Ada beragam cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri, mulai dari relaksasi hingga kompres menggunakan air dingin. Meski umumnya dapat hilang dengan sendirinya, sakit kepala sebelah kiri yang sering terjadi atau muncul secara tiba-tiba dapat mengganggu aktivitas sehari-hari dan perlu segera diatasi.

Sesuai namanya, sakit kepala sebelah kiri ditandai dengan rasa sakit yang terjadi pada sisi kepala sebelah kiri. Kondisi ini bisa disebabkan oleh berbagai faktor, seperti kurang tidur, terlalu banyak konsumsi minuman beralkohol, stres, dan pola makan tidak teratur.Ketahui 6 Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri - AlodokterMengingat kondisi ini dapat terjadi secara tiba-tiba, penting bagi Anda untuk mengetahui beragam cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri.

Cara Mengatasi Sakit Kepala Sebelah Kiri

Pengobatan untuk sakit kepala sebelah kiri perlu disesuaikan dengan penyebabnya. Namun, untuk mengurangi gejala yang muncul, Anda bisa mencoba beberapa cara sederhana berikut ini di rumah:

1. Tidur yang cukup

Cara paling sederhana untuk mengatasi sakit kepala sebelah kiri adalah dengan beristirahat dan mencukupi waktu tidur. Ini karena kurang tidur dapat memicu dan memperburuk sakit kepala sebelah.

Oleh karena itu, cukupi waktu tidur minimal 7–9 jam setiap harinya untuk mengurangi risiko terjadinya sakit kepala sebelah kiri dan meredakan kondisi ini.

2. Menggunakan kompres panas atau dingin

Kompres panas atau dingin juga bisa meredakan rasa sakit di kepala, baik di bagian kiri atau kanan. Cara melakukannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu merendam handuk di dalam wadah berisi air dingin atau panas. Setelah diperas, tempelkan handuk di bagian kepala yang terasa sakit selama 15–20 menit.

3.  Berendam atau mandi air hangat

Mandi air hangat juga bisa menjadi cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri. Ini karena mandi atau berendam dengan air hangat dapat meredakan ketegangan otot kepala, sehingga sakit kepala yang dirasakan bisa berkurang.

4. Mencukupi asupan cairan tubuh

Dehidrasi merupakan salah satu pemicu terjadinya sakit kepala sebelah kiri. Untuk mengatasi dan menghindari hal tersebut, Anda perlu mencukupi kebutuhan cairan tubuh dengan minum air putih minimal 2 liter atau 8 gelas setiap harinya.

5. Melakukan teknik relaksasi

Sakit kepala sebelah kiri yang Anda alami bisa pula disebabkan oleh stres. Namun, teknik relaksasi bisa menjadi pilihan untuk mengendalikan stres sehingga sakit kepala dapat mereda.

Beberapa pilihan teknik relaksasi yang mudah dilakukan di mana saja, misalnya meditasi, latihan pernapasan, atau mendengarkan musik yang menenangkan.

6. Berolahraga secara rutin

Tak hanya menenangkan pikiran, berolahraga secara rutin juga dapat mengurangi stres yang sering menjadi pemicu sakit kepala sebelah kiri. Tak hanya itu, olahraga juga dapat meningkatkan mood dan kualitas tidur Anda.

Bila berbagai cara di atas tidak juga efektif untuk meredakan keluhan yang dialami, Anda bisa mengonsumsi obat pereda nyeri yang dijual bebas di apotek, seperti ibuprofen atau paracetamol.

Namun, bila sakit kepala sebelah kiri yang Anda alami memburuk atau disertai gejala lain, misalnya demam hingga 3 hari, diare, serta muntah terus-menerus, segeralah periksakan diri ke dokter untuk mendapatkan pengobatan dan mengetahui cara mengatasi sakit kepala sebelah kiri sesuai penyebabnya.