Kalsium

Pengertian Kalsium

Kalsium adalah jenis mineral yang bisa ditemukan pada makanan seperti susu, keju, tahu, tempe, bayam, brokoli, kacang-kacangan, dan ikan sarden. Zat ini sangat penting untuk pertumbuhan dan pemeliharaan gigi serta tulang. Selain itu, kalsium juga dibutuhkan oleh saraf, jantung, dan sistem pembekuan darah agar bisa berfungsi dengan baik.

Suplemen kalsium digunakan untuk mengobati dan  mencegah defisiensi kalsium, serta mengurangi kadar fosfat.

kalsium-alodokter

Terkadang tubuh manusia membutuhkan asupan kalsium yang lebih tinggi, terutama pada pertumbuhan di masa kanak-kanak, serta pada wanita yang sedang hamil atau menyusui. Disamping didapat dari makanan, kebutuhan kalsium juga dapat diperoleh dari suplemen kalsium.

Tentang Kalsium

Jenis obat Suplemen mineral
Golongan Obat bebas
Manfaat
  • Mencegah dan mengobati defisiensi kalsium
  • Menurunkan kadar fosfat dalam tubuh
Dikonsumsi oleh Dewasa dan anak-anak
Bentuk obat Tablet dan cairan yang diminum

Peringatan:

  • Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui, sesuaikan dosis suplemen kalsium dengan anjuran dokter.
  • Tanyakan dosis suplemen kalsium untuk anak-anak kepada dokter.
  • Harap berhati-hati jika menderita gangguan ginjal, penyakit sarkoidosis, serta bagi mereka yang kandungan kalsium di dalam darah dan urinnya sangat tinggi.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Kalsium

Dosis kalsium akan diberikan berdasarkan tingkat keparahan defisiensi atau kebutuhan seseorang. Pada orang dewasa, umumnya dosis 1000-1200 mg sehari cukup untuk mencegah dan mengobati defisiensi kalsium. Sedangkan pada anak-anak, biasanya dokter akan menyesuaikan dosis kalsium dengan umur mereka. Jangan mengonsumsi kalsium lebih dari 1500 mg per hari.

Mengonsumsi Kalsium dengan Benar

Gunakanlah suplemen kalsium sesuai dengan keterangan pada kemasan atau anjuran dokter jika diresepkan oleh dokter.

Pastikan ada jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis berikutnya. Bagi pasien yang lupa mengonsumsi suplemen kalsium, disarankan segera meminumnya begitu teringat jika jadwal dosis berikutnya tidak terlalu dekat. Jangan menggandakan dosis suplemen kalsium pada jadwal berikutnya untuk mengganti dosis yang terlewat.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Suplemen Kalsium

Jika dikonsumsi dengan takaran yang direkomendasikan, suplemen kalsium tidak akan membahayakan dan sangat jarang menyebabkan efek samping. Tetapi jika suplemen mineral ini dikonsumsi dalam dosis tinggi, hal tersebut dapat menyebabkan risiko diare dan sakit perut.