Obat pegal linu dan nyeri sendi sering kali digunakan untuk meredakan keluhan akibat cedera atau peradangan pada sendi. Dengan menggunakan obat ini, pegal linu dan nyeri sendi akan cepat mereda sehingga aktivitas Anda kembali lancar.

Pegal linu dan nyeri sendi biasanya terjadi karena adanya gangguan pada sendi, otot, ligamen, atau jaringan di sekitarnya. Kondisi ini bisa disebabkan oleh kelelahan, stres, olahraga berlebihan, postur tubuh yang tidak baik, atau duduk terlalu lama. Tingkat keparahannya pun bervariasi, mulai dari ringan, sedang, hingga parah.

8 Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi yang Aman dan Ampuh - Alodokter

Pegal linu dan nyeri sendi yang terjadi dalam waktu lama tentunya dapat menghambat aktivitas sehari-hari. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena keluhan tersebut dapat diatasi dengan obat pegal linu dan nyeri sendi yang bisa ditemukan di apotek.

Pilihan Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi

Ada beberapa pilihan obat pegal linu dan nyeri sendi yang tersedia di apotek, di antaranya:

Panadol 500 mg 10 Kaplet

8 Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi yang Aman dan Ampuh - Alodokter

Harga: Rp15.251 per blister
Beli Panadol 500 mg 10 Kaplet di Aloshop

Panadol merupakan obat pegal linu dan nyeri sendi dalam bentuk kaplet yang mengandung paracetamol. Kandungan tersebut bekerja secara langsung pada pusat nyeri di otak, sehingga keluhan pegal linu dan nyeri sendi cepat mereda. 

Obat pegal linu dan nyeri sendi ini dapat dikonsumsi sebanyak 1–2 kaplet, 3–4 kali sehari. Panadol kaplet dapat diminum sebelum atau sesudah makan.

Tolak Linu Herbal Sido Muncul 15 ml

8 Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi yang Aman dan Ampuh - Alodokter

Harga: Rp19.012 per saset
Beli Tolak Linu Herbal Sido Muncul 15 ml di Aloshop

Tolak Linu saset dapat meredakan pegal linu dan nyeri sendi. Obat pegal linu dan nyeri sendi ini mengandung ekstrak bahan-bahan herbal, seperti laos, lempuyang, cabe jawa, dan temulawak, yang mampu memperlancar peredaran darah dan mengurangi rasa nyeri.

Dosis umum penggunaan Tolak Linu adalah 1–2 saset sebelum tidur atau setelah beraktivitas maupun berolahraga. Obat pegal linu dan nyeri sendi ini bisa diminum langsung atau dicampur dengan 50 ml air. 

Counterpain Krim 5 gr

8 Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi yang Aman dan Ampuh - Alodokter

Harga: Rp12.564 per tube
Beli Counterpain Krim 5 gr di Aloshop

Obat pegal linu dan nyeri sendi lainnya adalah Counterpain. Kandungan metil salisilat, mentol, dan eugenol dalam obat ini bekerja dengan cara memberikan sensasi dingin yang diikuti rasa hangat, sehingga rasa nyeri pada otot dan sendi mereda.

Counterpain bisa dioles langsung ke kulit pada area tubuh yang nyeri sebanyak 3–4 kali sehari. Setelah itu, cuci tangan yang digunakan untuk mengoleskan obat ini agar tidak terasa panas. Bila perlu, gunakan sarung tangan karet ketika mengoleskan obat krim ini.

Voltaren 50 mg 10 Tablet

8 Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi yang Aman dan Ampuh - Alodokter

Harga: Rp98.952 per blister
Beli Voltaren 50 mg 10 Tablet di Aloshop

Voltaren tablet adalah obat pegal linu dan nyeri sendi yang mengandung natrium diclofenac. Kandungan tersebut bekerja dengan cara menghambat produksi prostaglandin, yaitu zat yang memicu peradangan dalam tubuh. Dengan begitu, gejala radang, seperti pegal linu dan nyeri sendi, akan berkurang.

Dosis umum pemakaian obat pegal linu dan nyeri sendi ini adalah 1 tablet, 2–3 kali sehari atau sesuai dosis yang diresepkan dokter. Voltaren tablet sebaiknya dikonsumsi setelah makan guna mencegah sakit maag.

Estalex 50 mg 10 Tablet

8 Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi yang Aman dan Ampuh - Alodokter

Harga: Rp14.364 per strip
Beli Estalex 50 mg 10 Tablet di Aloshop

Estalex tablet dapat digunakan untuk meredakan rasa pegal, nyeri, kaku, dan tegang pada sendi. Obat ini mengandung eperisone yang mampu mengurangi kontraksi otot, sehingga otot menjadi lebih rileks.

Anda dapat minum Estalex tablet sebagai obat pegal linu dan nyeri sendi sebanyak 1 tablet, 3 kali sehari atau sesuai dosis yang diresepkan oleh dokter. Obat ini diminum setelah makan.

Salonpas Koyo 10 Lembar

8 Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi yang Aman dan Ampuh - Alodokter

Harga: Rp9.746 per saset
Beli Salonpas Koyo 10 Lembar di Aloshop

Salonpas koyo bermanfaat untuk meredakan nyeri akibat cedera atau radang sendi. Obat pegal linu dan nyeri sendi ini mengandung metil salisilat, I-mentol, dan dl-camphor yang memberikan sensasi dingin di awal kemudian diikuti sensasi hangat. Efek tersebut dapat memberikan rasa nyaman sekaligus menghilangkan rasa nyeri atau pegal di badan.

Tempelkan 1 lembar koyo pada bagian tubuh yang terasa nyeri kemudian lepaskan setelah 8 jam pemakaian. Pemakaian maksimal obat ini adalah 3–4 lembar sehari.

Neo Rheumacyl 20 Tablet

8 Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi yang Aman dan Ampuh - Alodokter

Harga: Rp11.077 per blister
Beli Neo Rheumacyl 20 Tablet di Aloshop

Obat pegal linu dan nyeri sendi yang aman dan ampuh lainnya adalah Neo Rheumacyl tablet. Kombinasi kandungan ibuprofen dan paracetamol dalam obat ini bekerja dengan cara mengurangi rasa nyeri pada tubuh. 

Neo Rheumacyl dapat diminum sebanyak 1 tablet, 3–4 kali sehari. Obat ini bisa diminum bersamaan saat makan atau segera setelah makan.

Hot In Cream 120 ml

8 Obat Pegal Linu dan Nyeri Sendi yang Aman dan Ampuh - Alodokter

Harga: Rp33.127 per botol
Beli Hot In Cream 120 ml di Aloshop

Hot In Cream merupakan obat pegal linu dan nyeri sendi yang mengandung metil salisilat, mentol, dan pine oil. Ketiga bahan aktif tersebut dapat memberikan efek hangat, sehingga mengurangi rasa nyeri atau pegal di badan.

Penggunaan Hot In Cream sebagai obat pegal linu dan nyeri sendi bisa dilakukan dengan cara mengoleskan krim secukupnya ke bagian tubuh yang terasa nyeri.

Selain menggunakan obat pegal linu dan nyeri sendi, Anda juga bisa mandi air hangat, menempelkan kompres dingin ke bagian tubuh yang pegal atau nyeri, mengonsumsi makanan dengan gizi, dan memenuhi waktu tidur setidaknya 7–9 jam setiap malam guna mempercepat penyembuhan.

Bila keluhan pegal linu dan nyeri sendi tidak kunjung membaik atau malah dirasa makin memburuk setelah menggunakan obat pegal linu dan nyeri sendi, jangan ragu untuk berkonsultasi ke dokter agar mendapatkan penanganan yang sesuai dengan kondisi Anda.