Tak hanya mudah lelah, keluhan ibu hamil 8 bulan biasanya beragam, mulai dari nyeri punggung, kaki bengkak, hingga kontraksi palsu yang lebih sering. Agar bisa tetap beraktivitas dengan nyaman, penting bagi Bumil untuk mengetahui cara mengatasi berbagai keluhan tersebut.

Segala bentuk ketidaknyamanan dan keluhan hamil 8 bulan umumnya dipengaruhi oleh perubahan bentuk tubuh seiring dengan pertumbuhan janin dalam kandungan. Saat mengalami keluhan tertentu, sebaiknya jangan terlalu panik, Bumil hanya perlu memahami penyebabnya dan mengetahui solusinya.

Seputar Keluhan Ibu Hamil 8 Bulan dan Cara Mengatasinya - Alodokter

Berbagai Keluhan Ibu Hamil 8 Bulan dan Cara Mengatasinya

Keluhan ibu hamil 8 bulan biasanya sama seperti keluhan di awal hingga pertengahan kehamilan, meliputi kelelahan, heartburn atau nyeri ulu hati, dan sesak napas. Hanya saja, gejalanya akan lebih sering dan lebih berat, mengingat sudah semakin dekat dengan waktu persalinan.

Berikut ini adalah beberapa keluhan ibu hamil 8 bulan lainnya beserta cara mengatasinya:

1. Sakit punggung, lutut, dan leher

Salah satu keluhan ibu hamil 8 bulan yang sering dialami adalah sakit punggung. Ini umumnya terjadi karena pertumbuhan janin yang membuat ukuran rahim semakin membesar dan menekan pembuluh darah serta saraf di area panggul dan punggung.

Selain itu, nyeri juga dialami di lutut dan leher. Sebagian ibu hamil juga mungkin lebih sering mengalami sakit kepala. Untuk mengatasinya, cobalah mandi air hangat, terapi pijat, mengubah posisi tidur, dan berolahraga.

2. Gerah atau kepanasan

Laju metabolisme ibu hamil yang meningkat, perubahan hormon, dan peningkatan jumlah darah dapat membuat suhu tubuh naik. Janin di kandungan yang turut mengeluarkan hawa panas tubuh juga menjadi penyebab ibu hamil merasa kepanasan.

Untuk membantu Bumil merasa lebih sejuk, cobalah kenakan pakaian yang longgar dan berbahan katun yang mudah menyerap keringat, serta perbanyak minum air putih.

3. Kaki bengkak

Penyebab kaki bengkak umumnya adalah karena rahim yang semakin membesar menekan pembuluh darah, sehingga darah terbendung di kaki dan tungkai.

Cara mengatasi kaki bengkak saat hamil adalah dengan menopang kaki menggunakan bantal, baik ketika sedang duduk atau tidur selama 15–20 menit. Lakukanlah sebanyak 2–3 kali sehari. Namun, Bumil perlu mewaspadai pembengkakan yang berlebihan, karena bisa jadi itu merupakan tanda preeklamsia atau keracunan kehamilan.

4. Kontraksi palsu

Keluhan hamil 8 bulan lainnya yang kerap dirasakan adalah meningkatnya kontraksi palsu atau yang disebut kontraksi Braxton-Hicks. Kondisi ini bisa membuat ibu hamil merasa kencang di bagian perut atau rahim yang datang dan pergi sesekali. Hal ini bisa terjadi karena dehidrasi, aktivitas seksual, atau kelelahan.

Untuk mengatasinya, cobalah mengubah posisi tubuh, mandi air hangat, dan minum air putih.

5. Sering pipis

Makin mendekati persalinan, janin akan bergerak turun ke area panggul dan hal ini bisa memberi tekanan ekstra pada kandung kemih. Kondisi tersebut bisa membuat ibu hamil merasa ingin pipis lebih sering.

Yang bisa Bumil lakukan adalah melakukan senam Kegel, tetap penuhi kebutuhan cairan dengan minum 8 gelas air sehari, dan hindari minum air terlalu banyak di malam hari.

6. Susah tidur

Masalah insomnia atau sulit tidur saat hamil tua juga banyak dialami oleh para ibu hamil. Ini bisa terjadi karena posisi tidur yang kurang nyaman akibat perut yang membesar atau terbangun karena ingin pipis.

Untuk mengatasi keluhan hamil 8 bulan ini, cobalah mandi air hangat sebelum tidur, gunakan bantal kehamilan, atur suhu kamar tidur agar tetap sejuk dan temaram, atau tidur di tempat dan dalam posisi yang membuat Bumil merasa nyaman.

Beberapa keluhan ibu hamil 8 bulan lainnya yang mungkin dirasakan adalah pandangan berkunang-kunang, konstipasi, wasir, nyeri di pinggul dan panggul, serta keputihan yang cukup banyak.

Selain itu, sebagian ibu hamil juga mengalami spotting atau bercak darah di akhir bulan ke-8 kehamilan atau di awal bulan ke-9 kehamilan. Sementara, keluhan heartburn dan sesak napas akan mulai berkurang ketika memasuki akhir bulan ke-8 kehamilan.

Tips Menghadapi Fase Hamil 8 Bulan

Untuk membantu melewati fase hamil 8 bulan, Bumil disarankan lebih fokus mempersiakan diri untuk menyambut bulan terakhir kehamilan. Misalnya, dengan melakukan beberapa hal berikut:

  • Mulai tentukan akan bersalin di mana dan metode persalinannya, baik melahirkan normal atau pun caesar
  • Olahraga secara rutin dan teratur, seperti jalan kaki, yoga, latihan pernapasan, senam Kegel, atau berenang
  • Cukupi asupan nutrisi dan istirahat
  • Lakukan hal-hal yang menyenangkan, seperti massage, atau sibukkan diri dengan mempersiapkan kebutuhan bayi dan kebutuhan untuk bersalin. Hal ini mungkin bisa membantu mengatasi stres dan rasa cemas yang timbul menjelang akhir kehamilan.

Kebanyakan keluhan ibu hamil 8 bulan adalah hal yang normal. Namun, tetap lakukan pemeriksaan kehamilan sesuai jadwal untuk memastikan ibu dan janin dalam keadaan baik. Jangan ragu juga untuk berkonsultasi ke dokter setiap kali Bumil mengalami keluhan tertentu yang parah.