Kebanyakan kasus sinusitis akut yang disebabkan infeksi virus dapat sembuh dengan sendirinya. Untuk meringankan gejala-gejalanya, penderita hanya perlu melakukan beberapa langkah penanganan yaitu:

  • Semprotan hidung saline. Penderita disarankan untuk menyemprotkan semprotan hidung saline beberapa kali dalam sehari ke hidung mereka untuk membersihkan saluran hidung. Semprotan hidung ini merupakan campuran air matang 400 mililiter, garam satu sendok teh, dan soda bikarbonat satu sendok teh.
  • Pereda rasa sakit.
  • Dekongestan. Konsultasikan kepada dokter sebelum mengonsumsi dekongestan. Obat ini tidak bisa digunakan lebih dari seminggu.
  • Kortikosteroid hidung, berfungsi untuk mencegah dan menangani peradangan.

Jika sinusitis akut disebabkan oleh alergi, maka penderita biasanya juga memerlukan imunoterapi untuk membantu mengurangi reaksi tubuh terhadap zat yang membuat penderita alergi.

Sedangkan pengobatan sinusitis kronis biasanya ditujukan untuk mengurangi peradangan sinus, menjaga saluran hidung tetap kering, menghilangkan penyebab, mengurangi serangan sinusitis.

Beberapa penanganan untuk meredakan gejala-gejala sinusitis kronis adalah:

  • Saline nasal irrigation, mampu mengurangi berkumpulnya cairan dan membersihkan zat penyebab iritasi dan alergi.
  • Kompres hangat, membantu mengurangi rasa nyeri di rongga sinus dan hidung.
  • Dekongestan semprot dan tetes hidung, ikuti pentunjuk dokter untuk jangka waktu pemakaiannya.

Kadang pemberian antibiotik diperlukan jika penyebab sisnusitis adalah infeksi bakteri. Sama seperti sinusitis akut, dokter akan memberikan imunoterapi jika sinusitus disebabkan reaksi alergi.

Jika pengobatan dan penanganan tidak juga membuat kondisi sinusitis kronis membaik, biasanya karena adanya kelainan struktur sinus tidak sempurna sehingga saluran keluar sinus tersumbat. Maka dokter juga bisa mengambil langkah pembedahan sinus atau BSEF. Operasi ini sangat efektif dalam mengurangi gejala yang muncul.

Prosedur operasi akan dilakukan di bawah pengaruh bius umum bagi pasien, tapi operasi ini juga bisa dilakukan dengan bius lokal. Hidung pasien akan dijadikan mati rasa.

Ketika operasi, dokter bedah akan memasukkan endoskop ke dalam hidung. Endoskop adalah selang kecil dengan lensa kamera di ujungnya untuk memperbesar tampilan dari dalam hidung. Dokter bisa melihat bagian terbuka dari saluran drainase sinus. Setelah ini, dokter bedah akan melakukan:

  • Pengangkatan jaringan, misalnya polip hidung yang mennyumbat saluran sinus yang terpengaruh.
  • Pemompaan balon kecil untuk membuka saluran drainase dari sinus. Proses ini lebih dikenal sebagai dilatasi kateter balon.

Operasi ini bertujuan meningkatkan drainase sinus Anda dan membantu sinus berfungsi dengan normal kembali. Dokter bedah juga akan memasukkan implan yang akhirnya bisa larut dengan sendirinya. Implan ini akan menjaga sinus tetap terbuka dan bisa menyalurkan steroid mometasone langsung ke dinding sinus.