, dan stroberi.

5. Sayuran

Menjadikan sayuran sebagai cemilan untuk diet dapat membantu mengurangi berat badan karena memberikan efek kenyang lebih lama, juga menjaga kesehatan saluran cerna.

Hal ini karena sayur rendah akan kalori tetapi tinggi akan kandungan serat. Selain itu, sayuran dilengkapi dengan berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk kesehatan.

Saat sedang diet, pilihlah sayuran rendah akan karbohidrat, seperti bayam, kembang kol, paprika, brokoli, jamur, kale, mentimun, dan buncis.

5. Telur rebus

Telur rebus merupakan pilihan cemilan untuk diet yang praktis dan sehat. Kandungan proteinnya yang tinggi juga dapat membuat Anda kenyang lebih lama, sehingga mencegah Anda makan lebih banyak.

Konsumsi telur yang kaya akan vitamin D dan mineral juga baik untuk menjaga kesehatan tulang dan otot. Selain itu, telur juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, jantung, dan otak.

6. Yogurt

Yogurt dapat menjadi cemilan untuk diet dan sebagai alternatif es krim yang lebih sehat. Sebagai sumber protein, kalsium, dan probiotik yang sangat baik, yogurt akan membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

7. Oatmeal

Tidak hanya sebagai pengganti karbohidrat, oatmeal dapat diolah menjadi cemilan untuk diet yang lezat. Anda bisa mengolah oatmeal menjadi makanan hangat maupun dingin.

Daripada jenis sereal lain, oatmeal memiliki kandungan protein dan serat yang lebih tinggi, sehingga baik dikonsumsi saat Anda sedang menjalani program penurunan berat badan.

8. Popcorn

Popcorn mengandung serat tinggi dan rendah kalori, sehingga baik dijadikan cemilan untuk diet. Dalam 1 cangkir popcorn hanya terkandung sebanyak 33 kalori. Popcorn bahkan mampu memberikan efek lebih kenyang daripada keripik kentang dengan jumlah kalori yang sama.

Hanya saja, manfaat tersebut didapatkan jika membuat popcorn sendiri di rumah. Popcorn siap saji yang dijual di pasaran umumnya sudah ditambahkan gula dan garam, sehingga jumlah kalorinya tentu lebih tinggi.

9. Tahu

Selain sebagai sumber protein, tahu juga mengandung beragam nutrisi, seperti serat, kalsium, zat besi, omega-3, dan antioksidan. Tahu juga rendah akan kalori, karbohidrat, dan lemak jenuh, sehingga baik untuk dijadikan cemilan saat diet.

Agar lebih sehat, tahu sebaiknya diolah dengan cara dipepes atau direbus.

10. Ubi

Jika ingin cemilan untuk diet yang lebih mengenyangkan, pilihlah ubi. Ubi rendah akan kalori dan lemak, tetapi kaya akan serat. Ubi juga mengandung vitamin dan mineral, seperti vitamin B, C, kalsium, zat besi, magnesium, kalium, zinc dan fosfor.

Untuk mengolah ubi menjadi cemilan untuk diet yang menyehatkan, masaklah ubi dengan cara dikukus atau dipanggang.

Contoh Resep Cemilan untuk Diet

Berbagai cemilan untuk diet, seperti biji-bijian, buah-buahan, dan sayuran, dapat dimakan secara langsung. Namun, tentu akan lebih nikmat jika bahan-bahan tersebut diolah menjadi penganan lezat.

Berikut ini adalah beberapa resep praktis untuk membuat cemilan diet yang sehat:

Keripik bayam

Sebagian besar karbohidrat dalam bayam berasal dari serat, sehingga akan mengenyangkan jika dikonsumsi. Bayam juga tidak mengandung lemak dan kolestrol, tetapi kaya akan vitamin dan mineral, seperti vitamin C, K, kalium, zat besi, magnesium, dan asam folat

Membuat keripik bayam dapat menjadi alternatif cemilan untuk diet. Berikut ini adalah cara membuatnya:

  • Siapkan 2 sendok teh air jeruk nipis, ½ sendok teh garam, 2 sendok makan minyak zaitun, dan 8 ikat daun bayam utuh segar (jangan gunakan daun bayam muda).
  • Dalam mangkuk besar, campurkan daun bayam dengan minyak zaitun hingga setiap helainya terlapisi.
  • Taburi bayam dengan garam dan air jeruk nipis, lalu aduk hingga merata.
  • Letakkan daun bayam di atas loyang yang telah dilapisi kertas roti, lalu panggang dalam oven bersuhu 135°C selama kurang lebih 30 menit. Biarkan dingin sebelum disajikan.

Oatmeal yogurt

Memadukan kebaikan oatmeal dan nikmatnya yogurt merupakan pilihan tepat untuk Anda yang menyukai cemilan manis, dingin, dan mengenyangkan. Anda dapat mengolah oatmeal dan yogurt menjadi overnight oat untuk sarapan maupun snack yang nikmat.

Berikut ini adalah cara membuatnya:

  • Campurkan 1/4 cangkir (25 gr) oatmeal, 1/4 cangkir (70 gr) yogurt, dan 60 ml susu rendah lemak dalam wadah.
  • Tambahkan potongan buah atau biji-bijian untuk menambah nutrisi dan cita rasanya.
  • Tutup wadah dan biarkan semalaman di lemari pendingin.

Agar diet sukses, jangan lupa untuk mengombinasikan cemilan untuk diet di atas dengan mengonsumsi makanan bergizi seimbang dan rutin berolahraga.

Jika sudah mencoba mengonsumsi cemilan diet, menerapkan pola makan sehat, dan berolahraga tetapi masih belum membuahkan hasil yang maksimal dalam menurunkan berat badan, jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter atau ahli gizi untuk mengetahui program diet yang sesuai dengan kebutuhan Anda, terutama jika Anda memiliki kondisi kesehatan tertentu.