Perawatan rambut rusak tidak selalu membutuhkan produk atau prosedur yang mahal, lho. Ada berbagai cara merawat rambut rusak yang dapat dengan mudah Anda lakukan di rumah. Dengan demikian, rambut sehat dan indah pun bisa Anda wujudkan.

Rambut rusak dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti terlalu sering menggunakan alat pengering rambut, kebiasaan mewarnai rambut, atau memakai produk perawatan rambut yang tidak tepat.

7 Cara Merawat Rambut Rusak secara Alami - Alodokter

Kerusakan rambut kerap menimbulkan rasa tidak nyaman dan kurang percaya diri bagi siapapun yang mengalaminya. Nah, untuk memperbaikinya, Anda bisa mencoba rangkaian perawatan rambut yang dapat dilakukan di rumah.

Beragam Cara Merawat Rambut Rusak secara Alami

Ada beberapa cara alami yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi masalah rambut rusak, seperti rambut mudah patah, sulit diatur, kering, bercabang, dan rontok.

Tak hanya rambut rusak, berbagai cara ini juga dapat mencegah kerusakan rambut berulang. Berikut ini adalah cara-caranya:

1. Oleskan minyak alami

Cara merawat rambut rusak yang pertama adalah mengoleskan minyak alami ke kulit kepala dan rambut. Hal ini bertujuan untuk melembutkan dan melembapkan rambut kering akibat kerusakan rambut, serta merangsang pertumbuhan rambut yang sehat.

Anda bisa melakukannya sambil memijat kepala selama 30–60 menit sebelum mencuci rambut. Jenis minyak alami yang bisa Anda gunakan adalah minyak zaitun, minyak almond, atau minyak kelapa. Anda juga bisa mencampur minyak tersebut dengan minyak esensial, seperti tea tree oil atau minyak peppermint.

2. Batasi penggunaan alat penata rambut

Penggunaan alat penata rambut, seperti pengering, pelurus, atau pengeriting rambut, bisa memperparah kerusakan rambut apabila digunakan terlalu sering atau pada suhu yang terlalu tinggi.

Pasalnya, paparan suhu panas dari alat-alat tersebut mampu menghilangkan kandungan minyak dan kelembapan alami rambut, sehingga rambut lebih rapuh dan mudah rontok.

Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakannya dengan suhu yang tidak terlalu panas dan jangan biarkan alat tersebut terlalu lama menempel di rambut.

3. Gunakan masker rambut alami secara rutin

Cara merawat rambut rusak yang juga efektif adalah dengan masker rambut alami. Penggunaan masker rambut secara rutin bisa membawa banyak manfaat, termasuk mengurangi kerusakan rambut, membuat rambut lebih kuat, dan menyehatkan kulit kepala.

Ada banyak pilihan bahan-bahan alami yang bisa Anda gunakan sebagai masker rambut, seperti pisang, madu, kuning telur, alpukat, atau lidah buaya.

4. Lindungi rambut dari paparan langsung sinar matahari

Sama seperti kulit, paparan sinar matahari ke rambut juga bisa membuat rambut rusak, kusam, dan mudah rontok. Oleh karena itu, saat beraktivitas di luar ruangan Anda disarankan untuk mengenakan topi atau payung agar rambut tetap terlindungi.

5. Gunting rambut secara teratur

Cara merawat rambut rusak secara alami yang juga tak boleh dilewatkan adalah menggunting ujung rambut secara teratur, setidaknya 2 bulan sekali. Hal ini penting dilakukan bagi Anda yang sering menggunakan alat penata rambut yang panas.

Salah satu yang perlu diperhatikan saat menggunting rambut sendiri di rumah adalah menghindari penggunaan gunting tumpul, sebab bisa membuat ujung rambut justru semakin rusak.

6. Hindari perawatan rambut dengan bahan kimia keras

Untuk merawat rambut rusak, Anda juga perlu menghindari berbagai perawatan rambut yang menggunakan bahan kimia keras, seperti mewarnai rambut. Hal ini karena bahan kimia di dalam pewarna rambut dapat menghilangkan kelembapan alami rambut dan membuat rambut menjadi kusam atau semakin rusak.

7. Cukupi asupan nutrisi untuk rambut

Melakukan perawatan rambut dari luar saja tidak cukup untuk memperbaiki atau mencegah rambut rusak. Rambut juga memerlukan nutrisi dari dalam untuk tumbuh dengan sehat. Beberapa nutrisi yang baik bagi kesehatan rambut meliputi protein, vitamin D, biotin, asam lemak omega-3, dan zat besi.

Asupan nutrisi tersebut bisa diperoleh dari berbagai makanan, seperti buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, telur, daging tanpa lemak, ikan, dan produk susu rendah lemak.

Selain mengikuti beberapa cara merawat rambut rusak secara alami, Anda disarankan juga untuk minum banyak air mineral setiap hari, mengelola stres, dan menghindari cuci rambut terlalu sering.

Mencuci rambut maksimal 1–2 kali sehari ketika kulit kepala terasa berminyak dan rambut kotor. Setelah keramas, biarkan rambut mengering dengan sendirinya dan hindari menggosok-gosok rambut terlalu kencang agar tidak semakin rusak.

Jika rambut Anda tetap terlihat rusak atau justru semakin parah meski telah melakukan berbagai cara merawat rambut secara alami di atas, sebaiknya konsultasikan kondisi rambut Anda ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.