Serum rambut menawarkan banyak manfaat, mulai dari mengatasi kerontokan hingga menghilangkan ketombe. Namun, jangan asal memilih serum rambut. Agar manfaatnya maksimal, Anda perlu tahu cara menggunakan serum rambut dan kandungan nutrisi di dalamnya.

Serum rambut merupakan salah satu rangkaian produk perawatan rambut yang berbentuk cairan konsentrat. Di dalamnya terkandung beragam nutrisi yang baik untuk menjaga kesehatan rambut.

Jangan Asal Memilih Serum Rambut - Alodokter

Bahan dasar serum rambut adalah silikon yang dapat melapisi permukaan setiap helai rambut dengan sempurna.

Kandungan Nutrisi di Dalam Serum Rambut

Sebelum memutuskan menggunakan serum rambut, Anda perlu mengetahui berbagai jenis kandungan nutrisi yang ada di dalamnya dan manfaat yang ditawarkan oleh setiap nutrisi tersebut.

Berikut ini adalah beberapa nutrisi yang sering terkandung di dalam serum rambut:

1. Biotin

Biotin, yang juga disebut dengan vitamin H atau vitamin B7, merupakan salah satu jenis vitamin B kompleks yang dapat larut di dalam air. Nutrisi ini merupakan salah satu bahan serum rambut yang cukup populer untuk mengatasi masalah rambut rontok.

2. Vitamin D

Vitamin D dapat merangsang pertumbuhan rambut dan menjaga kesehatan folikel rambut, sehingga baik untuk mengatasi masalah rambut rontok.

Bahkan, beberapa studi menunjukkan bahwa serum rambut dengan kandungan vitamin D mampu mengurangi gejala penyakit alopecia atau kebotakan akibat rambut rontok.

3. Zinc

Tak hanya biotin dan vitamin D, serum rambut dengan kandungan zinc juga dapat menjadi salah satu pilihan untuk mengatasi rambut rontok. Bahkan, zinc juga bisa memelihara fungsi kelenjar minyak di sekitar folikel rambut, sehingga rambut akan tumbuh dengan lebih sehat.

4. Keratin

Keratin adalah protein alami yang dapat ditemukan pada rambut. Saat jumlah keratin pada rambut menurun, rambut akan menjadi kering, kusam, dan mudah patah.

Serum rambut dengan kandungan keratin mampu memperkuat dan mencegah kerusakan rambut, khususnya rambut yang sering ditata dan diwarnai. Dengan demikian, rambut akan tetap terlihat sehat dan berkilau.

5. Asam lemak omega-3

Kandungan asam lemak omega-3 di dalam serum rambut dapat membantu memenuhi kebutuhan protein dan nutrisi penting untuk folikel rambut dan kulit kepala.

Tak hanya itu, serum rambut yang mengandung asam lemak omega-3 juga bisa mencegah peradangan pada folikel rambut yang merupakan salah satu pemicu rambut rontok.

6. Minyak esensial

Minyak esensial di dalam serum rambut memberikan manfaat yang berbeda-beda tergantung jenisnya. Sebagai contoh, minyak kelapa dan minyak chamomile dapat melembutkan rambut dan membuatnya tampak lebih berkilau.

Serum rambut dengan kandungan minyak serai dan minyak lavender bermanfaat untuk mengurangi ketombe. Sementara itu, minyak geranium terkenal akan khasiatnya yang mampu memperkuat rambut.

Cara Menggunakan Serum Rambut dengan Tepat

Untuk mendapatkan manfaatnya secara maksimal, Anda perlu mengetahui cara menggunakan serum rambut dengan tepat. Berikut ini adalah langkah-langkah yang disarankan saat menggunakan serum rambut:

  • Cuci rambut terlebih dahulu hingga bersih dengan sampo yang sesuai jenis rambut.
  • Keringkan rambut menggunakan handuk hingga rambut terasa lembap atau setengah kering.
  • Teteskan 1–2 tetes serum rambut ke tangan dan gosokkan serum tersebut di antara kedua tangan selama 5 detik hingga terasa hangat.
  • Oleskan serum rambut secara merata dan perlahan mulai dari ujung bawah rambut hingga ke bagian tengah rambut.
  • Hindari mengoleskan serum rambut dalam jumlah yang terlalu banyak, terutama di kulit kepala, agar rambut tidak tampak berminyak.
  • Terakhir, tata rambut sesuai keinginan dengan sisir bergigi jarang untuk meratakan serum rambut secara menyeluruh.

Jika setelah pemakaian serum rambut kulit kepala Anda terasa gatal atau perih, sebaiknya hentikan pemakaian serum tersebut dan segera kunjungi dokter untuk mendapatkan penangan yang tepat.

Selain itu, Anda juga sebaiknya membaca label produk serum rambut dengan cermat sebelum membelinya. Hal ini penting dilakukan agar Anda bisa memilih produk serum rambut yang sesuai dengan kebutuhan dan kondisi rambut.

Bila perlu, Anda juga bisa berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan saran yang tepat mengenai cara memilih serum rambut atau penanganan khusus lainnya untuk mengatasi masalah rambut yang Anda alami.