Saat hamil 7 minggu, ibu hamil mulai memperlihatkan gejala awal kehamilan seperti mual, muntah, mudah lelah, dan nyeri payudara. Selain itu, ada banyak perkembangan yang terjadi pada janin di usia kehamilan ini.

Hamil 7 minggu merupakan periode awal perkembangan pada janin dan kemunculan tanda-tanda kehamilan pada wanita. Jika hari pertama haid terakhir (HPHT) dianggap sebagai hari pertama usia kehamilan, hamil 7 minggu berarti wanita telah mengalami keterlambatan haid selama 2 pekan.

Hamil 7 Minggu, Ketahui Perubahan pada Ibu Hamil dan Perkembangan pada Janin - Alodokter

Untuk memeriksa kehamilan, ibu hamil dapat melakukan test pack dan memastikannya melalui USG. Meskipun anatomi janin belum dapat terlihat melalui USG, kantung kehamilan sudah terbentuk di usia kehamilan 7 minggu.

Gejala Kehamilan Saat Hamil 7 Minggu

Pada usia kehamilan 7 minggu, rahim tumbuh menjadi seukuran lemon. Perut ibu hamil (Bumil) pada dasarnya masih akan terlihat sama seperti sebelum hamil. Namun sebaliknya, payudara Bumil terlihat sedikit membesar.

Payudara Bumil juga akan terasa nyeri. Ini merupakan salah satu tanda hamil 7 minggu yang umum terjadi. Gejala ini bahkan dapat dirasakan sebelum Bumil melewatkan menstruasi atau melakukan pemeriksaan kehamilan.

Di samping itu, hamil 7 minggu juga mulai membuat Bumil mengalami berbagai gejala berikut ini:

1. Sensitif terhadap bau

Bumil dapat menjadi sensitif terhadap bau atau hiperosmia. Kondisi ini dapat memicu mual dan muntah, sehingga Bumil menjadi tidak nafsu makan. Sensitif terhadap bau dapat disebabkan oleh meningkatnya hormon kehamilan hCG.

2. Ngidam

Bumil mungkin merasa mual ketika berhadapan dengan makanan yang sebelumnya disukai. Di sisi lain, Bumil juga bisa memiliki keinginan untuk menyantap makanan tertentu (ngidam). Hal ini juga disebabkan oleh perubahan hormon, khususnya oleh peningkatan hormon estrogen.

3. Sering buang air kecil

Sering buang air kecil dapat menjadi tanda awal kehamilan. Gejala awal kehamilan ini disebabkan oleh perubahan hormonal yang meningkatkan aliran darah ke ginjal dan pembuluh darah panggul. Hal inilah yang menyebabkan Bumil menjadi jadi lebih sering buang air kecil saat hamil 7 minggu.

4. Sembelit

Sembelit merupakan salah satu gejala hamil 7 minggu yang umum terjadi. Peningkatan hormon kehamilan membuat usus bergerak lebih lambat dalam mencerna makanan, sehingga menyebabkan sembelit.

4. Mudah lelah

Saat hamil, volume darah Bumil akan meningkat agar bisa memasok nutrisi bagi janin. Kondisi ini membuat kinerja jantung ikut meningkat. Denyut nadi dan pernapasan Bumil juga menjadi lebih cepat. Inilah yang membuat Bumil menjadi lebih mudah lelah.

Selain gejala di atas, ibu hamil 7 bulan juga dapat mengalami kembung, air liur berlebih, kram, perubahan suasana hati, dan heartburn.

Perkembangan Janin di Usia Kehamilan 7 Minggu

Di usia kehamilan 7 minggu, janin berukuran sangat kecil, yaitu sekitar 1 cm atau seukuran biji kopi. Ukuran ini sudah bertambah 2 kali lipat dibandingkan saat usia kehamilan 6 minggu.

Jantung janin pada usia kehamilan 7 minggu berdetak sekitar 150–180 denyut per menit. Detak jantung ini dapat didengar melalui pemeriksaan USG kehamilan dan dapat menjadi salah satu tanda janin berkembang dengan baik.

Selain itu, janin juga mengalami perkembangan pesat dalam beberapa aspek berikut ini:

1. Tali pusar mulai terbentuk

Selama dalam kandungan, janin memperoleh oksigen dan nutrisi serta membuang zat sisa melalui plasenta. Plasenta terhubung ke janin melalui tali pusar atau umbilical cord.

2. Bagian-bagian mata mulai terbentuk

Bagian penting dalam mata yang berfungsi sebagai indera penglihatan, seperti kornea, iris, pupil, retina dan lensa mata, mulai berkembang di minggu ini. Meski demikian masih butuh beberapa minggu lagi untuk memastikan organ ini berkembang dengan sempurna.

3. Wajah tampak lebih jelas

Telinga bagian dalam janin mulai berkembang, tetapi telinga bagian luar di sisi kepalanya belum akan terlihat hingga beberapa minggu ke depan.

Perkembangan mulut, kelopak mata, dan lubang hidung janin juga meningkat pesat sejak minggu ke-6. Di usia hamil 7 minggu ini, organ-organ yang ada di wajah janin mulai terlihat makin jelas.

4. Organ dalam mulai terbentuk

Organ pencernaan janin, seperti lambung dan kerongkongan, mulai terbentuk. Selain itu, hati, pankreas, paru-paru, dan ginjal juga mulai berkembang.

5. Otak berkembang pesat

Di usia hamil 7 minggu, sel saraf terus janin tumbuh dan berkembang membentuk otak serta sumsum tulang belakang. Sel otak janin tumbuh berlipat ganda sebanyak 250.000 sel per menit selama kehamilan.

Untuk menjaga kesehatan janin dan ibu saat hamil 7 minggu, Bumil disarankan untuk selalu mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga ringan, dan menghindari hal yang dapat membahayakan kehamilan.

Jangan lupa pula untuk melakukan pemeriksaan kehamilan secara rutin ke dokter agar kondisi kehamilan, termasuk saat hamil 7 minggu, selalu terpantau. Dokter akan menyarankan beberapa pemeriksaan. Jika ada riwayat kelainan genetik dalam keluarga, dokter juga dapat merekomendasikan NIPT dan CVS.