Tindakan pencegahan yang bisa dilakukan untuk penyakit epidermolisis bulosa adalah dengan mencegah munculnya kulit melepuh dan infeksi. Ini adalah beberapa langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Bayi atau anak membutuhkan perhatian orang tuanya untuk mendapatkan kenyamanan ketika sedang sakit. Gendonglah anak dengan selembut mungkin dan pastikan untuk menempatkannya di atas benda yang dilapisi bahan yang lembut. Jangan mengangkat anak dari bawah lengannya. Gendong anak dengan menggunakan tangan Anda untuk menyangga bagian bokong dan lehernya.
  • Aturlah suhu di dalam rumah agar tetap sejuk. Selain itu, pertahankan kelembapan kulitnya dengan mengoleskan pelembap, seperti petroleum jelly.
  • Kenakan anak pakaian yang berbahan lembut dan mudah untuk dilepas dan dikenakan kembali. Anda bisa menggunakan sepatu berbahan khusus yang lembut atau menjahit bantalan empuk pada pakaian anak di area siku, lutut, dan area lain yang memiliki titik tekanan tubuh.
  • Lepaskan karet elastis yang menempel pada popok sekali pakai, lalu lapisi bagian dalamnya dengan perban yang tidak lengket, atau taburi dengan pasta yang berisi seng oksida (zinc oxide) sebelum digunakan.
  • Hindari menggaruk lepuh dengan memastikan kuku tetap pendek atau mengenakan sarung tangan pada bayi sebelum dia tidur untuk mencegah infeksi akibat luka garukan.
  • Hindari permukaan dan benda yang keras dengan melapisi kursi menggunakan bahan yang lembut. Gunakan kasur udara, seprai, dan selimut yang lembut untuk tempat tidur anak penderita EB.
  • Batasi anak dari kegiatan fisik yang mungkin menyebabkan kulit mudah tergesek, tergores, atau terluka. Anda bisa mulai dengan mengenakan celana atau baju panjang pada anak yang hendak beraktivitas di luar ruangan.
  • Pastikan Anda atau tenaga medis tidak menggunakan perban berperekat kuat pada kulit untuk mencegah kulit melepuh pecah dan bisa mengakibatkan hilangnya cairan dan terjadinya infeksi.

Sebagai langkah pendukung, berikan makanan bernutrisi untuk menunjang perkembangan dan pertumbuhan anak, serta membantu penyembuhan lukanya. Mengonsumsi vitamin dan suplemen juga dapat membantu mencegah berkembangnya komplikasi. Utamakan pemberian nutrisi kalsium, zat besi, dan vitamin D.