Mengapresiasi sesuatu yang dilakukan oleh anak bisa dengan cara memberikan penghargaan atau hadiah. Namun, Bunda perlu tahu bahwa hadiah untuk anak tidak melulu harus berupa barang, lho.

Selain membuat anak senang, memberikan penghargaan atau hadiah kepada anak dapat mendorongnya untuk terus berperilaku baik dan mempertahankan prestasi atau keberhasilannya. Anak juga cenderung memiliki self-esteem yang tinggi karena telah dihargai setelah berhasil melakukan sesuatu yang baik.

Tidak Mesti Barang, 5 Hal Ini Bisa Diberikan sebagai Hadiah untuk Anak - Alodokter

Di samping itu, manfaat memberikan hadiah untuk anak adalah dapat mempererat hubungan anak dengan orang tuanya.

Ide Penghargaan atau Hadiah untuk Anak

Hadiah yang diberikan untuk anak tidak harus selalu bersifat materi atau benda, seperti mainan, permen, atau barang lain kesukaan anak  Hadiah juga bisa berupa hal sederhana yang justru dapat menanamkan nilai-nilai hidup pada dirinya. Berikut adalah di antaranya:

1. Pujian

Meski terkesan sederhana, memberikan Si Kecil pujian sebagai hadiah atas keberhasilannya bisa membuatnya merasa senang. Selain itu, pujian yang tulus dari Bunda dan Ayah akan menumbuhkan rasa percaya dirinya, membangun motivasi, dan melatihnya untuk bisa berpikir positif.

2. Afeksi

Afeksi merupakan bentuk ungkapan kasih sayang. Bagi sebuah keluarga, afeksi adalah unsur penting yang harus selalu dimiliki dan ditunjukkan, khususnya dari orang tua ke anaknya. Nah, afeksi ini bisa dijadikan sebagai penghargaan untuk Si Kecil.

Bentuk afeksi untuk Si Kecil bisa berupa pelukan, mengelus rambut, merangkul tangan di bahu, atau hanya sebuah senyuman. Meski sederhana, cara ini bisa menyentuh hati Si Kecil dan membuatnya merasa dihargai dan disayangi.

3. Ekstra screen time

Waktu anak untuk menonton televisi atau mengakses gadget memang perlu dibatasi. Hal ini penting dilakukan supaya Si Kecil tidak mengalami kecanduan yang bisa berdampak buruk bagi tumbuh kembangnya.

Namun, sesekali Bunda dan Ayah bisa memberikan ekstra screen time sebagai hadiah atas keberhasilan Si Kecil. Hadiah ini juga bisa membantu Si Kecil melawan rasa bosan dan stres di masa pandemi COVID-19.

Meski demikian, saat hendak memberikan hadiah ini, Bunda dan ayah juga harus menetapkan aturan tambahan durasi screen time, misalnya hanya selama 30 menit. Pastikan Bunda dan Ayah juga tetap mengawasi Si Kecil, ketika ia menonton televisi atau bermain gadget, ya.

4. Ekstra waktu bermain dengan temannya

Selain ekstra screen time, Bunda dan Ayah juga bisa memberikan Si Kecil waktu lebih banyak untuk bermain dan bersosialisasi dengan teman-temannya. Jika memungkinkan, izinkanlah Si Kecil mengundang temannya untuk bermain di rumah atau menginap.

Namun, selama hadiah ini diberikan, tetap perhatikan protokol kesehatan yang berlaku, ya. Hal ini penting untuk mencegah penularan COVID-19 pada anak, serta keluarga lainnya di rumah.

5. Meluangkan waktu khusus

Meluangkan waktu lebih banyak Si Kecil anak juga bisa sebagai bentuk perhargaan, lho. Bahkan waktu merupakan hadiah terbaik yang bisa Bunda dan Ayah berikan kepada Si Kecil.

Saat menghabiskan waktu dengan Si Kecil, Bunda dan Ayah bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan dan disukainya, misalnya bermain game favorit, memasak, berolahraga, menonton film di rumah, atau sekadar berjalan-jalan ke taman.

Tips Memberikan Penghargaan atau Hadiah untuk Anak

Ada beberapa tips yang perlu Bunda dan Ayah perhatikan dalam memberikan penghargaan atau hadiah untuk anak, di antaranya:

  • Jelaskan pada Si Kecil tentang apa yang telah ia lakukan dan mengapa ia menerima hadiah. Hal ini akan membuat Si Kecil mengetahui bahwa ia telah melakukan hal baik yang disukai oleh Bunda dan Ayah.
  • Pastikan penghargaan atau hadiah diberikan ketika Si Kecil berhasil melakukan hal baik. Hindari memberikan hadiah sebagai imbalan atau menyuap atas janji Si Kecil untuk tidak berbuat nakal.
  • Buatlah grafik hadiah untuk Si Kecil. Misalnya, Bunda dan Ayah bisa meletakkan satu stiker di bagan setiap kali Si Kecil melakukan pencapaian tertentu. Jika sudah terkumpul banyak, stiker dapat ditukar dengan hadiah.
  • Pertimbangkan untuk memberikan hadiah sesuai dengan usia dan kebutuhan Si Kecil.
  • Diskusikan dengan Si Kecil tentang hadiah apa yang dapat memotivasinya.
  • Hindari menghukum Si Kecil dengan ancaman tidak diberikan hadiah.

Itulah ide perhargaan atau hadiah untuk anak yang bisa Bunda dan Ayah berikan kepada Si Kecil.

Hal ini bisa dilakukan sebagai salah satu cara untuk membentuk karakter diri Si Kecil, agar ia tumbuh dan berkembang menjadi seseorang yang lebih baik. Pemberian hadiah atau penghargaan tersebut juga bisa membantunya agar lebih termovitasi untuk berprestasi dan menjadi pribadi yang memiliki empati.

Bila Bunda dan Ayah masih memiliki pertanyaan terkait hadiah apa yang cocok diberikan kepada Si Kecil atau ingin bertanya seputar parenting atau tumbuh kembang anak, cobalah untuk berkonsultasi dengan psikolog yang khusus mendalami bidang psikologi anak.