Ada beragam resep perawatan rambut alami yang perlu Anda ketahui. Tak hanya mudah dilakukan, berbagai langkah perawatan rambut ini juga diketahui aman karena menggunakan bahan-bahan alami, seperti minyak zaitun, minyak kelapa, hingga lidah buaya.

Sebagian besar bahan alami umumnya mengandung beragam nutrisi yang bisa dimanfaatkan untuk kesehatan tubuh, termasuk rambut. Selain hemat biaya, metode perawatan rambut alami ini dipercaya lebih aman dibandingkan dengan penggunaan produk kemasan yang kerap mengandung bahan kimia keras.

Resep Perawatan Rambut Alami agar Tetap Sehat - Alodokter

Berbagai Resep Perawatan Rambut Alami

Rambut cantik dan berkilau merupakan dambaan banyak wanita. Jika Anda tertarik untuk melakukan perawatan rambut alami, tidak ada salahnya untuk mencoba beberapa resep di bawah ini:

1. Minyak zaitun untuk melembapkan rambut

Minyak zaitun merupakan bahan alami yang dikenal manfaatnya dalam melembapkan dan melembutkan rambut. Hal ini terjadi karena minyak zaitun mengandung pelembap alami yang mampu meresap ke dalam batang rambut dan membuat rambut menjadi lebih kuat serta lembut.

Untuk mencobanya, Anda bisa mengoleskan 2 sendok makan minyak zaitun ke rambut. Selanjutnya, tutup rambut menggunakan plastik atau handuk dan diamkan selama 15 menit. Setelah itu, cuci rambut hingga bersih.

2. Minyak kelapa untuk memperbaiki rambut rusak

Bila Anda memiliki rambut yang rentan kering, rusak, dan rontok, minyak kelapa bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Hal ini karena minyak kelapa memiliki kandungan asam lemak yang mampu menyerap ke batang rambut dan menutrisi rambut yang rusak, misalnya akibat proses pewarnaan.

Cara pemakaiannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu mengoleskan minyak kelapa ke batang rambut saat malam hari dan membiarkannya sampai esok pagi. Balut kepala dengan plastik agar minyak tidak menempel di bantal, kemudian bilas rambut hingga bersih keesokan harinya.

3. Lidah buaya untuk mengatasi ketombe dan rambut rontok

Selain mampu melembapkan, memperkuat, dan merangsang pertumbuhan rambut, lidah buaya juga dapat mencegah ketombe dan rambut rontok, serta membersihkan kulit kepala yang berminyak.

Untuk mencoba bahan ini, Anda bisa ambil daun lidah buaya dan kupas bagian kulit yang keras guna mengambil daging buahnya. Haluskan dengan menggunakan blender tanpa tambahan air dan masukkan ke dalam satu wadah.

Setelah itu, Anda bisa menjadikan lidah buaya sebagai masker rambut. Biarkan masker lidah buaya menempel di rambut selama kurang lebih 5 menit dengan dibalut handuk hangat. Selanjutnya, bilas rambut Anda hingga bersih.

4. Minyak rosemary untuk mengatasi rambut tipis

Penggunaan minyak esensial, seperti minyak rosemary dan lavender, juga dipercaya dapat mengatasi rambut tipis. Kedua minyak tersebut diketahui mengandung sejumlah antioksidan yang mampu merangsang pertumbuhan rambut menjadi lebih tebal.

Meski memiliki manfaat untuk rambut, penggunaan minyak esensial dapat menyebabkan reaksi alergi pada sebagian orang. Oleh karena itu, ada baiknya bila Anda melakukan tes terlebih dahulu dengan mengoleskan sedikit bahan di tangan, kemudian tunggu beberapa menit untuk mengetahui kemungkinan munculnya reaksi alergi.

Itulah beragam resep merawat rambut secara alami yang bisa Anda lakukan di rumah. Meski terkesan mudah, Anda juga perlu mengetahui bahwa perawatan rambut alami tentu harus dilakukan secara teratur untuk memberikan hasil optimal.

Selain perawatan rambut dari luar, perawatan rambut dari dalam pun penting untuk Anda lakukan, yaitu dengan mengonsumsi makanan untuk rambut sehat agar rambut mendapatkan beragam nutrisi dari dalam tubuh.

Perawatan rambut alami secara rutin memang bisa menjaga kesehatan rambut. Namun, jika cara perawatan di atas tidak kunjung mengatasi masalah rambut Anda atau justru menimbulkan masalah baru, seperti rambut kering atau semakin rontok, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter agar diberikan penanganan yang tepat.