Tujuh Manfaat Lemon Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Lemon yang mengandung vitamin C dianggap sebagai buah yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Selain mengandung vitamin C, lemon juga mengandung bioflavonoid yang menjadi salah satu bentuk antioksidan yang dapat melindungi tubuh dari bahaya radikal bebas .

Tidak hanya mengandung 51 persen vitamin C yang dibutuhkan tubuh, lemon juga mengandung serat, protein, kalsium, dan masih banyak mineral lainnya. Dengan kandungan vitamin dan mineralnya, lemon memberikan manfaat yang cukup banyak bagi tubuh.

tujuh manfaat lemon untuk kesehatan dan kecantikan - alodokter

Manfaat Lemon Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Untuk mendapatkan manfaat lemon, Anda bisa dengan langsung mengonsumsinya atau dengan menambahkan beberapa bahan lainnya. Berikut ini adalah beberapa kemungkinan manfaat lemon lainnya bagi kesehatan.

Meningkatkan daya tahan tubuh. Kenapa bisa membantu dalam meningkatkan daya tahan tubuh? Karena lemon mengandung vitamin C dengan kandungan yang tinggi dan bioflavonoid. Anda juga bisa terhindar dari flu jika mengonsumsi buah ini.

Melawan radikal bebas. Dengan mengonsumsi lemon baik diolah menjadi jus atau dimakan begitu saja dapat memberikan vitamin c dan antioksidan yang dapat membantu melawan penyebab kanker yaitu unsur-unsur radikal bebas.

Mencegah asma. Walau masih dalam tahap awal penelitian, mengonsumsi vitamin C sebanyak 1 gram per hari diduga dapat mencegah asma.

Menghilangkan ketombe. Campurkan satu gelas air dengan satu sendok teh lemon untuk menghilangkan ketombe membandel pada kulit kepala Anda. Usapkan campuran tersebut pada kulit kepala Anda dan cuci setelah 2 menit.

Membantu penyerapan zat besi. Cobalah untuk mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi dengan menambah perasan jeruk lemon. Dengan begitu zat besi di dalam bayam akan lebih mudah terserap oleh tubuh. Zat besi penting bagi kesehatan tubuh karena kekurangan zat besi bisa menyebabkan anemia dan mengganggu fungsi-fungsi tubuh lainnya.

Meminimalkan risiko stroke iskemik. Wanita yang mengonsumsi banyak buah citrus dapat menurunkan kemungkinan untuk terkena stroke iskemik setidaknya sebanyak 19 persen dibandingkan mereka yang tidak. Walau hal ini masih perlu diteliti lebih lanjut, tidak ada salahnya Anda memasukkan lemon ke dalam menu makanan Anda.

Mengangkat sel kulit mati. Dengan mencampurkan perasan lemon dan gula, Anda akan mendapatkan ramuan alami untuk mengangkat sel kulit mati pada tubuh atau wajah Anda. 

Ambil Manfaatnya dan Tetap Perhatikan Hal Ini

Meski manfaat lemon baik bagi kesehatan dan kecantikan, Anda juga perlu memerhatikan pemakaiannya karena jika tidak justru bisa menimbulkan iritasi. Jika Anda menggunakan perasan jeruk lemon pada kulit, maka sebaiknya hindari paparan langsung sinar matahari. Karena kandungan yang terdapat di dalam lemon, yaitu psoralen, bisa membuat kulit Anda menjadi lebih sensitif dengan paparan sinar matahari. Hindari paparan sinar matahari setidaknya selama 24 jam.

Selain itu, untuk menghindari atau meminimalkan iritasi, Anda bisa mencampurkan perasan jeruk lemon dengan air. Serta hindari daerah kulit yang tipis seperti bibir atau sekitar mata.

Tidak hanya memerhatikan pemakaiannya, jika Anda ingin menggunakan lemon sebagai perawatan kulit, perhatikan juga kondisi kulit Anda. Berikut ini adalah beberapa kondisi kulit yang sebaiknya tidak menggunakan lemon sebagai perawatan kulit.

  • Kulit kering
  • Kulit pecah-pecah
  • Kulit sensitif
  • Seboroik dermatitis

Lemon kaya vitamin C dan kandungan lainnya yang baik bagi kesehatan dan kecantikan. Manfaatkan kandungan yang ada di dalam lemon sebaik-baiknya untuk menjaga kesehatan Anda dan mendapatkan kulit sehat yang diinginkan. Dengan mengonsumsi lemon secara teratur dan tidak berlebihan, Anda bisa menuai manfaat-manfaatnya secara maksimal.