Tretinoin Topikal

Pengertian Tretinoin Topikal

Tretinoin topikal adalah obat yang digunakan untuk mengatasi jerawat. Jerawat terjadi ketika minyak atau sebum yang diproduksi oleh kelenjar minyak di bawah kulit tidak dapat keluar melalui pori-pori akibat terhalang oleh kotoran atau sel-sel kulit yang mati.

tretinoin-topikal-alodokter

Sebenarnya sebum berfungsi menjaga kulit kita tetap halus dan lembap. Namun karena terhalang, sebum akan mengendap dan mengeras. Endapan inilah yang kemudian menimbulkan bintik-bintik jerawat dan komedo. Umumnya masalah kesehatan ini dialami oleh orang-orang yang masih berusia remaja hingga 25 tahun.

Dalam mengobati jerawat, tretinoin topikal bekerja dengan cara membuka pori-pori kulit yang tersumbat.

Tentang Tretinoin Topikal

Golongan Retinoid topikal
Kategori Obat resep
Manfaat Mengobati jerawat
Digunakan oleh Remaja dan dewasa
Bentuk obat Krim

Peringatan:

  • Bagi wanita yang sedang hamil atau menyusui tidak diperbolehkan untuk menggunakan obat ini.
  • Harap berhati-hati jika Anda sedang menderita masalah kulit lainnya, misalnya rosacea dan eksim. Jangan mengoleskan tretinoin pada area kulit yang mengalami radang atau luka bakar.
  • Harap berhati-hati juga jika Anda atau keluarga Anda pernah memiliki riwayat kanker kulit sebelumnya.
  • Hindari terkena tretinoin topikal pada bagian mata, lubang hidung, dan mulut karena kulit pada bagian-bagian tersebut sangat sensitif.
  • Selama menggunakan obat ini, kulit bisa menjadi lebih sensitif terhadap cahaya matahari. Hindari sinar matahari sebisa mungkin dan gunakan tabir surya.
  • Jika terjadi reaksi alergi atau overdosis, segera temui dokter.

Dosis Tretinoin Topikal

Oleskan pada kulit yang terkena jerawat sebanyak satu hingga dua kali sehari. Tergantung kepada kondisi kulit atau tingkat keparahan jerawat, pengobatan bisa berlangsung hingga empat bulan.

Efek dari tretinoin pada jerawat mungkin baru dapat terlihat setelah 4 hingga 6 minggu penggunaan. Kunci dari kefektifan obat ini adalah cara penggunaan yang konsisten dan teratur.

Menggunakan Tretinoin Topikal dengan Benar

Ikuti anjuran dokter dan baca informasi yang tertera pada kemasan tretinoin topikal sebelum mulai menggunakannya.

Cucilah wajah terlebih dahulu, kemudian keringkan bagian kulit yang akan diolesi obat ini. Gunakan sabun ringan dan air hangat, serta hindari penggunaan air yang terlalu dingin atau panas karena dikhawatirkan dapat memperparah jerawat.

Jika kulit wajah mengelupas akibat reaksi dari obat jerawat lain yang Anda gunakan, tunggu hingga kulit wajah Anda pulih dahulu sebelum mulai menggunakan tretinoin topikal.

Sebagian pengguna tretinoin topikal merasakan kulit mereka menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari. Oleh karena itu, hindari terpapar langsung sinar matahari dan gunakan tabir surya sebelum melakukan aktivitas di luar rumah.

Gunakan pelembap berbahan dasar air untuk mengatasi kulit yang kering dan hindari pelembap berbahan dasar minyak karena justru dapat menyumbat pori-pori kulit.

Hasil dari pemakaian tretinoin topikal biasanya baru mulai dapat terlihat setelah sekitar sebulan pemakaian. Sedangkan untuk hasil maksimalnya terlihat, bisa memakan waktu hingga empat bulan. Karena itu jangan menghentikan pengobatan kurang dari waktu tersebut. Anda bisa menghentikan penggunaan tretinoin topikal jika jerawat Anda tidak menunjukkan tanda-tanda pulih dalam waktu enam minggu dan temui dokter yang meresepkannya guna mendapatkan alternatif lainnya.

Saat meresepkan tretinoin topikal biasanya dokter akan menyarankan Anda untuk terus menggunakannya selama jangka waktu tertentu meski jerawat Anda sudah pulih. Hal ini bertujuan untuk mencegah agar jerawat tidak kembali.

Kenali Efek Samping dan Bahaya Tretinoin Topikal

Sama seperti obat-obat lain, tretinoin topikal juga berpotensi menyebabkan efek samping. Beberapa efek samping yang umum terjadi pada kulit setelah menggunakan retinoid topikal ini adalah:

  • Kering
  • Mengelupas
  • Sensasi terbakar
  • Berwarna kemerahan
  • Sensasi tersengat
  • Meninggalkan bekas berwarna gelap atau terang, namun ini hanya sementara.