Pengobatan sinusitis tergantung pada jenis sinusitisnya, seperti dijelaskan berikut ini:

Pengobatan Sinusitis Akut

Sebagian besar sinusitis akut yang disebabkan oleh virus dapat sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi, ada beberapa upaya yang bisa dilakukan untuk mengatasi sinusitis akut, yaitu:

  • Saline nasal irrigation
    Irigasi hidung bertujuan untuk mengurangi penumpukan cairan, serta membersihkan lendir dan zat yang memicu iritasi atau alergi, dengan menggunakan larutan khusus.
  • Dekongestan
    Dekongestan digunakan untuk meredakan hidung tersumbat akibat penumpukan lendir. Obat ini tersedia dalam bentuk cairan, tablet, dan semprotan hidung.
  • Obat pereda nyeri
    Dokter dapat meresepkan paracetamol atau ibuprofen, untuk meredakan sakit kepala atau nyeri di wajah yang disebabkan oleh sinus.
  • Kostikosteroid semprot hidung
    Pengobatan ini digunakan untuk mencegah dan mengobati peradangan pada sinus. Obat kortikosteroid yang biasa digunakan antara lain adalah fluticasone dan budesonide.
  • Antibiotik
    Antibiotik umumnya jarang digunakan untuk sinusitis, mengingat sinusitis umumnya disebabkan oleh infeksi virus. Namun, antibiotik dapat diberikan pada sinusitis akut yang disebabkan oleh infeksi bakteri atau gejala yang dirasakan semakin memburuk.
  • Imunoterapi
    Pengobatan ini diberikan jika sinusitis disebabkan oleh alergi. Terapi ini dilakukan untuk membantu mengurangi reaksi tubuh terhadap alergen.

Pengobatan Sinusitis Kronis

Pengobatan sinusitis kronis bertujuan untuk mengurangi peradangan, menjaga saluran hidung tetap kering, meredakan serangan sinusitis, dan mengatasi penyebabnya. Metode penanganannya sama dengan pengobatan sinusitis akut, tetapi ada beberapa pengobatan tambahan untuk meredakan gejala, yaitu:

  • Kortikosteroid tablet atau injeksi, untuk meredakan peradangan pada sinusitis parah, terutama yang disebabkan oleh polip hidung
  • Obat antijamur, untuk mengatasi sinusitis yang disebabkan oleh infeksi jamur
  • Perawatan mandiri di rumah, seperti kompres hangat, untuk membantu meringankan gejala

Penderita sinusitis kronis tidak dianjurkan untuk menggunakan dekongestan semprot hidung, karena bisa memperparah penyumbatan akibat penggunaan dalam jangka panjang.

Jika obat-obatan tidak lagi efektif untuk meredakan gejala, dokter dapat melakukan prosedur functional endoscopic sinus surgery (FESS). Prosedur ini dilakukan untuk membuka atau melebarkan sinus dengan cara:

  • Mengangkat jaringan yang menyumbat saluran sinus, seperti polip hidung
  • Memompa balon kecil untuk membuka saluran sinus yang tersumbat (dilatasi kateter balon)

Selanjutnya, dokter akan memasukkan implan untuk menjaga sinus tetap terbuka dan menambahkan kortikosteroid yang diarahkan ke lapisan sinus.

Prosedur FESS dilakukan dengan menggunakan endoskop, yaitu selang kecil elastis yang dilengkapi dengan kamera di bagian ujungnya.