Sebagian orang beranggapan bahwa lemak berbahaya bagi kesehatan. Padahal, di sisi lain, fungsi lemak bagi tubuh sangatlah beragam. Lemak akan membahayakan tubuh bila jumlahnya berlebihan. Oleh karena itu, asupannya perlu dibatasi agar lemak berfungsi secara optimal.

Selain protein dan karbohidrat, lemak merupakan salah satu jenis makronutrisi yang dibutuhkan oleh tubuh. Ketiga jenis nutrisi ini dibutuhkan dalam jumlah yang lebih besar dibandingkan jenis nutrisi lain, seperti vitamin dan mineral.

5 Fungsi Lemak bagi Tubuh yang Tidak Bisa Diremehkan - Alodokter

Namun, tidak semua jenis lemak dapat memberikan beragam kebaikan bagi tubuh. Jenis lemak yang baik untuk kesehatan adalah lemak sehat atau lemak tak jenuh, misalnya asam lemak omega-3.

Berbagai Fungsi Lemak Bagi Tubuh Manusia

Meski kerap dikaitkan dengan berbagai penyakit, faktanya tubuh tetap  membutuhkan lemak. Ada beberapa fungsi lemak yang baik bagi tubuh, di antaranya:

1. Membantu penyerapan vitamin

Vitamin A, vitamin D, vitamin E, dan vitamin K merupakan jenis vitamin yang larut dalam lemak. Oleh karena itu, agar keempat vitamin ini dapat diserap oleh tubuh dengan lebih baik, Anda perlu untuk mengonsumsi makanan yang mengandung lemak secukupnya.

2. Menghasilkan energi bagi tubuh

Lemak juga dapat berperan sebagai sumber energi bagi tubuh untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Namun, bukan berarti Anda bisa mengonsumsi lemak secara berlebihan demi meningkatkan energi. Anda pun perlu membatasi asupannya agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan tubuh.

Tak hanya mengandalkan lemak, Anda juga bisa mengonsumsi protein dan karbohidrat untuk mencukupi kebutuhan energi sehari-hari.

3. Menyehatkan kulit dan rambut

Lemak juga berperan dalam menjaga kesehatan kulit dan rambut. Pasalnya, lemak dibutuhkan untuk memproduksi sebum atau minyak alami tubuh untuk menjaga kelembapan kulit dan rambut.

Lemak juga berperan penting dalam pembentukan sel dan jaringan kulit serta rambut yang baru. Oleh karena itu, agar kesehatan kulit dan rambut Anda tetap terjaga, Anda membutuhkan asupan lemak yang cukup.

Beberapa penelitian bahkan menyebutkan bahwa lemak baik, seperti asam lemak omega-3 dan omega-6, turut berperan dalam mendukung proses penyembuhan luka, merangsang pertumbuhan rambut, serta mencegah dan mengurangi kerontokan.

4. Menjaga tubuh tetap hangat

Lemak yang tidak digunakan oleh tubuh akan disimpan dalam bentuk jaringan lemak. Jaringan ini berfungsi sebagai isolator sehingga suhu tubuh lebih mudah terkendali. Dengan adanya jaringan lemak yang cukup, tubuh pun akan tetap hangat.

5. Melindungi organ tubuh

Lemak juga berfungsi untuk melindungi organ tubuh dari kerusakan. Selain itu, lemak juga berperan dalam membangun sel dan memproduksi hormon, sehingga tubuh bisa berfungsi dengan baik.

Pada janin dan anak-anak, asupan lemak sehat juga berperan penting dalam mendukung perkembangan jaringan otak dan saraf serta proses tumbuh kembang.

Ragam Jenis dan Sumber Lemak

Tidak semua jenis lemak baik untuk kesehatan tubuh. Sebagian jenis lemak ada yang baik untuk kesehatan, tetapi ada juga jenis lemak yang bisa memberi dampak buruk pada kesehatan bila dikonsumsi secara berlebihan.

Oleh karena itu, untuk mendapatkan fungsi lemak secara optimal, penting bagi Anda untuk mengenal dan memahami berbagai jenis lemak yang terdapat pada makanan. Berikut ini adalah beberapa jenisnya:

Lemak tak jenuh tunggal

Lemak tak jenuh tunggal termasuk dalam jenis lemak yang sehat. Jika dikonsumsi dengan jumlah yang sesuai, lemak ini bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL) dan menjaga kadar kolesterol baik dalam tubuh (HDL) sehingga kesehatan jantung dan pembuluh darah pun tetap terjaga.

Lemak tak jenuh tunggal bisa ditemukan di dalam buah alpukat, minyak zaitun, biji-bijian, serta kacang-kacangan, seperti kacang tanah, kedelai, almond, dan kacang pecan.

Lemak tak jenuh ganda

Lemak tak jenuh ganda juga termasuk dalam jenis lemak sehat. Asupannya yang memadai dapat menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh. Beberapa contoh lemak yang termasuk dalam jenis lemak tak jenuh ganda meliputi asam lemak omega-3 dan omega-6.

Lemak tak jenuh ganda bisa diperoleh dari beragam jenis makanan, seperti kacang walnut, minyak sehat, serta ikan, termasuk ikan salmon, ikan tuna, dan ikan tongkol.

Lemak trans

Lemak trans termasuk dalam jenis lemak tidak sehat, sebab bisa meningkatkan kadar LDL dalam tubuh. Apabila dikonsumsi berlebihan, lemak trans bisa meningkatkan risiko terkena berbagai penyakit, seperti stroke, diabetes tipe 2, dan penyakit jantung.

Lemak tak sehat ini banyak ditemukan di dalam produk makanan olahan, seperti kentang goreng, biskuit, donat, pizza, dan sosis.

Lemak jenuh

Lemak jenuh yang dikonsumsi dalam jumlah yang sesuai dan tidak berlebihan umumnya tidak berbahaya bagi kesehatan. Namun, jika asupannya terlalu banyak, lemak ini juga bisa mengganggu kesehatan karena dapat meningkatkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

Lemak jenuh terdapat pada mentega, telur, daging merah, susu, keju, jeroan, daging berlemak, dan kulit ayam.

Lemak merupakan salah satu jenis nutrisi yang penting bagi kesehatan tubuh. Namun, agar lebih aman dan sehat, konsumsi lemak secukupnya dan imbangi dengan pola makan bergizi seimbang.

Untuk mencukupi asupan lemak, Anda juga sebaiknya memilih jenis makanan yang kaya akan lemak sehat serta membatasi makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans.

Apabila masih memiliki pertanyaan seputar fungsi lemak bagi kesehatan tubuh atau bingung dalam menentukan jenis makanan berlemak yang baik dan sesuai dengan kondisi kesehatan, Anda bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahuinya.