Obat sakit gigi tersedia dalam berbagai jenis dan bentuk, baik yang bersifat alami maupun medis. Beragam obat-obatan ini bisa dengan mudah Anda temukan di dapur rumah atau di apotek terdekat.

Sakit gigi adalah kondisi ketika muncul rasa nyeri di dalam atau sekitar gigi Anda. Kondisi ini bisa menjadi tanda adanya masalah dengan gigi atau gusi, misalnya gigi berlubang, gigi patah, radang gusi, atau infeksi di rongga mulut. Jika dibiarkan, sakit gigi bisa sangat mengganggu, terutama saat makan dan tidur di malam hari.

Pilihan Obat Sakit Gigi secara Alami dan Medis - Alodokter

Obat Sakit Gigi dari Bahan Alami

Ada beberapa obat sakit gigi dari bahan alami yang bisa digunakan untuk mengurangi nyeri sebelum Anda berkonsultasi dengan dokter gigi, yaitu:

1. Air garam

Berkumur dengan air garam dapat Anda jadikan pilihan pertama sebagai obat sakit gigi. Air garam merupakan disinfektan alami yang dapat mengurangi peradangan dan menyembuhkan luka di mulut. Cara ini juga efektif untuk membersihkan sisa-sisa makanan yang menempel di sela-sela gigi.

Anda bisa menggunakan air garam untuk berkumur dengan cara mencampurkan ½ sendok teh garam ke dalam segelas air hangat, lalu berkumur selama 15–30 detik.

2. Es batu

Anda juga bisa menggunakan es batu sebagai kompres dingin untuk mengurangi nyeri akibat sakit gigi. Kompres dingin bisa membuat pembuluh darah di daerah yang sakit mengecil, sehingga bengkak dan radang bisa berkurang. Dengan begitu, rasa sakit juga akan berkurang

Untuk menerapkan cara ini, Anda cukup membungkus beberapa buah es batu dengan handuk bersih, lalu tempelkan pada sisi pipi gigi yang sakit selama kurang lebih 20 menit. Ulangi langkah ini setiap beberapa jam sekali.

3. Bawang putih

Bawang putih segar sudah sering digunakan sebagai obat sakit gigi. Khasiatnya dalam meredakan nyeri pada gigi berasal dari kandungan senyawa allicin yang bersifat antibakteri dan antimikroba. Kandungan ini dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme penyebab sakit gigi, sehingga rasa nyeri bisa berkurang.

Anda bisa menggunakan bawang putih untuk obat sakit gigi dengan cara menghancurkannya hingga halus, lalu menempelkannya pada gigi yang sakit. Selain itu, Anda juga bisa mengunyah 1 siung bawah putih segar.

Jika tidak kuat dengan rasa dan baunya, cukup tempelkan potongan bawang putih segar pada gigi yang sakit.

4. Minyak cengkeh

Minyak cengkeh juga bisa Anda jadikan pilihan untuk mengobati sakit gigi. Kandungan eugenol dalam minyak cengkeh efektif untuk mengobati peradangan dan meredakan nyeri akibat sakit gigi. Selain itu, zat ini juga merupakan antiseptik alami sehingga dapat membunuh bakteri penyebab sakit gigi.

Untuk menggunakan minyak cengkeh sebagai obat sakit gigi, Anda bisa meneteskannya pada selembar kapas, lalu menempelkannya pada gigi yang sakit.

Obat Sakit Gigi secara Medis

Bila berbagai cara alami di atas tidak efektif untuk meredakan sakit pada gigi, ada beberapa pilihan obat sakit gigi bisa Anda beli di apotek tanpa resep dokter untuk meredakan rasa sakit yang muncul. Berikut ini adalah beberapa jenisnya:

Ibuprofen

Ibuprofen adalah jenis obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang biasa digunakan untuk obat sakit gigi. Ibuprofen bekerja dengan cara menghambat tubuh memproduksi senyawa yang menyebabkan peradangan, sehingga pembengkakan, rasa sakit, atau demam akibat sakit gigi dapat berkurang.

Dosis umum ibuprofen untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet 200 mg, setiap 4–6 jam sekali. Sebelum mengonsumsi ibuprofen, pastikan Anda sudah makan terlebih dahulu, ya.

Naproxen

Naproxen juga merupakan obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang umum digunakan untuk mengobati sakit gigi. Sama seperti ibuprofen, naproxen bekerja dengan cara mengurangi produksi senyawa penyebab peradangan. Dengan begitu, nyeri akibat sakit gigi pun dapat berkurang.

Karena efek penghilang rasa sakit naproxen lebih tahan lama daripada ibuprofen, Anda tidak perlu mengonsumsi naproxen sesering ibuprofen. Dosis umum naproxen untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet 220 mg, setiap 8–12 jam sekali. Ingat, jangan lupa untuk makan terlebih dahulu sebelum mengonsumsi obat sakit gigi ini.

Paracetamol

Paracetamol atau acetaminophen juga merupakan salah satu jenis obat yang banyak digunakan untuk meredakan sakit gigi, terlebih jika Anda memiliki alergi pada kedua obat di atas.

Dosis umum konsumsi paracetamol untuk orang dewasa adalah 1–2 tablet 500 mg, setiap 4–6 jam sekali. Anda bisa mengonsumsi paracetamol sebelum atau sesudah makan.

Beragam obat sakit gigi, baik yang alami maupun medis, bisa Anda gunakan untuk meredakan nyeri sebelum mendapatkan penanganan dari dokter gigi. Namun, jika menggunakan obat sakit gigi medis, patuhi dosis dan aturan pakai yang tertera pada kemasan atau sesuai petunjuk dokter.

Bila berbagai metode dan obat sakit gigi di atas tidak dapat mengatasi masalah pada gigi Anda, cobalah lakukan pemeriksaan ke dokter untuk mendapatkan perawatan dan pengobatan yang tepat.