Langkah pengobatan kurap tergantung kepada jenis dan tingkat keparahannya. Umumnya kurap bisa diobati melalui penanganan mandiri di rumah yang dikombinasikan dengan obat-obatan antijamur sesuai dengan resep dokter.

Langkah Perawatan di Rumah

Untuk mempercepat kesembuhan, Anda dapat melakukan perawatan tambahan yang sederhana di rumah. Langkah perawatan ini bisa dilakukan dengan:

  • Mengenakan pakaian yang longgar dan berbahan lembut seperti katun agar tidak memperparah iritasi kulit.
  • Membersihkan bagian yang terinfeksi secara teratur dan menjaganya agar tetap kering.
  • Mengganti dan mencuci pakaian, handuk, seprai sesering mungkin selama terinfeksi.

Obat Antijamur

Jika mengidap kurap pada tubuh bagian atas dan selangkangan, Anda dapat mengatasinya dengan krim, salep, atau obat semprot antijamur. Obat antijamur jenis salep dan semprot ini umumnya dapat dibeli di apotek tanpa memerlukan resep dokter.

Tetapi jika Anda mengalami gejala-gejala yang tidak kunjung sembuh setelah diobati selama 10-14 hari, Anda sebaiknya memeriksakan diri ke dokter karena Anda mungkin membutuhkan tablet antijamur. Jenis obat minum yang biasanya diberikan dokter adalah terbinafine, griseofulvin atau itraconazole. Tetapi konsumsi itraconazole tidak dianjurkan untuk anak-anak, manula, dan penderita gangguan hati.

Tablet terbinafine dan griseofulvin juga digunakan untuk mengobati kurap di kulit kepala, tapi harus dikombinasikan dengan sampo antijamur. Penggunaan sampo antijamur bukan untuk menyembuhkan, melainkan untuk mencegah penyebaran infeksi sehingga membantu proses kesembuhan.

Begitu juga dengan kurap di kuku, penderita dianjurkan untuk mengatasi penyakit ini dengan konsumsi tablet antijamur atau/dan kuteks antijamur.