Bromhexine

Pengertian Bromhexine

Bromhexine adalah obat mukolitik yang berfungsi mengurangi dan mengencerkan dahak yang ada di saluran pernapasan. Bromhexine dimaksudkan untuk mendukung mekanisme tubuh dalam membuang dahak.

BROMHEXINE-alodokter

Tentang Bromhexine

Golongan Kelompok obat mukolitik
Kategori Obat resep
Manfaat Meredakan batuk yang disertai dahak.
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Bentuk obat Tablet dan obat cair
 Peringatan:
  • Bagi wanita yang merencanakan untuk punya anak, sedang hamil, dan menyusui, tanyakan kepada dokter sebelum mengonsumsi obat ini.
  • Harap berhati-hati dalam mengonsumsi obat ini bagi penderita tukak lambung, sistem kekebalan tubuh rendah akibat kondisi lain (HIV atau obat-obatan untuk kemoterapi), gangguan hati, dan gangguan ginjal.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Bromhexine

Dosis umum mengonsumsi bromhexine akan disesuaikan dengan usia pasien. Selain itu terdapat dua bentuk obat bromhexine yang dapat dipilih, yaitu tablet atau obat cair. Untuk anak berusia 2-5 tahun, berikan bromhexine dalam bentuk obat cair. Penjelasannya sebagai berikut:
Kelompok Usia Dosis Takaran per hari
Dewasa atau 8 mg 3 kali
Anak-anak ≥ 12 tahun
Anak-anak 6-12 tahun 4 mg 3 kali
Anak-anak 2-5 tahun 2,5 ml 3 kali

Mengonsumsi Bromhexine dengan Benar

Pastikan untuk membaca petunjuk pada kemasan obat dan mengikuti anjuran dokter dalam mengonsumsi bromhexine. Jangan menambahkan atau mengurangi dosis tanpa izin dokter.

Bromhexine bisa dikonsumsi dengan atau tanpa makanan. Khususnya untuk obat cair, pastikan untuk mengocok botolnya sebelum digunakan. Disarankan untuk tidak mengonsumsi obat ini lebih dari 14 hari tanpa anjuran dari dokter.

Bagi pasien yang lupa mengonsumsi bromhexine, disarankan segera mengonsumsinya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis bromhexine pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Bromhexine

Reaksi orang terhadap sebuah obat berbeda-beda. Beberapa efek samping yang bisa terjadi akibat bromhexine adalah: Jika efek samping yang terjadi terus berkepanjangan, mengganggu aktivitas, atau Anda mengalami reaksi alergi, segera temui dokter atau datangi rumah sakit terdekat.