Utamakan Makanan Alami untuk Vitamin Rambut

Ada banyak cara menjaga kesehatan rambut, seperti perawatan creambath, mengenakan masker rambut, dan mengonsumsi suplemen untuk rambut. Namun, utamakan mengonsumsi makanan alami untuk menyehatkan rambut Anda.

Banyak penelitian yang menemukan bahwa mengonsumsi beragam makanan yang kaya nutrisi efektif dalam menjaga kesehatan rambut karena terpenuhinya 13 vitamin esensial, antara lain A, D, E, K, C, vitamin B6, B12, dan vitamin B kompleks. Vitamin B kompleks sendiri terdiri dari asam folat, niasin, vitamin B12, vitamin B6, biotik, asam pantotenat, dan tiamin.

Vitamin rambut-alodokter

Salah satu ciri rambut yang sehat dapat dilihat dari pertumbuhannya. Vitamin D dan B adalah dua nutrisi yang berperan penting untuk pertumbuhan rambut.

Vitamin D

Vitamin D yang berperan menjaga kesehatan tulang dan kulit dideteksi berperan mendukung pertumbuhan rambut juga. Sebuah penelitian mengemukakan bahwa vitamin D dapat mendukung terbentuknya folikel atau lubang kecil baru sebagai tempat helai rambut tumbuh.

Namun berhati-hatilah saat mengonsumsi vitamin D dalam bentuk suplemen. Vitamin ini lebih disarankan untuk dikonsumsi bersama makanan berlemak sehingga dapat terserap oleh tubuh. Namun, dikarenakan vitamin D bersifat larut dalam lemak, penggunaan berlebihan dapat menyebabkan timbunan berbahaya dalam jaringan lemak dan terlalu banyak kalsium dalam darah yang dapat memicu kelelahan dan gangguan ginjal.

Vitamin B

Selain berperan mengatur sistem saraf pusat dan metabolisme tubuh, vitamin B kompleks penting untuk menjaga kesehatan kulit dan rambut juga. Vitamin B12, niasin, dan biotin dapat membantu menjaga kekuatan rambut.

Perhatikan Baik-baik Mengenai Makanan Ini

Dibandingkan suplemen, utamakanlah mengonsumsi makanan alami. Vitamin D secara alami terdapat di dalam sinar matahari pagi, daging ikan, jus jeruk, biji-bijian, dan susu rendah lemak. Sementara vitamin B12 banyak terdapat di dalam daging merah dan produk olahan susu. Selain itu, vitamin B kompleks terdapat antara lain di dalam kol, wortel, hati sapi, telur, kacang, dan kacang kedelai.

Mari kita buat daftar prioritas dengan bahan-bahan makanan berikut untuk mendapatkan manfaatnya untuk rambut Anda.

Salmon, sarden, dan makarel yang kaya akan asam lemak omega-3 bermanfaat untuk rambut berkilau. Selain menjaga tubuh terjaga dari penyakit, lemak sehat yang tidak dapat diproduksi sendiri oleh tubuh ini membantu pertumbuhan rambut dan membuatnya berkilau.

Bayam yang kaya akan vitamin A, beta karoten, vitamin C, zat besi, dan asam folat yang berperan menjaga kesehatan kulit kepala dan kelembapan rambut agar tidak mudah patah.

Ubi, wortel, labu, melon, dan mangga kaya akan antioksidan beta karoten yang berguna mencegah rambut kusam dan kering. Vitamin A dari beta karoten juga berperan merangsang kelenjar minyak pada kulit kepala untuk melembapkan dan menjaganya tidak kering.

Segelas jus jambu mengandung 377 miligram vitamin C yang dapat mencegah rambut patah dan bercabang.

Sereal yang diperkaya zat besi, sayur berwarna hijau gelap, hati sapi, pasta, biji-bijian, dan kacang kedelai dapat mencegah kerontokan rambut.

Daging ayam. Rambut rontok dapat menyebabkan kebotakan jika pertumbuhan rambut yang baru terhenti akibat kekurangan protein. Untuk mendapatkan kecukupannnya, Anda dapat mengonsumsi daging unggas, seperti ayam, yang memiliki kadar lemak jenuh lebih rendah dibandingkan daging merah.

Kayu manis melancarkan aliran darah yang membawa oksigen dan nutrisi ke akar rambut. Bahan ini dapat ditaburkan pada roti, kopi, atau oatmeal.

Telur kaya akan vitamin B bernama biotin yang membantu pertumbuhan rambut.

Selain mengonsumsi makanan-makanan yang kaya vitamin rambut di atas, jangan lupa padukan dengan perawatan rambut secara teratur dengan berbagai cara alami lainnya, seperti mengonsumsi cukup air mineral, berolahraga secara rutin, serta mengurangi pemakaian pengering dan pelurus rambut.