Gejala utama kurap yang paling mudah dikenali adalah munculnya ruam kemerahan yang berbentuk cincin dengan garis luar yang tidak beraturan. Ruam ini terasa bersisik dan gatal. Lingkaran ruam kurap juga dapat melebar dan muncul di bagian tubuh mana saja. Jika tingkat keparahannya meningkat, ruam tersebut akan membentuk benjolan dan melepuh.

Kurap pada wajah dan leher mungkin tidak tampak seperti cincin, namun tetap terasa gatal dan membengkak. Kurap pada dua bagian tubuh ini juga dapat menjadi kering dan berkerak.

Sedangkan pada tangan, kurap seringkali menyebabkan kulit pada telapak tangan dan di antara jari menebal. Meski umumnya hanya menjangkiti satu tangan, kurap ternyata dapat terjadi pada kedua tangan.

Jamur Pada Kulit kepala

Gejala-gejala umum yang terjadi pada kurap di kulit kepala meliputi munculnya area kecil yang bersisik pada kulit yang terasa perih, terbentuknya pitak akibat kerontokan, serta kulit kepala yang gatal. Tetapi jika bertambah parah, biasanya akan muncul luka kecil bernanah dan sisa luka yang mengeras. Terkadang juga muncul kerion, yakni luka besar yang bengkak. Luka ini dapat mengeluarkan nanah dan menyebabkan penderita demam serta mengalami pembengkakan kelenjar getah bening.

Jamur Pada Bagian Tubuh Lain

Selain tubuh dan kulit kepala, kurap juga dapat tumbuh di kaki, selangkangan, dan kuku.

Kurap yang muncul di selangkangan akan menimbulkan ruam merah kecokelatan. Ruam ini akan terasa gatal dan bisa muncul pada paha bagian dalam dan sekitar bokong. Kulit yang teriritasi juga dapat bersisik dan terkelupas. Pada sekitar lingkaran ruam, luka melepuh dan bernanah juga bisa terbentuk.

Sementara kurap yang menyerang kaki akan menyebabkan ruam yang gatal, kering, dan terkelupas di antara jari kaki. Pada kasus yang parah, gejalanya dapat meliputi kulit pecah-pecah di bagian yang terinfeksi serta kulit bersisik pada tumit dan sisi kaki. Selain perubahan tekstur kulit, jenis kurap ini dapat menyebabkan luka melepuh, serta sensasi terbakar atau perih pada kulit.

Kurap pada selangkangan dan kaki terkadang bisa terjadi secara bersamaan. Hal ini dapat terjadi karena penderita biasanya tidak sengaja memindahkan spora jamur dari kaki ke selangkangan atau sebaliknya, misalnya saat memakai celana atau ke toilet.

Jika muncul di kuku, kurap akan menyebabkan kuku menebal, berubah warna, menjadi rapuh, dan mudah copot. Bagian tepi kuku juga terkadang bisa terasa perih akibat iritasi.